Life

Serba-serbi Kesibukan Wanita Menuju Hari Raya

Hari Raya Idul Fitri tinggal menunggu beberapa lagi. Berbagai persiapan menuju lebaran membuat umat muslim sibuk. Dari hal mempersiapkan diri pada malam terakhir, memperbanyak amalan dan do’a, mempersiapkan zakat, mempersiapkan fitrah bagi yang sudah bekerja, menyiapkan makanan dan segala macam olahan, tidak lupa pakaian baru dan segala akesoris yang melengkapi. Biasanya wanita lebih rempong alias lebih sibuk mengurus hal-hal menuju lebaran dibandingkan laki-laki.

Serba-serbi lebaran membuat para kaum wanita sibuk. Bukan hanya sibuk di dapur akan tetapi juga sibuk dengan keluarga kecil maupun keluarga besar. Kenapa demikian, simak serba-serbi Hari Raya yang menyibukkan para kaum wanita sebagai berikut;

Menyiapkan Bingkisan untuk Orang Tua maupun Mertua serta Kakak

Tradisi memberi bingkisan kepada yang lebih tua dapat dijumpai di beberapa daerah. Terutama di daerah yang ada di provinsi jawa tengah. Memberi bingkisan kepada orang tua maupun kakak memiliki artian bahwa yang lebih muda menghormati yang lebih tua. Di daerah saya sendiri biasanya isi bingkisan berupa gula, teh, sirup dan macam-macam kue. Selain bentuk makanan, ada pula yang memberikan bingkisan berupa alat sholat seperti mukena, sarung, sajadah, peci. Biasanya para ibu rumah tangga akan sibuk menganggar bingkisan untuk orang tua, mertua maupun kakaknya.

Memilih Baju Baru untuk Anak dan Suami

Setelah bingkisan, para wanita juga akan disibukkan dengan memilih pakaian lebaran untuk keluarga. Bukan hanya memilihkan buat suami, jika Anda sudah memiliki anak. Apalagi jika anak Anda lebih dari satu. Anda harus lebih pandai mengatur keuangan supaya semua dapat terbeli dan sebisa mungkin berusaha adil. Untuk ibu yang anaknya rewel dan banyak maunya harap bersabar!

Mengalokasikan Fitrah untuk Keponakan

Meskipun yang bekerja adalah suami, yang satu ini juga menjadi hal yang dipikirkan oleh para ibu rumah tangga. Istri akan mengelola uang untuk fitrah. Lebaran identik dengan fitrah. Biasaya anak kecil yang akan panen uang di hari raya idul fitri. Memberikan fitrah kepada adik maupun keponakan juga menjadi tradisi ketika lebaran. Hayo, hitung dengan cermat berapa adik, adik ipar, keponakan dan sepupu Anda.

Menyiapkan masakan untuk acara open house

Selanjutnya yaitu menyiapkan masakan di hari H. Hari raya idul fitri yang special biasanya juga ada masakan yang spesial dan dalam jumlah banyak. Memasak menu dengan jumlah yang banyak bukan hanya untuk konsumsi sendiri. Akan tetapi juga menyediakan untuk keluarga besar yang berkunjung, rekan kerja maupun sahabat yang datang bersilaturahmi. Apalagi jika Anda menyelenggarakan open house, pilih masakan yang menjadi selera orang banyak.

Memilih Outfit untuk Dirinya Sendiri

Yang terakhir, para wanita jug disibukkan dengan memilih outfit untuk dirinya sendiri. Terkadang, beberapa orang lebih sederhana yaitu dengan menampilkan pakaian lama. Entah pakaian lama ataupun baru, wanita tetap saja akan memadu padankan. Menyesuaikan outfit dengan trend maupun menyesuaikannya agar terlihat serasi dengan satu keluarga.

Serba-serbi kesibukan wanita menjelang lebaran tidak hanya di atas saja. Masih terdapat banyak sekali hal-hal yang harus dikerjakan wanita. Meskipun sibuk, mempersiapkan hal menuju lebaran tetap menjadi kegiatan yang mengasikkan

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top