Life

Sering Bertengkar Tentang Hal-Hal Kecil Ternyata Dapat Membuat Hubungan Langgeng, Benarkah?

Sering Bertengkar Tentang Hal-Hal Kecil Ternyata Dapat Membuat Hubungan Langgeng

Menjalin sebuah hubungan tidak pernah mudah karena harus menyatukan dua orang yang memilik perbedaan gaya hidup dan pandangan sehingga tidak heran argumentasi dan pertengkaran sering terjadi karena adanya perbedaan pendapat. Banyak yang mengatakan bahwa jika pertengkaran sering terjadi dalam sebuah hubungan mengindikasikan bahwa hubungan itu sudah tidak sehat. Jika sering terjadi perbedaan pendapat artinya Anda dan pasangan memang tidak cocok. Well, Anda harus lihat dulu jenis pertengkaran seperti apa, penelitian mengatakan bahwa jika Anda sering bertengkar dengan pasangan Anda justru sebenarnya baik untuk hubungan Anda dan pasangan.

Mencintai Tidak Pernah Mudah

Dalam film atau novel Anda pasti tahu bahwa yang namanya cinta biasanya dipenuhi dengan segala sesuatu yang romantis tapi di dunia nyata sebuah pernikahan membutuhkan banyak kerja keras dan air mata. Banyak sekali penelitian yang dilakukan guna mencari alasan mengapa sebuah pernikahan bisa gagal tapi sangat jarang penelitian dilakukan mengapa sebuah pernikahan bisa sukses. Salah satu penelitian yang sengaja ditujukan untuk mencari tahu mengapa pernikahan bisa sukses justru mengindikasikan bahwa dua orang yang memiliki hubungan yang sehat justru sering bertengkar di keseharian mereka. Jadi selama ini kita beranggapan bahwa bertengkar merupakan indikasi negatif dalam sebuah hubungan ternyata tidak sepenuhnya benar.

Pertengkaran Membantu Membuat Hubungan Lebih Awet

Tentunya Anda tahu bahwa komunikasi yang sehat adalah kunci dalam sebuah hubungan. Persepsi komunikasi yang sehat bagi kebanyakan orang adalah dilakukan ketika dua orang duduk di sofa dengan tenang sambil minum teh hijau ketika burung-burung bernyanyi riang. Sayangnya itu tidak terjadi di dunia nyata, selain itu banyak sekali bentuk komunikasi dan pertengkaran ternyata juga termasuk dalam salah satunya.

Pada intinya kita hanyalah manusia biasa yang juga memiliki saat-saat dimana merasa kesal, letih yang berujung pada sebuah pertengkaran atau argumen ketika merasa sang pasangan tidak bisa mengerti perasaan yang sedang dialami. Walaupun marah-marah bukan merupakan bentuk komunikasi yang ideal tapi setidaknya dengan marah-marah Anda bisa menyampaikan apa yang sedang Anda rasakan saat itu kepada pasangan dan ini jauh lebih baik dari pada Anda harus menyimpannya sendiri demi menjaga perasaan pasangan dan menghindari pertengkaran.

John Lehrer, penulis buku A Book About Love pernah mengatakan:

“Berdasarkan penelitian para ahli, pasangan yang sering bertengkar terhadap hal-hal kecil setiap hari justru berakhir dalam sebuah hubungan yang awet dan bertahan lama. Sebaliknya, pasangan yang jarang bertengkar dan hanya bertengkar mengenai hal-hal yang sangat serius justru lebih sering berakhir dengan sebuah perceraian”

Tak Ada Pertengkaran Justru Indikasi Bahwa Hubungan Tidak Sehat

Well, bertengkar terus juga tidak baik apalagi pertengkaran dimulai pada hari pertama pernikahan oleh karena itu penelitian ini hanya bisa diaplikasikan dalam sebuah hubungan yang sudah berjalan cukup lama. John Lehrer juga mengacu pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Gottman menyatakan bahwa.

Penelitian Gottman menunjukkan bahwa jika sebuah hubungan sudah mencapai tiga tahun tapi tidak ada pertengkaran maka itu adalah indikasi bahwa hubungan tersebut tidak sehat.”

Dalam tiga tahun tentunya Anda sudah mengetahui segala jenis kebiasaan baik dan buruk pasangan Anda, jika tidak ada satupun yang membuat Anda komplain bisa jadi itu adalah tanda bahwa Anda tidak perduli dengan pasangan Anda, tidak memuji kebaikannya dan juga tidak komplain dengan keburukannya.

Ekspektasinya sebuah hubungan selalu diisi dengan kebahagian tapi pada kenyataanya sebuah argumen yang berujung pada pertengkaran juga merupakan tanda bahwa Anda ingin berkomunikasi dengan pasangan Anda. Jika Anda berfikir bahwa bertengkar merupakan tanda adanya ketidak cocokkan, coba fikir kembali karena ternyata itu adalah tanda bahwa Anda peduli dengan hubungan yang Anda jalin dengan pasangan Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top