Life

Sering Insomnia? Berikut Tips untuk Mendapatkan Waktu Tidur yang Berkualitas

waktu tidur yang berkualitas untuk kamu yang sering insomnia

Tips Mendapatkan Waktu Tidur yang Berkualitas – Hayo apakah kamu sering merasa insomnia? Susah tidur atau insomnia kerap dialami oleh sebagian besar dari kita. Padahal tidur yang nyenyak merupakan dambaan setiap orang. Untuk itu, bagi kamu yang sering insomsia, semestinya kamu segera mengatasinya. 

Nah kamu tidak perlu khawatir, dengan tujuh tips berikut kamu akan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Yuk segera catat dan praktikkan. 

1. Kurangi Screen Time Sebelum Tidur 

Layar HP atau layar komputer bisa menyebabkan susah tidur lho! Pasalnya ketika kamu menatap layar, pancaran cahaya akan terserap oleh mata sehingga mata kamu menjadi enggan memejam.  

Bayangkan saja ketika kamu sedang bermain sosial media, apa yang kamu rasakan? Kamu merasa betah bukan? Malah kamu cenderung berlama-lama bahkan lupa waktu bukan? Nah seperti itulah ketika kamu menatap layar ketika hendak tidur. 

Kamu menjadi susah tidur karena pengaruh screening tersebut. Untuk itu, hindarilah screen time sebelum tidur agar kamu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Caranya gampang kok, menjauhkan ponsel sebelum tidur bisa menjadi alternatif agar kamu bisa menghindari screen time tersebut. 

2. Hindari Bunyi Alarm yang Berlebihan 

Nah siapa lagi yang masih membutuhkan alarm untuk bangun? Alarm ini baik jika kamu gunakan untuk membantu mengatur tidurmu, apalagi bagi kamu yang memiliki jadwal dan harus tepat waktu. 

Namun sebenarnya alarm terbaik adalah berasal dari diri kita sendiri. Biasanya hal ini dilakukan dengan memberikan sugsti kepada diri sebelum tidur. Misalnya dengan sebuah penegasan bahwa “aku harus bangun jam sekian” 

Ternyata cara tersebut ampuh digunakan untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Ketika kamu sudah menanamkan pada diri, alam bawah sadar akan melakukan perintah tersebut. 

Sementara itu, bunyi alarm berlebihan malah membuatmu enggan bangun. Apalagi jika kamu mengalami pengalaman tidur yang buruk, bunyi alarm bisa menambah mood tidak baik kamu. Jadi sebaiknya hindari bunyi alarm berlebih dan gantikan dengan sugesti oleh diri sendiri. 

3. Hindari Kopi dan Produk Berkafein Sebelum Tidur 

Kalau tips mengatasi sering insomnia yang satu ini sih sudah sering terdengar ya? Kalau kamu sedang kesulitan untuk tidur, jangan malah mengonsumsi kafein. Seperti yang kita ketahui, kafein memiliki kandungan “anti ngantuk” 

Biasanya orang-orang yang ingin begadang memutuskan untuk mengonsumsi kafein agar bisa bertahan lebih lama. Nah bagi kamu yang kesulitan tidur, jangan coba-coba mengonsumsi kafein, seperti minum kopi. 

Namun untuk kamu yang sudah rutin mengonsumsi, tenang ada caranya kok. Konsumsilah kafein minimal dua jam sebelum waktu tidurmu. Selain itu, perhatikan bahwa kafein hanya boleh dikonsumsi dua cangkir setiap hari. Jangan berlebihan ya! 

4. Baca Beberapa Lembar Buku Sebelum Tidur 

Kalau menatap screen sebelum tidur tidak boleh, bagaimana dengan membaca buku? Penelitian menunjukkan bahwa seseorang cenderung mudah ngantuk ketika membaca buku. Meskipun pada awalnya kamu bersemangat untuk membaca, apa yang terjadi setelah 5 menit kamu membaca? 

Baca Juga :

Kamu cenderung mengantuk bukan? Apalagi ketika malam hari dengan pencahayaan yang redup kamu membaca. Rasa kantuk seketika menghampiri. Nah ini bisa dijadikan solusi untuk kamu yang sering insomnia. 

Tenang tidak perlu memiliki kebiasaan membaca terlebih dahulu. Cukup dengan membuka lembaran buku kemudian membaca sebentar saja kamu sudah ngantuk. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? 

5. Rutin Berolahraga 

Siapa bilang kalau mengatasi sering insomnia harus dilakukan dengan cara-cara praktis saja? Sebuah kebiasaan positif seperti olahraga juga sangat mungkin dilakukan. Kita pasti tahu banyak manfaat dari olahraga. Mulai dari menjaga kebugaran tubuh sampai dengan meminimalisasi penyakit berat. 

Namun faktanya olahraga merupakan cara yang ampuh untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Ketika tubuh kamu sudah lelah, kamu cenderung akan langsung tidur. Nah olahraga biasanya membuat energi tubuh sedikit terkuras. Alhasil pada malam harinya kamu lebih mudah untuk tertidur. 

Cobalah untuk rutin berolahraga agar kamu tidak lagi mengalami susah tidur. Cukup olahraga ringan saja. Sebab olahraga yang berlebihan selain menyiksa diri juga bisa memicu penyakit, hati-hati! 

6. Atur Tempat Tidur Senyaman Mungkin 

Selah satu faktor agar kamu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas adalah dengan mengatur tempat tidur senyaman mungkin. Kalau tempat tidur saja tidak nyaman, bagaimana kamu bisa nyaman ketika tidur? 

Cobalah atur tempat tidur yang membuatmu nyaman. Entah itu dengan membersihkan barang-barang tidak berguna atau dengan cara lain yang kamu suka. Ada lho orang-orang yang tidur harus ditemani boneka kesayangan mereka. 

Intinya hal tersebut ditujukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Segera coba ya guys. 

7. Minum Susu Hangat Sebelum Tidur 

Minum susu hangat sebelum tidur ternyata merupakan cara terdahulu untuk kamu yang sering insomnia. Susu menjadi minuman yang bisa membantu kamu untuk mengatasi kesulitan tidur. 

Ketika kamu kecil, orang tua sering memberikan susu sebelum tidur bukan? Nah tujuannya adalah agar kamu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Jangan mengabaikan hal ini ketika dewasa ya. Sebab kandungan dalam susu hangat membuat seseorang tidur nyenyak. 

Itulah tips mengatasi sering insomnia. Tidur yang berkualitas sangat penting lho, apalagi bagi kamu yang memiliki banyak kegiatan. Usahakan untuk menjaga pola tidur agar kamu tidak mudah stress. Semoga tips tersebut bisa membantumu memiliki waktu tidur yang berkualitas. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top