Life

Siapkah Kamu mengerjakan Skripsi?

persiapan skripsi

Skripsi, seperti sebuah momok bagi mahasiswa semester akhir. Perjalanan menempuh pendidikan selama empat tahun, seperti hanya dipertaruhkan dengan sebuah goals yang dinamakan “Skripsi”. Itu tidak sulit, yang sulit adalah menghilangkan persepsi buruk kita terhadap skripsi itu sendiri. Persepsi buruk akan ketidakmampuan kita untuk mengerjakannya ataupun mengenai hambatan-hambatan yang bakal dihadapi selama proses mengerjakan tugas akhir. Itulah hal pertama yang harus dihilangkan untuk kembali menyegarkan pikiran kita.

Kenapa harus takut mengerjakan skripsi jika sudah banyak fakta, kakak-kakak tingkat ataupun tidak sedikit orang yang berhasil meraih gelar sarjana. Semua itu tergantung pada diri kita sendiri, niat kita dan tekad kita untuk menyelesaikantugas akhir. Ada beberapa hal yang dapat kalian perhatikan dalam proses mengerjakan skripsi, sebagai berikut;

Buat Jadwal

Jadwal itu sangatlah penting. Hal tersebut dapat menjadikan kita disiplin dan rajin. Aturlah jadwal, berapa kali dalam seminggu kalian harus mengerjakan tugas akhir. Pilih waktu yang tepat, pagi hari, siang hari atau malam hari. Selain memilih waktu, buatlah peraturan pada diri sendiri, seberapa lamakah dalam mengerjakan tugas akhir, semisal maksimal 3 jam per hari. Dengan jadwal yang sudah tersusun, kita akan terbiasa mengerjakan skripsi.

Tentukan Target Menyelesaikan Skripsi

Setelah menyusun jadwal, tentukan target kapan kalian akan menyelesaikan tugas akhir. Target tersebut akan memberikan dorongan kepada kita. Dalam sehari kita harus mengerjakan beberapa bagian untuk mengerjakan skripsi. Jadi, target bukan berarti untuk sebuah penyelesaian akhir, target juga bisa digunakan sebagai cara kita menetapkan hasil untuk per harinya.

Atur Mood

Bukan hanya waktu dan semangat yang perlu kita atur. Namun factor intern pada diri kita juga perlu diatur. Seperti halnya mood yang berkaitan dengan perasaan. Mood sangat berpengaruh dengan aktivitas kita. Mood yang baik akan mempengaruhi hasil aktivitas kita. Hindari hal-hal yang dapat menurunkan mood semisal terlalu larut dalam kesalahan.

Baca Juga : Penyebab Turunnya Mood Seorang Cewek

Cari Semangat dan Motivasi

Semangat adalah kemauan atau perjuangan untuk melakukan tindakan. Semangat bisa datang dari diri sendiri maupun orang lain. Cari hal-hal yang bisa membuat bersemangat. Hal sederhana semisal mendengarkan musik atau memakan makanan lezat mampu menambah semangat mengerjakan skripsi.

Baca Juga : 9 Cara Agar Semangatmu Terjaga

Selain itu, kita juga memerlukan sebuah motivasi yang mendorong kita untuk bersemangat. Semisal dukungan orang tua ataupun dukungan orang-orang terkasih lainnya. Target juga merupakan salah satu. yang mampu memotivasi kita untuk mengerjakan skripsi.

Rajin Membaca

Kita bisa menulis karena membaca. Jadi, rajin membaca itu sangat penting dalam menunjang penyelesaian tugas akhir skripsi. Membaca akan menambah wawasan kita dan referensi kita dalam menulis skripsi. Selain itu membaca juga memberikan kita pola pikir yang lebih luas akan sebuah teori atau hal-hal tertentu.

Kerjakan Skripsi dengan Sersan (Serius tapi Santai)

Istilah sersan seringkali diucapkan untuk meredakan ketegangan. Disaat mengerjakan skripsi kita perlu serius tapi santai. Santai dalam artian tidak terlalu sepaneng, bisa saja kita mengerjakan sambil mendengarkan music atau mengerjakan dengan diselingi hal-hal yang disukai agar tidak mudah bosan. Yang terpenting dalam sehari mampu menghasilkan sebagian kecil dari tugas akhir skripsi.

Dari beberapa hal kecil diatas, ada sedikit yang perlu ditambahkan menambah link pertemanan juga akan mempermudah kita dalam mengerjakan skripsi. Mungkin kakak tingkat satu jurusan atau teman dari kampus lain, semakin banyak teman kita dapat menerima berbagai masukan atau saran atas diskusi yang dilakukan. Siap atau tidak untuk mengerjakan skripsi, kita sendiri yang mampu menilai kemampuan kita. Jangan lupa menghargai waktu luang!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top