Life

Siapkan Mental untuk Menjawab 5 Pertanyaan ini, Setelah Kamu Lulus Kuliah

Siapkan Mental untuk Menjawab 5 Pertanyaan ini, Setelah Kamu Lulus Kuliah

Lulus kuliah menjadi suau pencapaian yang membanggakan bagi setiap orang yang mengalaminya. Bahkan bukan hanya diri sendiri yang merasakannya, akan tetapi pihak lain seperti keluarga, sahabat, teman, tetangga juga merasa demikian. Namun, hal tersebut tidak selalu membuat kalian bahagia secara keterusan. Setelah lulus kuliah, ada beberapa perubahan yang harus kalian alami dan beberapa hal yang harus kalian hadapi. So, kalian harus siap mental dengan pertanyaan-pertanyaan yang biasanya akan muncul di lingkungan baik keluarga maupun lingkungan masyarakat.

Banyak sekali pertanyaan yang akan orang lain lontarkan kepada kalian. Berbagai macam pertanyaan tentunya ada yang membuat kalian senang adapula yang membuat kalian badmood. So, jangan berkecil hati dengan pertanyaan yang terkadang menohok. Hal itu sudah biasa dan harus dihadapi dengan santai. Pertanyaan apa saja yang nantinya kalian temui ketika sudah lulus kuliah? Simak ulasan berikut ;

  1. IPK (Indeks Prestasi Komulatif) nya Berapa?

Berbicara mengenai nilai atau Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tentunya masing-masing orang memiliki persepsi tersendiri. Sebagian orang berpendapat bahwa nilai menjadi tolak ukur kualitas diri, namun sebagian orang juga berpendapat bahwa nilai hanya sebuah angka yang tidak bisa menentukan kualitas diri seseorang. Pertanyaan ini akan sering ditanyakan sebagian orang baik di lingkungan masyarakat maupun ketika interview. Biasanya ketika interview kerja hal tersebut ditanyakan bersamaan dengan kampus yang kalian tempati ketika berkuliah. Perlu diperhatikan Nilai bukan segalanya, setiap orang memiliki kualitas masing-masing yang dilihat dari berbagai aspek.

  1. Ngelamar Kerjaan Dimana?

Kalau pertanyaan kedua ini, pasti kalian setiap saat mendengarnya ketika keluar rumah. Bahkan beberapa dari kalian merasa bosan menjawabnya. Ngelamar kerjaan dimana mbak/mas?. Pertanyaan tersebut memang relevan bagi kalian pasca lulus kuliah. Kalian harus siap mental menghadapi orang-orang yang tidak sesuai dengan pendapat kalian. Semisal, kalian melamar di perusahan yang memiliki grade tinggi, beberapa orang menyarankan agar kalian bekerja ditempat biasa dan mulai dari nol. Siapkan mental untuk hal tersebut, kalian harus tetap yakin dengan kemampuan diri sendiri.

  1. Sekarang Kerja Dimana?

Interaksi di lingkungan umum tidak lepas dari pertanyaan dan jawaban. Bahkan, setelah kamu lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan, masih ada beberapa orang yang bertanya dan memberikan pernyataan sesuai dengan hati mereka sendiri atau seenaknya. Hidup itu pilihan, beberapa orang sependapat dengan kita dan sebagian memiliki argument yang jauh dari pilihan maupun prinsip kita. Pertanyaan ini juga akan sering kalian dengar dimasyarakat pasca lulus kuliah. Sekarang kerja dimana mbak/mas?. Bahkan mereka menayakan ke hal-hal yang sebagian orang menganggapnya privasi yaitu gaji. Siapkan mental jika kalian memiliki pekerjaan yang menimbulkan pernyataan yang kurang mengenakkan. Misalnya; kok kerjanya nggk relevan dengan jurusan ya, kok gajinya miris ya, dll. So, kembali lagi ke diri kalian yaitu percaya diri.

  1. Sudah Ada Calon Belum?

Setelah lulus kuliah dan bekerja, tentunya kalian juga mengalami perubahan usia serta tingkat kedewasaan. Hal tersebut akan mengarah pada pasangan hidup. Sudah sering kan kalau kalian mendengar pertanyaan, sudah ada calon belum? Kok sendirian aja nih, pasangannya mana?. Pertanyaan tersebut akan sering kalian jumpai ketika kondangan, jalan ketempat umum, berkumpul pada acara keluarga dsb. Jika kalian sudah punya pasangan ya senang aja, tinggal jawab pasagannya baru sibuk. Nah, giliran yang belum ada pasangan siapkan mental dan berbagai jawaban yang tepat. Jangan berkecil hati, jodoh akan datang tepat waktunya.

  1. Kapan Nikah?

Pertanyaan terakhir berkaitan dengan pertanyaan sebelumnya. Apalagi ketika kalian menghadiri kondangan bersama pasangan, pasti akan muncul kapan nyusul? Kapan giliran kamu nikah? Jika masih ingin menikmati masa pacaran ya sah-sah aja itu hak masing-masing. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan tidak akan menjadi beban jika kita bisa menyiapkan mental dan jawaban yang baik. Toh, hidup ini kita yang jalani, jadi jangan berkecil hati dan diambil pusing. Karena semua memiliki jalannya masing-masing. Enjoy in your life guys

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top