Life

Simak! Bahaya Terlalu Sering memakai Headset

Bahaya Terlalu Sering memakai Headset

Mendengarkan musik adalah suatu penghiburan bagi seseorang atau bahkan bisa menjadi hobby. Terutama anak muda, senang sekali mendengarkan musik apalagi dengan menggunakan headset. Sebenarnya tujuan mereka adalah baik, mendengarkan musik sambil bersantai, jalan-jalan, bersepeda bahkan tidur dengan menggunakan headseat terlebih agar tidak mengganggu orang lain.

Headset bukanlah suatu barang yang baru. Hingga saat ini headseat mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan. Headset juga sering dikenal dengan istilah personal audio, karena memang sifatnya yang personal. Headset ada beberapa jenis, seperti : Handsfree dengan microphones, Headphone, Earphone, Earplug, In – ear monitor dan masih banyak lagi jenis – jenis dari headset. Perlu diketahui bahwa terlalu sering mendengarkan musik menggunakan headset akan menimbulkan dampak negative, simak sebagai berikut;

• Menyebabkan Kerusakan Telinga Permanen
Penggunaan headset secara terus-menerus dan ketika mendengarkan musik dengan volume yang keras akan menyebabkan kerusakan telinga permanen, seperti pecahnya gendang telinga dan menyebabkan penurunan pendengaran yang bahkan bisa menyebabkan tuli.

• Menyebabkan Kerusakan Otak
Gelombang elektromagnetik pada earphone akan mengganggu atau menyebabkan kerusakan pada listrik otak jika penggunaan headset terlalu lama apalagi ketika tidur.

• Memberikan Kemudahan Kuman untuk Masuk ke dalam Telinga
Selain itu, earphone merupakan sarang dari kuman. Karena headset alat yang sering berada di tempat terbuka dan tidak memiliki perlindungan, serta headset juga tidak bisa dicuci. Dengan demikian headset dapat menyebarkan kuman-kuman melalui telinga. Jika pemakaian headset terlalu sering akan menyebabkan dampak yang serius pada kesehatan telinga, yang berakibat peradangan telinga.

• Acuh terhadap Lingkungan Sekitar
Memang benar jika mendengarkan musik dengan headset kita akan merasa nyaman dan tidak akan mengganggu orang lain. Akan tetapi dampak ketika mengenakan earphone di tempat umum yaitu kita tidak awas dengan lingkungan sekitar. Kita cenderung tertutup, enggan untuk berinteraksi dengan orang lain, bahkan bisa menyebabkan bahaya bagi diri kita seperti kejahatan pencopetan dll.

• Resiko Terjadi Kecelakaan
Ini merupakan dampak terburuk dari penggunaan headset ketika beraktivitas. Kita akan abai terhadap lingkungan sekitar, apalagi ketika kita berkendara, hal tersebut akan menyebabkan kecelakaan dan kematian mendadak. Beberapa hasil statistik menunjukkan bahwa angka kecelakaan salah satunya disebabkan oleh ketidakpedulian seseorang serta ketidak-fokusan seseorang terhadap lingkungan dan aktivitas yang dikerjakan.

Hal tersebut merupakan beberapa ulasan mengenai resiko akan penggunaan headset yang terlalu sering dan penggunaan headset ketika berada di tempat umum. So, kurangi penggunaan headset untuk keselamatan diri kita sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top