Life

Simak! Ini 3 Cara Masak Mie Instan yang Aman untuk Diet

Simak! Ini 3 Cara Masak Mie Instan yang Aman untuk Diet

Memang ada cara masak mie instan untuk diet? Simak di sini!

Mie instan menjadi salah satu makanan yang kerap dihindari ketika diet lantaran dianggap tinggi kalori dan kurang nutrisi. Padahal, mengonsumsi mie instan saat diet masih diperbolehkan asalkan dengan porsi tidak berlebihan dan tidak menjadi makanan utama sehari-hari.

Cara masak mie instan untuk diet yang benar pun perlu diketahui agar tetap sehat dan memberi asupan nutrisi bagi tubuh.

Apalagi, kini banyak produsen mie instan yang menyediakan berbagai jenis mie. Mulai dari mie tanpa pengawet, tanpa pewarna sintetis hingga yang bebas gluten. Karena itulah, Anda dapat memilih jenis mie instan sehat yang baik dikonsumsi walaupun sedang diet.

Cara Masak Mie Instan untuk Diet

Umumnya mie instan memiliki bentuk yang telah dipadatkan sehingga dianjurkan untuk merebusnya. Karena nutrisi dalam mie instan cenderung minim, tak ada salahnya untuk mengikuti panduan memasak mi instan yang dinilai lebih menyehatkan berikut ini.

Lihat Juga: Perut Mual Setelah Makan Mie Instan, kenapa ya?

Masak Tanpa Bungkusnya

Mungkin Anda pernah menjumpai beberapa orang yang memasak mie instan dengan menggunakan bungkusnya. Bungkus plastik ini mengandung zat kimia berbahaya. Jika terurai ketika proses memasak, zat kimia tersebut dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

Cara memasak mi instan dengan bungkusnya tentu tidak baik bagi kesehatan dalam jangka panjang. Sebaiknya ikuti petunjuk atau arahan yang tercantum dalam kemasan.

Cara Masak Mie Instan untuk Diet, Rebus Hingga Matang

Untuk memasak mie instan yang aman bagi diet Anda, pastikan untuk memasaknya hingga matang sempurna dan rebus dalam air mendidih.

Air yang digunakan sebaiknya air matang atau air galon dan bukan air mentah sebab kurang baik bagi kesehatan. Salah satu efek samping makan mie instan setengah matang yakni sakit perut, lantaran tekstur mie yang cukup sulit diproses dalam pencernaan.

Tambahkan Sayuran

Ketika memasak mie instan sebaiknya kurangi jumlah bumbu kemasan. Pasalnya bumbu tersebut mengandung natrium cukup tinggi yang bisa memicu hipertensi apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

Lihat Juga: Makan Mie Instan Saat Menstruasi, Bahayakah?

Disarankan untuk menambahkan sayuran seperti tomat, kembang kol, brokoli, wortel atau sawi hijau. Boleh juga menambahkan protein seperti seafood, telur atau daging tanpa lemak untuk memperkaya nutrisi mi instan. Namun hindari menambah karbohidrat lain, seperti nasi.

Selain menyimak cara masak mie instan untuk diet di atas, Anda perlu mengingat bahwa jumlah maksimal mengonsumsinya adalah dua minggu sekali dan hindari memakannya saat menjelang tidur malam.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top