Life

Solusi bagi Kamu Shophaholic

Solusi bagi Kamu Shophaholic

Belanja merupakan kegiatan yang disukai sebagian besar wanita. Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan, mengalihkan bad mood, melainkan hal tersebut menjadi kebiasaan dan membuat Anda dijuluki sebagai Shophaholic. Apalagi jika ada diskon, para wanita pasti tidak akan tahan dengan godaan tersebut. Padahal dilemari mereka sudah ada berbagai macam baju, koleksi sepatu dan tas juga banyak. Komplusif Buyer atau keinginan membelajakan uangnya bukan hanya untuk barang-barang tersebut saja, setiap orang berbeda, ada yang memiliki kebiasaan membelanjakan buku, barang pernak-pernik, acsessoris hingga peralatan rumah tangga. Nah, untuk mengatasi kecanduan belanja simak beberapa tips berikut;

• Kenali Pemicu Belanja

Ada beberapa alasan kenapa seseorang ingin membelanjakan uangnya. Terlebih para kaum wanita yang begitu sensitif dengan perasaan. Terkadang, kaum hawa terdorong hasratnya untuk berbelanja bukan hanya untuk keperluannya saja, akan tetapi bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti sedang marah, sedang sedih, bad mood atau bosan dengan aktivitas yang dijalani. Karena faktor tersebutlah mereka membelanjakan uangnya tanpa terkontrol per bulan, padahal penghasilan tidak meningkat. Dengan mengenali pemicu berbelanja, kita bisa mengambil tindakan selanjutnya dengan tepat.

• Prioritaskan Kebutuhan

Tidak jarang wanita terlebih anak remaja menjadi implusif buyer, mereka tidak merencanakan untuk membeli suatu barang. Akan tetapi ketika jalan di mall atau di pasar mereka membeli barang yang bukan prioritas utama dan hal itu merupakan keinginan sesaat. Sebelum berbelanja, diingat terlebih dahulu barang apa yang lebih dibutuhkan dalam waktu dekat untuk mencegah pengeluaran yang berlebihan.

• Tidak Mudah Iri

Trend yang begitu berkembang pesat membuat para wanita berlomba-lomba untuk memperindah dirinya dengan barang-barang baru agar dihargai. Padahal mengikuti trend belum tentu orang lain akan kagum dan memuji kita. Dengan mencegah untuk tidak iri terhadap orang lain, kita bisa mengendalikan diri dalam mengatur pengeluaran uang.

Jangan Jadikan Mall sebagai Tempat Refreshing

Sebagian orang memilih pergi ke Mall untuk refresing. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat. Menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan akan menyebabkan kita haus mata dan keinginan berbelanja akan muncul. So, cari tempat lain untuk refreshing, semisal taman atau pantai.

Kurangi Bergaul dengan Teman yang Hobby Belanja

Bukan menghindari teman, akan tetapi cukup dengan mengurangi pertemuan. Kita boleh bergaul dengan teman yang suka berbelanja di waktu tertentu atau ketika ada kepentingan saja. Intensitas pertemuan yang terlalu sering, berdampak kita juga keseringan ikut belanja.

• Teratur untuk Menyimpan Uang

Teratur menyimpan uang juga menjadi hal untuk mencegah kita berbelanja. Membuat jadwal menambung setiap bulannya, akan menjadi kebiasaan kita untuk menyisihkan sebagian pendapatan dan mencegah boros.

• Senantiasa Bersyukur dan Peduli pada Lingkungan Sekitar

Inilah solusi yang paling utama dari segala solusi. Senantiasa bersyukur membuat kita menerima apa yang telah kita miliki. Tidak berlebihan dan merasa cukup. Selain bersyukur, kita juga harus peduli kepada lingkungan sekitar. Jika empati kita tinggi, secara naluriah kita tergugah untuk tidak menghambur-hamburkan uang sesuka hati.

Ladies, berbelanja memang hal yang menyenangkan asal tidak berlebihan. Untuk mencegah atau mengurangi kecanduan berbelanja kalian bisa menyimak dan mempraktekkan solusi di atas. Semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top