Life

Sorgum: Pahlawan Baru Pola Hidup Sehat

sorgum

Sorgum belakangan ini menjadi kian popular dalam jagad pangan di tanah air. Manfaatnya yang kaya bagi kesehatan, membuat sorgum kian banyak dikonsumsi

Tanaman ini termasuk ke dalam lima bahan makanan pokok yang populer selain gandum, padi, jagung, dan jelai. Sorgum merupakan biji dari tanaman serealia jenis Sorghum bicolor yang banyak ditanam di wilayah Pasifik Utara dan Australia. Bentuknya nampak mirip merica dengan warna yang kemerahan-merahan.

Tanaman ini tergolong ke dalam tanaman serealia, masih satu keluarga dengan gandum. Namun tanaman ini bisa tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Tanaman sorgum cukup fleksibel menghadapi kondisi lahan yang kekeringan maupun kondisi basah, dan masih bisa tumbuh dengan cukup baik di lahan yang kurang subur.

Pada tanaman ini terkandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat tinggi seperti riboflavin, niacin, dan thiamin. Selain itu,  dilengkapi dengan mineral penting seperti zat besi, tembaga, kalium, fosfor dan magnesium. Selain itu juga mampu memenuhi kebutuhan asupan protein pada tubuh manusia yaitu sebanyak 48%. Berikut ini manfaat lain sorgum untuk kesehatan tubuh:

sorgum

Melancarkan Pencernaan

Biji sorgum merupakan tumbuhan yang mengandung banyak serat sehingga dapat melancarkan proses pencernaan. Kandungan serat yang terdapat pada satu porsi dapat mencukupi kebutuhan serat pada tubuh manusia dalam jangka waktu 24 jam. Kondisi pencernaan yang prima akan menyebabkan makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat dicerna dengan baik sehingga terhindar dari gangguan pencernaan seperti asam lambung, sembelit, diare, kembung, dan lainnya.

Menambah Stamina dan Tenaga

Vitamin B6 yang terdapat pada sorgum memainkan perani penting dalam pengubahan senyawa makanan menjadi energi yang digunakan untuk setiap gerak langkah tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi maka energi tubuh dapat terjaga sepanjang hari. Hal ini tentu saja mempermudah kita menjalankan rutinitas harian dengan stamina yang stabil.

Mengontrol Gula Darah

Pada katul biji sorgum terdapat kandungan zat tannin yang memiliki enzim yang dapat menghambat proses penyerapan pati oleh tubuh sehingga bisa membantu mengontrol kadar insulin dan juga kadar glukosa dalam tubuh. Hal ini membuat para penderita diabetes tidak lagi mengkhawatirkan adanya peningkatan kadar glukosa di dalam tubuh. Maka dari itu, dapat menjadi makanan pengganti untuk penderita diabetes.

Mencegah Kanker

Pada biji sorgum terdapat lapisan katul yang mengandung antioksidan yang jarang ditemukan pada makanan lain. Kandungan antioksidan pada biji ini sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika radikal bebas masuk ke dalam tubuh maka dapat merubah sel-sel yang sehat berubah menjadi sel kanker. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi secara tidak langsung juga mencegah timbulnya penyakit kanker.

Menjaga Kesehatan Tulang

Sorgum memiliki kandungan magnesium yang sangat bermanfaat untuk membantu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh. Magnesium dan kalsium sangat berperan dalam proses pembentukan jaringan tulang dan juga menjaga kesehatan tulang sehingga tidak mudah rapuh dan keropos.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi yang terdapat sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan juga melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan terhindar dari penyakit anemia.

sorgum

Lantas, bagaimana cara mengolah untuk bisa dikonsumsi sehari-hari?

Cara Mengolah / Memasak Sorgum

Pada dasarnya cara mengolahnya sama saja seperti beras. Namun, biji sorgum yang lebih keras daripada beras membuatnya membutuhkan air dua kali lebih banyak dalam memasaknya.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top