Life

Strategi Financial Planning di Tahun Kerbau Logam

Strategi Financial Planning di Tahun Kerbau Logam

Sudahkah Anda mulai memikirkan tentang financial planning atau strategi perencanaan keuangan secara mumpuni di tahun kerbau logam ini? Ya, jangan hanya memikirkan hidangan khas Imlek saat perayaan tiba, tetapi juga pikirkan tentang resolusi keuangan. Financial planning sering mendapat anggapan sebagai kegiatan yang sulit untuk terealisasi. Apalagi, oleh mahasiswa yang belum memiliki penghasilan sendiri maupun yang sudah.

Bagi mahasiswa yang sudah memiliki pekerjaan, masalah yang sering terjadi misalnya penghasilan penghasilan bulanan yang terasa cepat habis begitu saja dan tidak memiliki dampak apapun.Namun sebenarnya, para mahasiswa bisa membuat financial planning atau rencana keuangannya sendiri.

Bagaimana Financial Planning yang Baik Bagi Mahasiswa?

 bagi mahasiswa yang belum memiliki penghasilan sendiri biasanya memiliki masalah dengan ketidakmampuan mengontrol keinginan. Uang saku dari orang tua cepat habis hanya demi memuaskan keinginan yang sebenarnya tidak termasuk kebutuhan primer.

Sebagian besar mahasiswa terjebak dalam sikap hedonis atau tindakan mengutamakan kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan. Contoh dari sikap hedonis misalnya terlalu memaksakan diri untuk mengikuti trend fashion ataupun teknologi tanpa memperhatikan kondisi keuangan. 

Mengikuti trend memang bukan yang hal yang salah ataupun buruk, namun jika tidak memperhatikan kondisi keuangan dan sikap konsumtif, maka kita pada akhirnya kita akan terkesan boros karna mempergunakan uang pada saat yang kurang tepat.

Dari banyaknya keinginan seperti mengikuti trend dan lain sebagainya, pasti kita sebagai mahasiswa memiliki mimpi dan keinginan besar lainnya yang ingin Anda wujudkan. Seperti ingin membeli laptop, atau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi semisal S2. Dan kita semua tau bahwa untuk mewujudkan keinginan atau mimpi seperti ini pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit

Pada umumnya manusia pasti memiliki keinginan dan punya kesempatan untuk mewujudkan impian tersebut. Memang uang bukan segalanya, tapi dalam mewujudkan mimpi dan apa yang diinginkan kita pasti butuh uang. Oleh karena itu, selain mengimpikan banyak hal, kita juga perlu untuk membuat rencana untuk merealisasikan apa yang kita impikan.

Tahun Kerbau Logam Bisa Jadi Awal Financial Planning

Tahun Kerbau Logam Bisa Jadi Awal Financial Planning
Tahun Kerbau Logam Bisa Jadi Awal Financial Planning

Untuk itu kita harus mulai menyusun strategi financial planning untuk mewujudkan keinginan kita. Selain itu, financial planning sangat penting  bagi kita yang merupakan mahasiswa yang menjalankan pendidikan di perantauan. Sebelum kita mendalami strategi perencanaan keuangan, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui artinya sendiri.

Financial planning merupakan istilah bahasa inggris yang berarti rencana keuangan dan memiliki makna luas sebagai suatu usaha atau proses yang dilakukan oleh seseorang untuk mewujudkan tujuan-tujuan finansialnya dengan mengembangkan dan mengimplementasikannya melalui renacana keuangan yang baik.

Dari definisi tentang financial planning di atas, maka sebenarnya terdapat beberapa poin penting tersirat yang diperlukan dalam melaksanakan rencana keuangan. Beberapa poin penting tersebut yaitu:

  • Kita harus memiliki tujuan finansial yang ingin dicapai (misalnya membeli laptop, kamus, ataupun buku pegangan). Hal ini diperlukan agar bisa lebih memotivasi kita untuk melakukan perencanaan keuangan.
  • Karna rencana keuangan merupakan sebuah proses, maka kita pasti membutuhkan jangka waktu atau periode tertentu  agar bisa mewujudkan tujuan financial tersebut.
  • Miliki action plan atau tindakan yang jelas dan mudah untuk Anda implementasikan.
  • Rencanakan dana saat ingin melakukan tindak lanjut dari action plan.
  • Kita harus menyadari beberapa factor resiko yang berkaitan dengan penggunaan dana atau sumber daya.

Poin-poin tersebut saling berkaitan satu sama lain. Jika salah satunya tidak dijalankan atau tidak tersedia, financial tersebut nantinya tidak dapat berjalan dengan baik. Jika financial planning yang kita jalankan berjalan dengan baik dan jelas, maka hal tersebut akan mempermudah kita untuk mewujudkan tujuan finansial kita.

Action Plan Untuk Merencanakan Keuangan

Action Plan Untuk Merencanakan Keuangan
Action Plan Untuk Merencanakan Keuangan

Setiap rencana atau impian pasti perlu tidakan atau action. Berikut ini adalah strategi action plan dalam financial planning:

1. Membuat Catatan Keuangan Sederhana

Catatan keuangan sederhana ini diperlukan untuk mencatat segala pemasukan dan pengeluaran. Ada baiknya jumlah pemasukan lebih besar daripada pengeluaran. Hal ini dilakukan agas kita bisa mengetahui bagaimana kita mengelola uang yang ada.

2. Lakukan Financial Planning Dengan Menabung

Sejak kecil kita sudah diajarkan oleh orang tua kita untuk menabung. Menabung bisa dilakukan dari hal-hal kecil, misalnya menabung uang kembalian saat mem-print tugas ataupun menyisihkan sedikit uang dari uang saku harian kita. Hal ini dilakukan agar kita bisa membiasakan diri untuk tidak boros.

3.  Menyisihkan Dana Cadangan

Dana Cadangan
Menyisihkan Dana Cadangan

Dana cadangan sebenarnya sama seperti menabung, hanya peruntukkannya saja yang berbeda. Menabung untuk mewujudkan keinginan yang butuh biaya yang besar, misalnya untuk membeli laptop. Sedangkan dana cadangan menjadi dana siaga jika ada kejadian yang tidak terduga.

4. Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Sering kali kita merasa sulit untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Bahkan tidak jarang kita sering menggolongkan keinginan sebagai sebuah kebutuhan, padahal kedua hal ini sangat berbeda.

Kebutuhan bisa tergolongsebagai hal yang perlu Anda utamakan, sedangkan keinginan tergolong sebagai kebutuhan sekunder atau bisa Anda nomor duakan. Kita harus mulai mengontrol keinginan kita seperti berbelanja barang-barang yang sebenarnya belum kita butuhkan dan mengurangi intensitas kita hang-out ke tempat-tempat yang mahal.

5. Menentukan Jenis Pengeluaran

Menentukan jenis pengeluaran termasuk dalam pembuatan catatan keuangan untuk memaksimalkan financial planning. Mencatat jenis pengeluaran sangat penting bagi kita sebagai mahasiswa yang memiliki banyak pengeluaran.

Semisal untuk transportasi, membeli keperluan kecil-kecil lainnya, membayar sewa kos, membeli makanan ataupun membeli keperluan alat tulis. Hal ini perlu Anda lakukan agar uang yang kita gunakan tidak habis percuma dan lebih terencana

6. Mengetahui Pola atau Sumber Pemasukan

kita perlu mengetahui pola atau sumber pemasukan dari dana yang kita miliki. Sebagian besar dari kita pasti masih mendapat pembiayaan dari orang tua, namun ada juga antara kita yang sudah menghasilkan uang sendiri dengan bekerja.

Kita harus mengatur uang yang ada dengan sebaik-baiknya, karena jika tidak demikian maka bisa jadi uang yang ada itu habis dengan cepat tanpa manfaat yang tepat.  Oleh karna itu, ada baiknya jika kita merincikan pemasukan dana yang kita dapat tiap bulannya dan menentukkan peruntukkannya.

Demikian strategi financial planning kali ini, semoga bermanfaat.

To Top