Life

Suka Minum Kopi? Inilah Cara Menyeduh Kopi Tubruk Agar Lebih Nikmat

Menyeduh Kopi Tubruk Agar Lebih Nikmat

Para penggemar kopi pasti tak asing lagi dengan yang disebut kopi tubruk. Kopi tubruk cukup populer di Indonesia, terutama di pulau Jawa dan Bali. Cara pembuatannya yang mudah ditambah teksturnya yang pekat menjadikan kopi ini salah satu kopi favorit banyak orang.

Umumnya kopi tubruk dihidangkan bersama beberapa cemilan seperti pisang goreng, kacang, kue dan sebagainya. Agar lebih bervariasi, kopi tubruk juga dicampur dengan susu kental manis untuk mereka yang kurang suka kepekatan teksturnya.

Kopi tubruk mudah sekali kita temukan. Di rumah, di kantor, di sawah, di kedai, kopi tubruk adalah kopi yang paling sering dihidangkan. Bahkan saat pertemuan dan acara-acara resmi, kopi tubruk tidak pernah ketinggalan.

Nah, bagi kamu penggemar kopi, tak perlu berlama-lama untuk membuat secangkir kopi tubruk nikmat. Cukup beberapa menit saja dan kamu akan mendapatkan kopi tubruk nikmat favoritmu. Ikuti cara menyeduh kopi tubruk berikut ini ya.

1. Air panas

Perlu diketahui, kualitas air yang digunakan menyeduh berpengaruh pada rasa kopi. Sebaiknya gunakan air mineral. Semakin tinggi kadar mineral dalam air, semakin timbul rasa asli kopi karena terjadinya ekstraksi. Gunakan pula air yang panas bukan air hangat, agar ampas kopi tidak mengambang di permukaan.

Namun, jangan menggunakan air mendidih karena kopi akan terlalu banyak terekstrak dan menimbulkan rasa lebih pahit. Suhu air yang tepat untuk kopi tubruk adalah tidak lebih dari 80 derajat Celcius. Kalau tidak ada termometer, cukup didihkan air, matikan api dan diamkan selama 2 – 4 menit hingga suhu menurun.

2. Komposisi yang pas

Untuk membuat kopi tubruk nikmat, komposisi kopi harus pas. Idealnya, gunakan perbandingan 1 : 15, yaitu 1 gram kopi diseduh dengan 15 ml air. Agar aroma dan rasa lebih nikmat, kamu bisa memilih butiran kopi yang hasil penggilingannya sedang, yaitu tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar. Semakin kasar hasil gilingan kopi, semakin sulit pula air melarutkan sari-sarinya.

3. Penyeduhan

Tuangkan bubuk kopi yang telah disediakan tadi ke dalam cangkir berisi air panas. Sebaiknya gunakan cangkir yang berbahan dasar keramik atau kaca agar panas air tidak mudah terserap oleh cangkir. Selanjutnya, diamkan kopi selama 3 – 4 menit, tanpa diaduk. Hal ini yang diyakini dapat membuat rasa kopi lebih mantap.

4. Pengadukan

Setelah didiamkan sesaat, tambahkan gula sesuai selera. Baru aduk kopi secara perlahan dan satu arah. Namun, menurut para barista, penambahan gula hanya akan mengurangi citarasa asli dari kopi tersebut. Jika ingin memberi rasa manis, cukup tambahkan krim atau susu kental manis sebagai variasinya.

Baca Juga : Manfaat Kopi Hitam dan Awal Tahun yang Produktif

Agar rasa kopi lebih nikmat, jangan aduk kopi terlalu lama. Cukup aduk sebanyak 5 putaran saja. Sebab jika terlalu lama, malah mempercepat proses penguapan dan kopi pun menjadi cepat dingin.

Itulah cara menyeduh kopi tubruk agar rasanya lebih nikmat. Sekarang kamu lebih mahir membuat kopi tubruk nikmat untuk disajikan. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top