Life

Sulit Bangun Pagi? Coba Ikuti 6 Cara Berikut Yuk

tips untuk kamu yang susah bangun pagi

Hallo, kamu termasuk orang yang susah bangun pagi? Apalagi aktivitas #DiRumahSaja membuat jadwal tidurmu tidak teratur ya? Atau kamu malah sedang berlatih bangun pagi karena sudah mulai datang ke kantor atau ke kampus? 

Nah jangan khawatir lagi, yuk langsung simak saja tips yang memudahkan kamu untuk bangun pagi. Jangan diskip! 

1. Mau Bangun Pagi? Tetapkan Niat Dulu Deh 

Pernah mendengar bahwa segala sesuatu berawal dari niat? Segala sesuatu berawal dari pikiran? Nah itulah pentingnya niat dan menetapkan mindset dalam pikiran kamu. Cobalah sebelum tidur kamu berbicara kepada dirimu sendiri (self talk), “aku besok harus bangun jam sekian”. 

Tahukah kamu gelombang otak ketika akan tidur adalah salah satu gelombang otak yang memudahkanmu dalam mengingat sesuatu. Oleh karenanya tak heran jika orang-orang pintar membaca beberapa lembar buku sebelum tidur. 

Kira-kira seperti itulah dampak ingatan yang kamu jaga hingga tidur. Nah hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menanamkan keyakinan bahwa dirimu pasti bisa bangun jam sekian. Mulai percayai apa yang kamu tanamkan, apa yang kamu mindsetkan.  

2. Kalau Susah Bangun Pagi, Jangan Coba-Coba Begadang 

jangan begadang

Hayo siapa di sini yang hobi begadang? Kalau kamu orangnya, apa alasan kamu begadang? Begadang ini menjadi salah satu sebab kamu tidak bisa bangun pagi. Bagaimana tidak, seseorang yang baru tidur jam satu pasti lebih susah untuk bangun pagi dibanding mereka yang tidur di bawah jam sepuluh malam. 

Untuk itu, salah satu cara agar kamu bisa bangun pagi adalah dengan tidak membiasakan diri untuk begadang. Kalau tidak ada kepentingan, jangan sengaja begadang guys! Selain itu, kalau tidak ada hal-hal mendesak seperti mengerjakan deadline, hindarilah untuk begadang. 

Lebih baik jika kamu tidur lebih awal agar kamu pun bisa bangun lebih awal. Dengan tidur di awal malam, kamu akan memiliki jumlah jam tidur yang cukup. Alhasil, ketika esok harinya tubuhmu sudah siap untuk bangun dan lebih segar. 

Dibandingkan mereka yang begadang, kondisi tubuh ketika bangun pasti masih mengantuk. Oleh karenanya, langkah terbaik adalah jangan begadang kalau tidak ada hal penting atau mendesak. 

3. Jangan Minum Kopi Sebelum Tidur 

Kamu pasti tahu kalau kopi mengandung kafein yang menjadikan matamu awet sepanjang malam. Hal ini bisa memicu kamu begadang tanpa ada kepentingan. Oleh karenanya sebisa mungkin hindari kopi sebelum tidur. 

Bagi kamu yang memang hobi mengonsumsi kopi, kamu bisa minum kopi tersebut di bawah jam delapan malam. Sebab, makanan dan minuman yang dikonsumsi di atas jam delapan sebenarnya tidak baik untuk tubuhmu. 

Atau kamu bisa juga mengganti jam minum kopi. Misalnya dari yang kebiasaan jam sepuluh diganti menjadi waktu sore hari. Nah hal tersebut bisa meminimalisasi kamu untuk begadang. Sebagaimana yang disebutkan pada bagian sebelumnya, begadang memicu kamu untuk susah bangun pagi. 

Pun demikian dengan si kafein ini. Sebaiknya jangan coba-coba mengonsumsi kopi kalau tidak ada kepentingan untuk begadang ya guys! 

4. Jauhkan Alarm dan Ponsel dari Tempat Tidurmu 

jauhkan alarm dan handphone dari tempat tidur

Kebiasaan sebagian orang adalah meletakkan alarm di tempat tidur. Tujuannya tidak jauh-jauh dari memudahkan untuk mematikan alarm ketika berbunyi. Akan tetapi, sebagian dari pemakai alarm tidur tersebut kembali tidur setelah mereka mematikan alarm. 

Nah kalau situasinya demikian, apa gunanya ada alarm? Padahal alarm kamu ditujukan agar kamu bisa bangun tepat waktu, pada waktu yang sudah kamu setting bukan? Artinya kamu pun berharap dengan alarm tersebut bisa membantumu bangun pagi. 

Namun, kalau kasusnya seperti itu, sebaiknya kamu menjauhkan alarmmu dari tempat tidur. Tujuannya agar kamu tidak berusaha mematikan alarm tersebut. Alias kamu bisa bangkit untuk mencoba mematikan bunyi yang mengganggu waktu pagimu. 

Dengan begitu, harapannya akan terbentuk habit bangun pagi. Yuk coba menantang diri sendiri dengan menjauhkan alarm dari tempat tidur! 

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Bila Terpaksa Begadang

5. Lakukan Peregangan Setelah Bangun Tidur 

Setelah bangun tidur, apa yang biasanya kamu lakukan? Mencari ponsel untuk segera online ya? Namun sayangnya hal tersebut kurang dianjurkan, apalagi layar ponsel bisa membuat matamu cepat rusak. Bahkan untuk kamu yang bangun pagi, bisa-bisa otak terdistraksi dengan sinyalmu lho! 

Menatap layar ponsel ketika bangun malah membuatmu semakin malas. Untuk itu langkah yang sebaiknya kamu lakukan adalah peregangan sehabis bangun tidur. Peregangan membuat aliran darah yang menuju otak menjadi lancar. 

Alhasil setelah peregangan, tubuh kamu menjadi lebih berenergi. Nah hal ini sangat baik untuk membangkitkan mood pagi harimu. Dengan memiliki tubuh yang berenergi di pagi hari, kamu bisa terus ceria sepanjang hari. 

6. Meminta Bantuan Orang Rumah untuk Membangunkamu 

Meminta Bantuan Orang Rumah untuk Membangunkamu

Nah kayaknya ini tips terakhir kalau tips-tips sebelumnya tidak ampuh mengubah kebiasaan susah bangun pagi. Apabila dirasa memiliki jadwal mendesak harus waktu pagi, akhirnya kamu mesti melakukan berbagai upaya agar bisa bangun pagi. 

Kalau tips-tips sebelumnya dilakukan secara alamiah, kamu masih takut tips tersebut tidak berhasil? Mungkin tips terakhir ini bakal membantumu. Caranya adalah meminta orang rumh untuk membantu membangunkanmu. 

Baca Juga : Kepribadian Seorang Berdasarkan Jam Bangun Tidur

Nah itulah sejumlah tips untuk kamu yang susah bangun pagi. Sebenarnya bangun pagi adalah kebiasaan baik yang harus dibangun, bukan masalah yang mesti diselesaikan. Untuk itu, cara terbaiknya adalah dengan melatih dirimu. Cara latihannya bisa kamu ikuti sesuai tips-tips di atas ya guys! 

Cara ini sifatnya lebih kepada berjaga-jaga atau antisipasi saja. Namun kamu pasti lebih terjamin ketika dibangunkan oleh orang lain yang terbiasa bangun pagi bukan? Tidak ada salahnya untuk mencoba. 

To Top