Life

Surat Lamaran Kerja: Contoh dan Panduan Lengkap

Surat Lamaran Kerja: Contoh dan Panduan Lengkap

Surat lamaran kerja adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau organisasi. Surat lamaran kerja biasanya mencakup informasi tentang pengalaman kerja, keahlian, dan latar belakang pribadi seseorang yang bersangkutan, serta alasan mengapa dia ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya tercantum dalam surat lamaran kerja:

  1. Judul atau subjek surat: Contohnya “Lamaran Pekerjaan sebagai Marketing Executive”
  2. Alamat pengirim: Nama, alamat, dan nomor telepon pribadi pengirim
  3. Alamat penerima: Nama dan alamat perusahaan atau organisasi yang dituju
  4. Tanggal: Tanggal surat ditulis
  5. Pembuka: Contohnya “Dengan hormat,” atau “Saya yang bertanda tangan di bawah ini,”
  6. Tujuan surat: Menyatakan minat melamar pekerjaan serta posisi yang dilamar
  7. Pendahuluan: Ringkasan latar belakang pribadi dan pengalaman kerja yang relevan
  8. Bagian utama: Keterangan lebih rinci tentang pengalaman kerja, keahlian, dan kelebihan serta alasan mengapa ingin bekerja di perusahaan tersebut
  9. Penutup: Contohnya “Saya berharap dapat dipertimbangkan untuk bergabung dalam tim Anda,” atau “Terima kasih atas kesempatan yang diberikan,”
  10. Tanda tangan: Nama pengirim yang ditulis dengan tangan

Sebagai tambahan, surat lamaran kerja biasanya disertai dengan CV (curriculum vitae) atau resume yang mencantumkan informasi lebih rinci tentang latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja seseorang.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Untuk membuat surat lamaran kerja, pertama-tama Anda perlu mengumpulkan informasi tentang posisi yang Anda minati, perusahaan yang Anda lamar, dan bagaimana Anda sesuai dengan kualifikasi yang dicari perusahaan tersebut. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat struktur surat. Surat lamaran kerja biasanya terdiri dari empat bagian utama: judul, alamat pengirim, alamat penerima, dan isi surat.
  2. Mulai dengan menulis tanggal dan alamat pengirim di sudut kiri atas.
  3. Tuliskan alamat penerima di baris berikutnya. Jika Anda tidak tahu nama orang yang akan menerima surat, gunakan ungkapan seperti “Yth. HRD Manager” atau “Yth. Pimpinan Perusahaan”.
  4. Tulis judul di baris selanjutnya. Contoh judul yang dapat Anda gunakan adalah “Surat Lamaran Pekerjaan” atau “Permohonan Pekerjaan”.
  5. Tuliskan salam pembuka di baris selanjutnya. Contoh salam pembuka yang dapat Anda gunakan adalah “Assalamu’alaikum” atau “Salam Sejahtera”.
  6. Tuliskan alasan Anda melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut dan mengapa Anda merasa cocok dengan perusahaan tersebut.
  7. Sebutkan pendidikan terakhir dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  8. Tutup surat dengan menulis salam penutup dan tanda tangan. Contoh salam penutup yang dapat Anda gunakan adalah “Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.”
  9. Lampirkan CV atau daftar riwayat hidup Anda ke dalam surat lamaran.
  10. Jika perlu, sertakan dokumen pendukung lainnya seperti sertifikat atau surat rekomendasi.
  11. Pastikan Anda mengecek kembali surat lamaran Anda untuk memastikan tidak terdapat kesalahan ejaan atau tata bahasa.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ini salah satu contoh surat lamaran kerja yang dapat Anda gunakan sebagai referensi:

Kepada Yth,

PT. XYZ
Jl. ABC No. 123
Kota DEF

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : John Doe
Tempat, tanggal lahir : New York, 01 January 1990
Alamat : Jl. Main No. 456, Kota Anywhere
No. Telepon : 09876543210
Email : johndoe@email.com

Mengajukan lamaran kerja untuk posisi Marketing Executive di PT. XYZ.

Saya memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun di bidang marketing, termasuk membuat strategi pemasaran dan menjalin hubungan dengan pelanggan. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan komunikasi dan presentasi yang baik serta mampu bekerja dalam tim.

Saya yakin bahwa kemampuan dan pengalaman saya dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan Anda. Sebagai tanggung jawab saya, saya akan memberikan yang terbaik bagi perusahaan Anda.

Dengan demikian, saya berharap dapat dipertimbangkan untuk diterima bekerja di perusahaan Anda.

Hormat saya,
[Tanda tangan]
John Doe

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Surat lamaran kerja tulis tangan adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Surat ini biasanya ditulis dengan menggunakan tangan, tidak menggunakan mesin ketik, dan dikirimkan ke perusahaan yang dituju melalui pos atau diberikan secara langsung.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja tulis tangan diantaranya:

  1. Gunakan kertas yang berkualitas dan tidak rusak. Pilihlah kertas yang berkualitas tinggi dan tidak terlalu tebal atau terlalu tipis.
  2. Gunakan tinta yang jelas. Jangan menggunakan tinta yang terlalu lemah atau terlalu keras, karena akan sulit dibaca.
  3. Tulislah dengan jelas dan rapi. Usahakan untuk menulis dengan jelas dan rapi agar surat lamaran kerja anda mudah dibaca oleh pihak perusahaan.
  4. Sertakan foto copy dokumen yang diminta. Jika ada dokumen yang diminta seperti foto copy ijazah, transkrip nilai, dan lain-lain, sertakan dalam surat lamaran kerja.
  5. Tandatangani surat lamaran kerja. Jangan lupa untuk menandatangani surat lamaran kerja anda sebelum mengirimkannya.
  6. Sertakan amplop yang sesuai. Gunakan amplop yang sesuai dengan ukuran surat lamaran kerja anda. Jangan lupa untuk menuliskan alamat penerima dengan jelas di bagian depan amplop.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang ditulis tangan:

Nama: [Nama Anda]
Alamat: [Alamat Anda]
No. Telepon: [Nomor Telepon Anda]
Email: [Alamat Email Anda]

[Tanggal]

Yth. [Nama Penerima],

Saya yang bertanda tangan di bawah ini: [Nama Anda], ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, yaitu [Nama Perusahaan].

Saya menyadari bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang mencari kandidat yang sesuai untuk posisi [Nama Posisi yang Dilamar]. Setelah mempelajari informasi lowongan pekerjaan yang Bapak/Ibu posting di situs [Nama Situs], saya merasa yakin bahwa saya memiliki kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Berikut ini adalah riwayat pendidikan dan pengalaman kerja saya:

[Tuliskan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja Anda]

Saya yakin bahwa kemampuan dan pengalaman saya akan bermanfaat bagi perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga merasa siap untuk mengikuti proses rekrutmen dan seleksi yang akan diadakan.

Saya menyadari bahwa saya masih memiliki kekurangan, namun saya siap untuk terus belajar dan berkembang demi kemajuan perusahaan.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
[Tanda Tangan]
[Nama Anda]

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Biasanya, surat lamaran kerja ditulis dalam bahasa Inggris karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan di seluruh dunia, terutama dalam dunia kerja.

Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris juga sering dianggap sebagai salah satu kualifikasi yang penting bagi seorang calon pekerja, terutama jika perusahaan tersebut memiliki hubungan dengan luar negeri atau jika posisi yang dilamar membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Namun, jika perusahaan yang Anda lamar tidak membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris atau jika Anda lebih nyaman menulis dalam bahasa Indonesia, Anda dapat menyertakan surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia, dan pastikan untuk menjelaskan dengan jelas mengapa Anda memilih untuk menulis dalam bahasa Indonesia.

Apabila Anda harus menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, berikut ini adalah struktur umum dari surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris:

  • Salutation (Salam Pembuka): Mulai dengan menyapa penerima surat, biasanya dengan menggunakan “Dear Mr./Ms. [Nama],”.
  • Introduction (Pengenalan): Jelaskan posisi yang Anda lamar dan bagaimana Anda mengetahui tentang posisi tersebut.
  • Body (Isi Surat): Tuliskan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja Anda yang terkait dengan posisi yang dilamar, serta kemampuan dan kualifikasi yang Anda miliki.
  • Closing (Penutup): Terima kasih perusahaan atas kesempatan yang diberikan, dan sampaikan keinginan Anda untuk diwawancarai. Tambahkan tanda tangan di bawah surat tersebut sebagai tanda bahwa surat tersebut merupakan dokumen resmi.

Berikut contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris:

Dear Hiring Manager,

I am writing to express my interest in the [Position] at [Company]. With [Number] years of experience in [Industry/Field], I am confident in my ability to contribute to the success of your team.

My previous experience includes [Brief overview of relevant experience]. In my current role at [Current Company], I have gained valuable skills in [Skill], as well as [Skill].

I am excited about the opportunity to join [Company] and believe that my skills and experience make me a strong fit for this position. I am a hard-working and dedicated professional, and I am eager to bring my skills and expertise to your team.

Thank you for considering my application. I look forward to the opportunity to discuss how I can contribute to the success of your company.

Sincerely,
[Your Name]

Baca Juga : 11 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Nah, itu dia cara membuat dan berbagai jenis contoh surat lamaran kerja yang dapat dijadikan inspirasi untuk memperoleh posisi yang diinginkan pada saat mencari kerja. Meski demikian, mengingat surat lamaran sebaiknya ditulis secara khusus untuk setiap jenis pekerjaan yang dituju, calon karyawan tidak perlu mengikuti secara penuh setiap contoh yang diberikan, tetapi cukup mengambilnya sebagai bahan inspirasi untuk membuat surat lamaran kerja yang baik.

Sebaliknya, seorang pelamar justru direkomendasikan untuk benar-benar mencari tahu terlebih dahulu seperti apa karakter perusahaan yang diincarnya, sehingga dalam membuat lamaran pekerjaan pun dapat lebih tepat dan menarik untuk dibaca peluang lolos seleksi pun akan semakin besar.

Semoga bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top