Life

Susah Menabung? Lakukan 4 Cara Berikut

Mungkin, Anda sudah tidak asing dengan anjuran untuk menabung. Dari kecil hingga saat ini, banyak sekali motivasi yang beredar: demi kebaikan kondisi finansial Anda, maka menabunglah.

Ajakan-ajakan itu begitu mudah digalakkan tetapi pada kenyataannya menabung terasa susah dilakukan karena kebutuhan atau gaya hidup sudah menghabiskan gaji atau pemasukan Anda.

Alokasi Tabungan

Jika harus menyisihkan uang untuk ditabung itu susah, sudah saatnya uang tabungan tidak disisihkan, melainkan dianggarkan. Pertama kali Anda mendapat gaji atau pemasukan, langsung potong untuk ditabung.

Ukurlah kemampuan diri Anda dalam mengalokasikan uang untuk tabungan. Jangan sampai Anda mengalokasikan uang tabungan terlalu besar dan lupa mengalokasikan untuk kebutuhan pokok Anda yang lainnya. Jangan sampai Anda punya uang tabungan besar, tapi Anda harus berhutang untuk mencukupi kebutuhan pokok Anda.

Celengan Antibobol

Saat uang tabungan Anda mulai dapat dikumpulkan, pastikan tempat uang tabungan Anda aman dari kebobolan. Kebobolan celengan ini paling sering dilakukan oleh pemilik celengan tersebut. Anda bisa menabung di bank. Jika menabung harus pergi ke bank dan itu membuat Anda malas bepergian, atau Anda tidak ingin mendapat potongan administrasi dari bank, Anda bisa menggunakan celengan di rumah.

Sediakan celengan yang tidak mudah dibobol. Maksudnya, celengan tersebut tidak memiliki lubang terlalu besar. Lubang besar memudahkan untuk dibobol. Selain itu, pastikan lubang celengan hanya untuk lubang memasukkan uang, tidak ada lubang lain untuk mengeluarkan uang. Mengapa demikian? Jika ada lubang khusus untuk mengeluarkan uang, tentu akan mudah kebobolan. Dengan adanya satu lubang kecil pada celengan, ketika hendak membobolnya, Anda harus merusak celengan. Anda akan berpikir panjang untuk memecah celengan tersebut jika celengan baru terisi sedikit.

Buat Variasi Cara Menabung

Jika menganggarkan uang tabungan terasa sulit, Anda bisa menggunakan cara menabung yang menantang. Anda bisa menabung dengan cara TANGGAL. Jika hari ini tanggal 1, maka Anda harus memasukkan uang seribu rupiah ke celengan Anda. Besok tanggal 2, maka Anda harus memasukka uang dua ribu rupiah ke celengan Anda, begitu seterusnya sampai akhir bulan. Di bulan berikutnya, kembali seperti itu.

Bayangkan jika Anda bisa konsisten menabung dengan cara seperti itu, dalam satu bulan uang tabungan Anda sudah jelas terkumpul 465 ribu hingga 496 ribu. Jika tabungan sudah penuh, segera belikan emas untuk investasi.

Emas tersebut nantinya lama kelamaan akan berkumpul banyak, harga jualnya pun turut melonjak di kemudian harinya. Kenapa harus dibelikan emas? Jika tidak segera diamankan ke dalam bentuk barang, dikhawatirkan Anda akan semena-mena menggunakan uang tabungan tersebut untuk hal konsumtif.

Selain cara tersebut, Anda bisa menggunakan cara menabung UANG HIJAU. Uang yang berwana hijau adalah uang dalam nominal dua puluh ribu rupiah. Jadi, setiap Anda mendapatkan UANG HIJAU, mau tidak mau Anda harus memasukkan uang tersebut ke dalam celengan. Cukup menantang bukan?

hipwee.com

Perkuat Motivasi Menabung dengan Tempelan Kertas

Apa tujuan Anda menabung? Tentu Anda punya alasan tersendiri mengapa Anda ingin menabung. Semisal, Anda mengumpulkan modal untuk menikah, Anda bisa membuat celengan yang Anda beri label “TABUNGAN MENIKAH”. Atau Anda ingin berqurban saat hari raya idul adha, Anda bisa membuat celengan dengan label “TABUNGAN QURBAN KAMBING”. Tulisan itu akan semakin memotivasi Anda untuk membuat celengan Anda semakin penuh.

Empat cara di atas dapat segera Anda praktikan untuk kesuksesan “menabung” Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top