Life

Tabir Surya, Rahasia Kulit Cantik Rihanna

Tabir Surya, Rahasia Kulit Cantik Rihanna

This post is also available in: English

Apakah Anda termasuk orang yang tak lupa mengaplikasikan tabir surya sebelum beraktifitas baik pagi maupun siang hari di segala musim? Sunscreen sangat penting digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar Matahari.

Meski telah mengetahui dampak buruk sinar matahari bagi kulit, tapi kebanyakan dari kita sering lupa bahkan enggan menggunakannya. Rihanna, bintang pop sekaligus pebisnis di dunia kosmetik ini sampai mengkampanyekan penggunaan sunscreen lewat akun instagramnya.

Menurut Rihanna, Sangat Penting Melindungi Kulit Dengan Sunscreen

Beberapa hari yang lalu pelantun lagu “We Found Love” tersebut membagikan swafotonya di akun media sosial. Dalam foto tersebut Rihanna tampak mengenakan bra seksi kolaborasi Savage dan Fenty berwarna persik dengan aksen lace.

Ia juga menggunakan Fenty Skin Starter Set, yakni lini produk skincare miliknya. Dalam starter set tersebut terdiri dari pembersih Total Cleanser, toner sekaligus serum Fat Water, serta moisturizer Hydra Vizor yang mengandung SPF 30.

Penampilannya dalam foto itu dilengkapi dengan bucket hat buatan desainer ternama. Mark Sabino. Sebagian wajahnya tertutup bucket hat, sementara bagian wajah lainnya seperti hidung, pipi, dan bibir terlihat. Penyanyi yang akrab disapa Riri tersebut mengaplikasikan tabir surya di hidung dan pipinya.

Di bagian caption, ia menulis “Sedang melindungi melaninku ketika mereka (matahari) berusaha menghancurkannya! Geng mini @fentyskin #FentySkinStartRs!”.

Unggahan Rihanna Tentang Tabir Surya

Unggahan Rihanna Tentang Tabir Surya

Foto dengan caption yang mengajak orang untuk menggunakan tabir surya tersebut ternyata sempat disanggah oleh salah satu pengikut Riri. Warganet itu berkata “saat ini musim dingin”.

Rihanna dengan sigap menjawab serta membela penggunaan sunscreen untuk melindungi kulitnya. Riri mengatakan bahwa meski sedang memasuki musim dingin, kulit tetap memerlukan perlindungan sunscreen.

Rihanna menulis, baginya komentar dari netizen tersebut hanyalah sebuah ketidaktahuan. Jika ia masih berpikir SPF bersifat musiman, ia akan memiliki kerutan di kulitnya. Oleh sebab itu, tetap pakailah sunscreen meski sedang musim dingin.

Sebelumnya, Rihanna juga pernah menyampaikan pandangannya tentang sunscreen. Riri menjelaskan alasan dia membuat sendiri produk perawatan wajah yang juga berfokus pada SPF. Menurut Rihanna, produk SPF brandnya cocok digunakan oleh wanita dari semua ras serta warna kulit. Hal tersebut juga menjadi prioritas utama Riri dalam menciptakan formula produknya.

Hal besar lain mengenai pelembab yang mengandung SPF secara umum adalah umumnya meninggalkan bekas putih (white cast) serta aroma yang tidak enak. Berangkat dari permasalahan tersebut, Rihanna menginovasikan pelembab wajah yang bisa dipakai segala warna kulit tanpa meninggalkan bekas warna putih keabuan.

Dampak Buruk Bagi Kulit Karena Tidak Menggunakannya

Hayo, siapa di sini yang masih malas menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan?  Tidak menggunakan sunscreen ternyata berisiko menimbulkan dampak buruk berikut, lho.

  1. Wajah Tampak Lebih Tua

Paparan sinar ultraviolet dari matahari secara terus menerus dapat merusak jaringan kolagen pada kulit. Padahal jaringan kolagen memiliki peran penting untuk menjaga elastisitas kulit kita. Paparan sinar ultraviolet dapat dengan mudah merusak pertahanan jaringan tersebut. Akibatnya, kulit Anda akan terlihat lebih kendur, muncul guratan, hingga terlihat lebih tua dari usia Anda seharusnya.

  1. Muncul Flek-flek Hitam

Lapisan epidermis pada kulit mengandung melanin yang bertugas menyerap sinar matahari. Karena tugasnya tersebut, melanin dianggap sebagai pelindung kulit dari efek buruk sinar matahari. Salah satu bentuk pertahanan kulit dari sinar matahari adalah dengan membentuk lebih banyak melanin.

Melanin atau pigmen kulit ini terbentuk di stratum basal yang berada pada lapisan epidermis paling dasar. Semakin lama kulit Anda terkena sinar matahari, maka makin banyak melanin yang terakumulasi di kulit. Seiring waktu, pigmen tersebut akan muncul ke permukaan kulit dan menjadi flek hitam.

  1. Kanker Kulit

Penelitian terkini menemukan bahwa orang yang berusia muda telah banyak mengidap kanker kulit. Salah satu penyebabnya adalah sinar UVA yang menembus kulit. Kemudian sinar UVA membentuk radikal bebas yang merusak gen dan mengakibatkan kanker.

Jenis Tabir Surya yang Sesuai Kulit Anda

Jenis Tabir Surya yang Sesuai Kulit Anda
Jenis Tabir Surya yang Sesuai Kulit Anda

Produk tabir surya  ternyata memiliki banyak jenis yang memudahkan Anda memilih jenis yang cocok untuk kulit Anda. Dari beberapa jenis sunscreen berikut, mana yang cocok untuk Anda?

  1. Gel Sunscreen

Teksturnya gel, mudah menyerap pada kulit dan memberikan hasil akhir matte agak satin. Sifatnya chemical based sehingga nyaman digunakan sehari-hari terutama sebagai based makeup. Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak maupun acne-prone, sunscreen ini cocok untuk Anda.

  1. Cream Sunscreen

Jika kulit Anda cenderung sensitif, sebaiknya Anda menghindari chemical sunscreen. Anda bisa memilih cream sunscreen. Meski beberapa produk meninggalkan bekas berwarna putih setelah diaplikasikan, tapi produk jenis ini tidak menembus ke dalam kulit. Hal ini membuat cream sunscreen aman untuk kulit yang mudah iritasi.

  1. Spray Sunscreen

Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan spray sunscreen untuk melindungi kulit Anda. Namun, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya menghindari produk ini. Salah satu kandungan dalam spray sunscreen adalah alkohol yang dapat membuat kulit sensitif iritasi.

Tips Reapply Sunscreen di Atas Makeup

Tips Reapply Sunscreen di Atas Makeup

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memilih produk tabir surya yang mengandung SPF. Jadi, Anda bisa touch up sekaligus mengaplikasikan kembali sunscreen di wajah Anda. Anda juga bisa menggunakan sunscreen jenis spray.

Tinggal semprotkan saja sunscreen di atas makeup Anda. Apabila Anda pengguna sunscreen berbentuk cream atau oil, Anda bisa mencampurkannya pada produk kosmetik Anda. Kemudian tepuk-tepuk menggunakan puff di atas wajah Anda. Voila! Riasan Anda akan tampak fresh dan kulit Anda juga terlindungi.

Nah, itu tadi beberapa pembahasan seputar sunscreen. Seperti yang Rihanna sampaikan, jangan lupa menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit Anda. ya.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top