Life

Tahun Baru Semangat Baru, Inilah Kebiasaan yang Harus Kamu Bangun di 2021

Tahun Baru Semangat Baru

This post is also available in: English

Memasuki awal tahun, apakah kamu sudah siap dengan resolusi di tahun baru 2021? Tak dapat dimungkiri sebagian besar target yang ingin dicapai dalam 2020 tertunda karena pandemi. Tidak salah jika kamu memilih untuk menggunakan target yang sama dengan 2020. 

Namun, sebenarnya kamu pun perlu memodifikasi kembali. Tahun baru semangat baru. Tentunya semangat ini adalah semangat untuk belajar ilmu baru, membangun kebiasaan baru yang lebih baik dari tahun yang lalu. 

Untuk itu, apa saja kebiasaan yang harus kamu bangun di 2021 ini? Selain bermanfaat, skill berikut juga berguna sebagai bentuk adaptasi dari adanya pandemi tahun yang lalu. Yuk disimak! 

Mulai Awal Tahun Baru, Yuk Belajar Skill Baru Setiap Bulan 

Kalau tahun sebelumnya kamu banyak rebahan dan hanya mengikuti kegiatan secara online saja, mulai tahun baru ini yuk rencanakan segala kegiatanmu. Dengan kata lain, meski masih online, tetapi kegiatan tersebut jelas tujuannya. 

Tidak hanya sekadar aktivitas rutin biasa, tetapi carilah skill baru setiap bukannya. Dengan merancang skill yang ingin kamu pelajari, di akhir tahun nanti kamu pasti akan menikmati hasil dari belajarmu. 

Nah sebenarnya skill apa saja yang menjadi pertimbanganmu dalam memilih? Kamu bisa memilih skill sesuai dengan profesi yang ingin kamu raih. Misalnya kamu ingin menjadi seorang digital marketer. Pelajarilah ilmunya mulai dari social media marketing seperti instagram kemudian merambah ke facebook, YouTube, dan sebagainya. 

Ingat, pelajarilah secara bertahap dan fokus. Kuasailah satu skill setiap bulan dan akan terus bertambah pada bulan berikutnya. Namun, tetap konsisten dalam mempraktikkan ilmu yang kamu dapat menjadi kunci agar skill tersebut mampu kamu pertahankan. 

Kebiasaan Mulai Tahun Baru: Membaca Minimal Satu Buku Setiap Bulan 

Setiap orang pasti setuju kalau buku adalah gudangnya ilmu. Sementara membaca merupakan jembatan kita untuk menjelajahi seluruh isi dunia. Akibatnya banyak sekali ilmu yang kita dapatkan dari membaca, hanya sekadar duduk dengan fokus terhadap bahan bacaan saja. 

Untuk itu, mulai tahun baru 2021, yuk mulai programkan membaca minimal satu buku setiap bulannya. Satu buku merupakan jumlah yang paling ringan. Sebagai awalan, kamu tidak harus memilih buku yang tebal dengan bahasa yang berat. Pilihlah buku yang ringan dengan topik yang kamu suka. 

Dengan begitu, kamu akan menikmati proses penyerapan ilmu melalui membaca. Kamu pun akhirnya bisa mempertahankan habbit ini dan akhirnya menambah buku bacaan setiap bulannya. Sangat menyenangkan bukan? 

Jangan Lupa Olahraga Demi Membangun Gaya Hidup Sehat Sejak Tahun Baru 2021 

Kalau di masa pandemi tahun lalu kamu banyak rebahan, mulai tahun baru cobalah untuk beraktivitas lebih sehat. Memang berkegiatan di rumah memaksa kita untuk melakukan segala sesuatu dari rumah saja.  

Namun, hal tersebut bukan berarti kamu rebahan dan hanya berhadapan dengan layar komputer saja. Melainkan cobalah untuk memulai gaya hidup normal kembali, seperti berolahraga. Dengan membiasakan berolahraga, kesehatan tubuhmu menjadi lebih terjaga. 

Mulailah dari olahraga ringan seperti jogging di pagi hari atau bersepeda. Olahraga ini tidak memaksamu untuk mengambil banyak waktu. Akan tetapi, lakukanlah dengan fleksibel sesuai kesibukanmu. Yang terpenting adalah bangun habbit ini agar kamu terbiasa kembali. 

Menyisihkan Uang untuk Investasi 

Tips cerdas mengelola keuangan
Menabung sejak dini di kondisi apapun bisa membantu mengatasi masalah keuangan di masa depan

Finansial di 2020 sangat terganggu. Kita harus mampu survive di tengah wabah. Tak hanya itu, penghasilan yang menurun membuat keuangan keluarga harus ditekan, hanya berdasar kebutuhan yang sangat mendesak. 

Namun, perlahan ekonomi kembali pulih. Untuk mempertahankan hal ini, keuangan pribadi juga harus diselamatkan. Caranya adalah mulai menyisihkan minimal 10% dari gaji untuk investasi. Saat ini banyak cara investasi aman yang bisa kamu pilih. 

Pelajari Segala Sesuatu yang Berkaitan dengan Teknologi 

Bertambahnya tahun, kemampuan manusia juga pasti meningkat. Jika kamu tidak ingin ketinggalan zaman, kuasailah teknologi. Sebab, sepanjang zaman ke depan, teknologi akan selalu berhubungan dengan kehidupan manusia. 

Ibarat kata, kalau kamu ketinggalan teknologi, kamu akan tergilas zaman, seperti tidak tahu apa-apa. Bayangkan jika hal ini terjadi, kamu menjadi terasingkan dan bingung jika orang-orang di sekitarmu telah berjalan sangat jauh. 

Untuk itu, skill yang berhubungan dengan teknologi wajib kamu kuasai. Entah itu mengenai penggunaan aplikasi dasar, ataupun sosial media. Semestinya kamu selalu mengikuti update dan berita terbaru agar mampu menyesuaikan perkembangan zaman. 

Terakhir, di Tahun Baru Ini, Tingkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Bekerja dalam Tim 

Skill penting lainnya adalah komunikasi dan tim work. Kedua hal ini akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan, utamanya dunia kerja. Apalagi jika masih bekerja secara online, penyampaian informasi harus mampu diterima dengan jelas melalui komunikasi yang baik. 

Nah untuk bisa membentuk skill ini, kamu dapat menerapkan kebiasaan untuk latihan berbicara di depan umum. Ambil kesempatan jika waktu mengizinkanmu untuk berbicara di depan publik, misalnya saat presentasi. 

Selain itu, bangunlah kebiasaan untuk bekerja dengan tim. Contohnya dengan cara mampu mendengar pendapat orang lain, memberikan masukan yang membangun, memberi solusi kreatif, dan sebagainya. 

Tahun baru semangat baru, kebiasaan positif juga harus diperbarui dan ditambah. Melalui penerapan kebiasaan-kebiasaan tersebut, optimis bahwa kamu akan menjadi lebih baik di tahun baru ini. 

Fokuslah kepada hal-hal yang mampu kamu kontrol, yaitu segala sesuatu dalam dirimu, masih dalam kendalimu. Selebihnya, adaptasi sesuai kebutuhan dan mencari alternatif terbaik. Semoga dapat membantu. 

To Top