Life

Tanda-Tanda Seseorang Merasa Iri Dengan Anda

Tanda-Tanda Seseorang Merasa Iri Dengan Anda

Anda bisa saja merasa diri Anda tidak melakukan hal yang luar biasa dan tampil apa adanya. Namun bisa saja ada orang yang merasa iri dengan Anda karena menurut mereka Anda memiliki banyak kelebihan, atau tanpa Anda sadari ternyata Anda berubah jauh lebih baik dari sebelumnya sehingga karir Anda meningkat atau orang-orang memperbincangkan Anda. Kalau sudah begini, ada saja yang akan merasa iri kepada Anda, dalam skala kecil maupun besar. Setiap orang termasuk kawan-kawan Anda bisa saja tiba-tiba merasakannya. Jika rasa iri mereka disertai dengan niat yang kurang baik, seringkali efeknya juga menjadi tidak baik bagi Anda. Kadangkala mereka membuat Anda merasa tidak enak hati jika harus mengungguli mereka, juga tidak pernah memberikan support kepada Anda bahkan membuat Anda ragu untuk mengambil keputusan. Anda perlu mengetahui ciri-ciri orang dan kawan seperti ini agar menjadi bahan pertimbangan apakah memang ia adalah kawan yang baik untuk Anda, atau jika dilakukan orang yang tidak dekat dengan Anda maka dapat menjadi semacam awareness bagi Anda.

Mereka Meniru Anda

Mereka tidak dapat melakukan hal unik lain yang berbeda sehingga satu-satunya cara agar mendapat perhatian yang sama seperti Anda, maka mereka meniru Anda atau meniru apa yang telah Anda lakukan. Hal ini merupakan ciri yang paling kentara dari orang yang iri kepada Anda. Meniru tidak sama dengan berbagi seperti kebanyakan dilakukan dua orang yang bersahabat. Jika salah satu kawan tiba-tiba berbicara, berpakaian atau bersikap mirip dengan diri Anda maka bisa jadi ada yang salah.

Bersikap Kompetitif

Sedikit berkompetisi sesame teman itu memang sehat, namun jika sudah terasa keterlaluan akan dapat menimbulkan masalah bagi Anda. Hal ini merupakan suatu tanda ada teman yang iri terhadap Anda. Bahkan para ahli pun meyakini bahwa daya saing yang berlebihan dapat dikaitkan dengan sifat iri, sedangkan ahli yang lain berpendapat berteman dengan orang seperti ini sama saja seperti menenggak racun.

Memberikan Pujian Yang Tidak Tulus

Satu tanda orang yang iri pada Anda adalah mereka seringkali memberikan pujian yang tidak tulus dan itu bisa Anda rasakan. Itu dapat diartikan tidak perduli sebera keras usaha yang Anda lakukan, mereka akan selalu memiliki cara untuk merendahkan usaha tersebut. Salah satu contohnya, bila ada sebuah project berhasil Anda kerjakan dan orang-orang memuji Anda, ia akan datang dan berkata : selamat ya, lumayan juga. Tapi untung ada si A ya dalam project kamu, jadinya bisa berhasil seperti ini. Dengan kata lain, mereka akan selalu memberikan sinyal halus yang menandakan selalu ada alasan lain dibalik keberhasilan Anda, dan bukan karena bakat atau kemampuan Anda sendiri.

Mempertanyakan Keputusan Anda

Sebagaimana Anda puas dengan keputusan yang Anda ambil terkait kehidupan pribadi maupun pekerjaan, kawan yang iri pada Anda akan selalu mempertanyakan keputusan tersebut  serta memberikan saran untuk mengambil keputusan yang lainm dan meninggalkan Anda dalam keraguan. Misalnya saja, Anda dan suami berniat untuk menikmati second honeymoon dan meninggalkan putra di rumah bersama Ibu Anda. Ia akan mengatakan bahwa keputusan itu kurang baik, karena sangat beresiko meninggalkan anak dengan orang lain, dan sebagainya. Ia akan selalu berusaha merusak mood Anda.

Tanda-Tanda Seseorang Merasa Iri Dengan Anda

Ia Merasa Sangat Tidak Percaya Diri

Orang yang merasakan iri hati akan selalu merasa insecure atau tidak aman, yang sebenarnya disebabkan karena sikap mereka sendiri. Jika ada salah satu teman Anda memiliki sikap seperti ini, bisa jadi ia juga seringkali merasa iri hati dengan keberhasilan orang-orang di sekitarnya. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kepercayaan diri dan nyaman dengan dirinya sendiri tidak akan pernah merasa iri hati terhadap orang lain yang ada di sekitar mereka. Jadi, jika ada orang yang Anda kenal bersikap sebaliknya, maka Anda dapat menyimpulkan kemungkinannya, apalagi jika sikapnya terbilang aneh di depan Anda.

Terus Mengingatkan Anda Terhadap Kegagalan

Salah satu ciri lagi bahwa seseorang sedang memendam rasa iri hati pada Anda adalah mereka berperilaku negatif ketika Anda menceritakan tentang hal baik tentang diri Anda padanya. Disaat Anda bercerita tentang kesuksesan, ia akan berusaha menyakiti perasaan Anda dengan mengingatkan Anda kembali terhadap kegagalan yang pernah Anda alami. Mereka akan merusak suasana misalnya dengan menyatakan bahwa Anda perlu hati-hati kali ini karena Anda pernah gagal disaat mencoba sesuatu yang sama.

Menghina Anda Di Depan Umum

Bagus jika kita memiliki kawan yang kritis namun mereka yang berniat baik akan mengatakannya di depan Anda pada saat hanya ada kalian berdua saja. Kawan yang baik tidak ada mengatakan sesuatu yang mempermalukan Anda di depan banyak orang.

Kebahagiaan Palsu

Jika salah satu kawan Anda berpura-pura tertarik dan seolah ikut bergembira namun terasa tidak tulus pada saat Anda menceritakan sesuatu kabar baik mengenai diri Anda, sebaiknya Anda waspada. Sesungguhnya ia merasa tersiksa pada saat kabar baik menghampiri diri Anda dan merasa bahwa ia adalah orang yang paling tepat menerimanya dan bukan Anda.

Cara Mengatasinya :

  • Melakukan pendekatan dengan halus. Meskipun tanda-tanda nya sudah jelas, sebaiknya tetap berprasangka baik. Karena bisa jadi kawan Anda tengah dirundung masalah
  • Bersikap positif. Karena kalian berteman baik, ada kemungkinan kawan Anda berubah kembali baik bersama waktu. Sebaiknya Anda tetap bersikap optimis
  • Ketahui sebabnya. Cari tahu penyebab mengapa ia bersikap seperti itu untuk dapat mempertahankan pertemanan Anda.
  • Tahu kapan harus move on. Jika apa yang ia lakukan sudah melampaui batas, apalagi jika sampai berbicara hal buruk tentang Anda di belakang punggung Anda, sebaiknya Anda sudahi pertemanan dengannya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top