Life

Tempat Terseram Di Dunia

This post is also available in: English

Segala sesuatu yang bersifat misteri memang banyak membuat orang penasaran. Dari mulai misteri teori konspirasi, makhluk asing, misteri kejahatan, hingga tempat-tempat yang menyimpan sejuta cerita sejarah panjang dan menakutkan.

Ada diantara cerita-cerita itu yang membuat kita geleng-geleng kepala, mengerutkan kening atau bahkan ketakutan. Dari berbagai cerita menakutkan, saat ini yang akan dibahas adalah keseraman sebuah tempat atau lokasi tertentu. Saya yakin di negara kita banyak tempat misterius yang membuat bulu kuduk berdiri yang bahkan mungkin lebih seram daripada semua tempat di dunia, namun kali ini yang akan dibahas adalah 7 buah lokasi di dunia yang di klaim masuk di dalam daftar tempat paling menakutkan.

THE BEECHWORTH LUNATIC ASYLUM, VICTORIA, AUSTRALIA

Selama beberapa dekade setelah dibuka pada tahun 1867, The Beechworth Lunatic Asylum dianggap sebagai lembaga psikiatri yang paling dikenal di Australia. Lembaga psikiatri ini seringkali disebut juga dengan Mayday Hills merawat 1.200 pasien yang beberapa diantaranya karena dipaksa dan tanpa bukti bahwa mereka menderita gangguan kejiwaan, termasuk salah satunya adalah anak berusia 8 tahun yang dikirim ke tempat itu karena mencuri kuda dan menetap di sana hingga ia berusia 85 tahun. Para pasien ini harus dihadapkan pada perlakuan kasar, diharuskan menggunakan straitjacket, disertai perawatan yang sudah ketinggalan jaman serta beberapa hambatan yang lain termasuk bahwa mereka tidak diijinkan untuk meninggalkan tempat tersebut.

Selain menakutkan, rumah sakit jiwa ini juga menyimpan keanehaan : Dr. Thomas Dick yang merupakan pengelola di tempat tersebut dikabarkan selalu menggunakan payung jika berjalan di malam hari, terkait kepercayaannya bahwa cahaya bulan bisa membuat orang menjadi gila.

Sampai pada saat fasilitas ini ditutup pada tahun 1995, sudah sekitar 3.000 orang meninggal dunia di rumah sakit jiwa tersebut selama 128 tahun tempat ini beroperasi dan hantu-hantu mereka dipercaya masih berkeliaran menghuni bekas rumah sakit jiwa tersebut. Penampakan hantu pernah dilaporkan muncul dari ruang bawah tanah, pintu-pintu terbuka dengan sendirinya dan terdengar suara tawa anak-anak tertawa dan bermain di tempat yang terbengkalai itu pada tengah malam.

Saat ini, para turis dapat mendatangi tempat ini dan bisa jadi bertemu dengan hantu-hantu penghuninya dengan mengikuti satu diantara paket wisata Beechworth Ghost Tours yang tersedia. Pengunjung akan diantar melewati ruang-ruang yang menyimpan banyak cerita di tempat ini. Pada lokasi bekas dapur, pengunjung seringkali merasa ada yang menggelitik rusuk dan baju-baju mereka di tarik-tarik. Baru-baru ini sebuah foto dirilis yang menunjukkan penampakan hantu seorang gadis muda yang tampak berlutut di dalam bekas rumah sakit jiwa tersebut.

ISLAND OF THE DOLLS, XOCHIMILCO, MEXICO CITY

Memiliki nama asli Isla de las Munecas atau Pulau Boneka, tempat ini berlokasi di sebelah selatan Mexico City adalah tempat yang dianggap mengerikan dengan dihiasi bagian-bagian boneka bekas digantung pada pohon-pohon yang ada disana.

Diceritakan, lebih dari setengah abad yang lalu seorang pertapa bernama Don Julian Santana Barrera, yang menjadi seorang penjaga salah satu kebun terapung di danau Xochimilco menemukan mayat seorang gadis yang mati tenggelam. Beberapa waktu kemudian ia menemukan sebuah boneka mengambang di danau yang sama. Ia percaya bahwa boneka tersebut adalah milik si gadis, maka boneka tersebut digantungnya pada sebuah pohon untuk menghormati si gadis. Dihantui rasa bersalah karena tidak dapat menyelamatkan perempuan muda itu, Barrera mengklaim ia mendengar jeritan dan langkah kaki setelah mayat gadis itu ditemukan. Ia tetap mengenang gadis itu dengan cara terus memperbanyak bagian-bagian tubuh boneka yang digantung. Dari sinilah muncul rumor bahwa bagian-bagian tubuh boneka inilah yang menghantui pulau tersebut, membuntuti para pengunjung melalui mata-mata boneka mereka, dan berbisik kepada pengunjung tatkala melewati mereka. Barrera meninggal dunia pada tahun 2001, namun Pulau Boneka ini, meskipun meresahkan, masih tetap menjadi tujuan wisata.

SEDLEC OSSUARY, KUTNA HORA, REPUBLIK CEKO

Sedlec Ossuary atau Gereja Tengkorak/Tulang adalah sebuah kapel mungil yang terletak di wilayah suburban Kutna Hora di Republik Ceko. Dibangun sebagi situs peristirahatan terakhir dari sisa-sisa pemakaman di sekitar wilayah tersebut, tempat ini dihiasi lebih dari 40.000 bagian tulang belulang dan tengkorak manusia pada beberapa bagian bangunan dan asesorisnya. Pada bagian tengah ruangan tergantung sebuah chandelier atau lampu gantung yang dihiasi tulang tunggal dari tubuh manusia. Ornamen hiasan tengkorak dan tulang manusia menghiasi setiap pintu masuk, langit-langit kapel dan juga altar utama. Gereja Tengkorak ini memang merupakan tempat peristirahatan yang mengerikan.

THE PRINCESS THEATER, MELBOURNE, AUSTRALA

Selama masa produksi opera Charles Gounod yang berjudul ‘Faust’ di Princess Theater, Melboune, aktor bernama Frederick Baker benar-benar secara harfiah membaktikan seluruh hidup dan matinya dalam teater tersebut.

Legenda menyebutkan bahwa aktor yang lebih dikenal dengan nama panggung ‘Frederici’ yang pada saat itu memerankan tokoh Mephistopeles sempat berkata pada rekan aktornya : Saya akan memberikan penampilan yang terbaik malam ini, tetapi hal itu akan membunuh saya. Sayangnya, hal itulah yang benar-benar terjadi. Saat adegan-adegan terakhir – yaitu adegan dimana karakter antagonis Mephistopeles yang diperankannya diceritakan jatuh ke neraka – Baker terkena serangan jantung tepat saat ia diturunkan melalui pintu perangkap sesaat setelah melantunkan dialog terakhirnya.

Dipercaya hantu Baker masih berkeliaran di dalam gedung teater, menjadi semacam Phantom of the Opera. Turis yang mengunjungi tempat tersebut seringkali merasakan kehadiran ‘seseorang berwajah pucat transparan sedang mengamati’ berpakaian resmi lengkap dengan perawakan yang mirip dengan sang aktor. Beberapa orang mengatakan bahwa hantu sang aktor sedang menunggu di balik panggung, bersiap untuk mempersembahkan penampilannya yang tak terlupakan.

HELLFIRE CLUB, MONTPELIER HILL, IRLANDIA

Pondok berburu ini dibangun pada awal tahun 1700-an, berlokasi di seputar Dublin dan dianggap sebagai salah satu tempat paling menyeramkan di Irlandia. Anggota Hellfire Club datang dari peringkat sosial dan politik yang tinggi namun datang untuk berjudi atau melakukan kegiatan-kegiatan lain yang kurang baik. Sebuah legenda menceritakan, bahwa suatu hari datanglah sesosok makhluk dengan kuku terbelah bagai kuku hewan (cloven hooves) ikut dalam permainan kartu bersama anggota Hellfire Club dan kemudian raib bersamaan dengan berakhirnya permainan tersebut. Tidak jelas apakah sosok mengerikan ini menang atau kalah dalam permainan kartu tersebut.

MOSCOW KREMLIN, MOSCOW, RUSIA

Masa komunisme di Rusia bisa saja sudah menjadi masa lalu, namun dua tokoh Komunis ternama, Vladimir Lenin dan Joseph Stalin sampai saat ini masih menghantui Kremlin, benteng ikonik milik negara tersebut.

Hantu Lenin dan Stalin masih sering terlihat di sekitar kompleks bangunan setelah kematian mereka. Ada rumor yang mengatakan bahwa pada saat negara tengah menghadapi krisis, hantu Stalin akan datang membawa hawa dingin yang membuat hadirin disana menggigil kedinginan.

Bukan hanya mereka saja yang masih menghantui Kremlin, diceritakan bahwa bayangan Tsar Ivan the Terrible yang meninggal pada tahun 1584 seringkali berkeliaran di dalam Ivan The Great Bell Tower di Kremlin. Jika Anda berada disana dan mengunjungi tempat ini, bisa jadi Anda juga dapat mendengarkan suara langkah kakinya.

MOON RIVER BREWING COMPANY, SAVANNAH, GEORGIA, AMERIKA SERIKAT

Bangunan tempat pembuatan bir ini dulunya adalah Hotel pertama yang berada di Savannah, bernama City Hotel pada awal tahun 1800-an. Selama masa perang saudara, Hotel tersebut kerap kali menjadi tempat perkelahian, dimana dalam salah satu peristiwa terbunuhlah salah seorang Yankee akibat dipukuli oleh anggota Konfederasi. Saat ini, pelanggan Moon River Brewing Company sering menyaksikan botol-botol bir berterbangan secara acak dilempar oleh sesuatu yang tidak terlihat. Pengunjung juga pernah bercerita bahwa mereka melihat Toby, hantu petinju yang menghantui tempat itu, yang terlihat seolah tengah menantikan sebuah perkelahian di bar.

To Top