Life

Tentang Gurun Sahara yang Membentang di 10 Negara

Gurun Sahara

Gurun Sahara tengah menjadi trending topic Google. Sebuah unggahan di TikTok menampilkan tentang Gurun Sahara Google Maps yang berisi peta dan gambar seorang pria yang tidak diketahui identitasnya. Sayangnya, hingga kini belum diketahui maksud dari unggahan itu.

Sahara merupakan gurun panas terbesar di dunia dan menjadi yang terbesar ketiga secara keseluruhan, setelah gurun dingin Antartika dan Arktik. Gurun ini merupakan salah satu lingkungan paling ekstrim di Bumi. Wilayahnya meliputi 3,6 juta mil persegi alias 9,4 juta kilometer persegi, wilayah tersebut setara dengan Amerika Serikat termasuk Alaska dan Hawai, atau hampir sepertiga Benua Afrika.

Lihat Juga: Bumi Berputar Lebih Cepat, Apa Dampaknya Bagi Kehidupan?

Sahara sendiri berasal dari Bahasa Arab ‘ahra’ yang artinya gurun. Gurun satu ini berbatasan dengan Laut Mediterania (utara), Sabana Sahel (selatan), Samudra Atlantik (barat) dan Laut Merah (timur).

Tentang Gurun Sahara

Gurun Sahara masuk ke dalam 10 negara, yakni Aljazair, Chad, Libya, Mali, Mauritania, Maroko, Mesir, Niger, Sudan dan Tunisia. Gurun ini mempunyai fitur daratan, tetapi yang paling populer adalah padang pasir yang kerap ditampilkan dalam film.

Bukit pasir di gurun ini dapat mencapai hampir 183 meter serta menutupi 25% dari keseluruhan wilayahnya. Emi Koussi merupakan gurun berapi di Chad yang telah punah, merupakan titik tertinggi di Sahara dengan ketinggian 22.204 kaki atau 3.415 mdpl.

Lihat Juga: Ngerinya Perubahan Iklim yang Ditampilkan Google Doodle untuk Peringati Hari Bumi 2022

Sementara Qattara Depression yang berada di barat laut Mesir merupakan titik terendahnya, pada 436 kaki atau 133 meter di bawah permukaan laut.

Meski sumber air sangat langka, namun Gurun Sahara mempunyai dua sungai permanen, yaitu Sungai Niger dan Nil. Selain itu, terdapat 20 danau musiman dan akuifer yang menjadi sumber air utama untuk lebih dari 90 oasis di seluruh wilayah. Terlepas dari kondisinya yang gersang dan keras, banyak spesies flora maupun fauna yang tinggal di sini.

Setidaknya ada 500 jenis tanaman, 70 spesies mamalia, 90 spesies burung, 100 spesies reptil, laba-laba, artropoda dan kalajengking hidup di tempat ini. Unta menjadi salah satu hewan paling ikonik di Gurun Sahara.

Hewan ini dikenal sebagai kapal gurun karena kemampuan adaptasinya di lingkungan yang gersang dan panas. Punuk di punggungnya mampu menyimpan lemak yang dapat digunakan untuk hidrasi dan energi di antara waktu makan. Sehingga, mereka mampu bertahan lebih dari seminggu tanpa air, bahkan beberapa bulan tanpa makan.

Lihat Juga: Berapa Jarak Matahari ke Bumi?

Sementara spesies tanaman di sini sudah beradaptasi dengan lingkungan kering. Akar tumbuhan dapat mencapai jauh ke dalam tanah untuk menemukan sumber air. Sedangkan daunnya berbentuk duri yang berguna untuk meminimalisir menguapnya kelembaban. Menarik sekali bukan?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top