Life

Ternyata Kancing Baju Pria Dan Wanita Berbeda Sisi, Ini Alasannya!

Ternyata Kancing Baju Pria Dan Wanita Berbeda Sisi, Ini Alasannya!

Pernahkah kamu memperhatikan letak kancing baju pria dan wanita khususnya kemeja yang ternyata berbeda sisi ini? Sepertinya tak banyak orang menyadari perbedaan tersebut kecuali penjahit tentunya. Ya, kancing baju pria dan wanita memang berbeda sisi, kancing baju pria terletak di sisi kanan baju, sedangkan kancing baju wanita terletak di sisi kiri baju.

Bukan berarti pria lebih banyak beraktivitas dengan tangan kanan dan wanita bertangan kidal, lho. Namun berdasarkan sejarah, ditemukan beberapa teori yang menyebutkan alasan perbedaan letak kancing ini. Penasaran apa alasannya? Simak beberapa teori berikut ini ya.

1. Teori pertama – masa Renaissance dan Victorian di Eropa

Berabad-abad lalu, tepatnya pada masa Renaissance dan Victorian di Eropa, baik pria dan wanita memakai pakaian yang lebih rumit dari masa sekarang. Umumnya pada masa itu, para pria menggunakan rompi, pantalon, jaket wol dan penutup kaki (gaiter). Sedangkan wanita memakai pakaian yang jauh lebih rumit daripada pria karena pada masa itu wanita wajib mengenakan pakaian berlapis-lapis termasuk korset, bustle, rok dalam dan gaun.

Tak heran jika di jaman itu, khususnya untuk kelas sosial menengah dan atas, para pria mampu mengenakan pakaian sendiri sedangkan wanita tidak. Wanita dibantu pembantu atau dayang-dayangnya yang membutuhkan lebih dari 1 jam untuk memakaikan baju yang sangat rumit tersebut. Nah, karena pria tidak dibantu orang lain dalam mengenakan pakaian, maka letak kancing kemeja atau bajunya tidak perlu dibalik. Sedangkan wanita harus berbeda letaknya.

2. Teori kedua – masa pria mengenakan pakaian perang

Teori kedua menyatakan bahwa awalnya kancing baju pria dan wanita sama-sama terletak di sebelah kiri. Namun pada abad pertengahan, pria harus melakukan adu senjata dengan baju perang yang kancingnya terletak di sebelah kiri. Padahal mereka harus bergerak cepat dan mengambil senjata yang terletak pada pinggang sebelah kiri, dengan tangan kanannya yang harus membuka kancing terlebih dahulu. Tentunya hal ini sangat menyulitkan.

Untuk itu agar memudahkan para pria pada masa perang, diubahlah letak kancing baju pria pada sisi kanan, agar tangan kiri mereka dapat membuka baju dengan mudah sedangkan tangan kanannya mengambil senjata.

3. Teori ketiga – wanita menyusui bayinya

Teori ketiga menyebutkan bahwa alasan kancing berbeda sisi ini adalah karena wanita menyusui bayinya. Wanita cenderung menggendong bayi di sisi kiri. Dengan letak kancing baju yang digunakan wanita seperti sekarang ini, tentu akan memudahkan mereka menyusui bayi dan tetap dapat membuat tangan mereka aktif bergerak. Selain itu juga memudahkan mereka membuka dan menutup baju ketika menyusui bayinya di tempat umum.

Nah sekarang kamu tahu kan mengapa kancing baju atau kemeja pria dan wanita letaknya berbeda sisi. Banyak juga yang menggunakan letak kancing ini sebagai penanda apakah kemeja tersebut milik pria atau wanita. Selain kancing, untuk kemeja juga dapat dilihat pada jahitan di bagian belakang punggung, yang biasanya pada wanita dapat memberikan kesan langsing.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top