Life

Tidak Pernah Mendapatkan Tawaran Pekerjaan, Mungkin Anda Kurang Berterima Kasih

Selama ini kebanyakan orang, termasuk Anda, pasti berfikir bahwa setelah interview pekerjaan selesai maka itu adalah akhir dari sebuah proses melamar pekerjaan, sisanya Anda tinggal duduk dan menunggu dihubungi kembali untuk menerima jawaban apakah Anda diterima atau tidak pada posisi yang Anda lamar.

Tapi tahukan Anda, bahwa sebenarnya masih ada satu langkah lagi yang tersedia tapi jarang dimanfaatkan oleh kebanyakan orang yang mungkin justru dapat membuat Anda memenangkan posisi yang Anda lamar yaitu sebuah email ucapan terima kasih.

Seberapa Pentingnya Email Ucapan Terima Kasih?

Seberapa Pentingnya Email Ucapan Terima Kasih?

Dalam bukunya yang berjudul How to Write Better Resumes and Cover Letters, Patricia K. Cricito menyebutkan bahwa berdasarkan survey hanya sekitar 20% dari para pelamar sempat memikirkan untuk menulis email ucapan terima kasih setelah proses interview. Dengan kata lain, kebayakan para pelamar melewatkan kesempatan yang mungkin juga merupakan sebuah senjata rahasia yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka.

Sebuah email ucapan terima kasih yang ditulis dengan seksama tidak hanya menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang memiliki kepribadian yang baik tapi email tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai kesempatan untuk lebih memperkenalkan diri Anda dengan lebih baik, kesempatan untuk mengatakan hal-hal yang menurut Anda penting untuk disampaikan tapi tidak sempat Anda sampaikan pada saat interview. Yang lebih penting lagi, email ucapan terima kasih yang Anda tulis juga bisa membantu mengingatkan orang yang menginterview Anda tentang keberadaan Anda, terutama ketika Anda telah meninggalkan kesan yang baik dimata mereka.

Seberapa Pentingnya Email Ucapan Terima Kasih

Hal-hal yang Harus Ada dan yang Tidak Boleh Ada pada Email Ucapan Terima Kasih

Email ucapan terima kasih memang bisa membantu Anda untuk memenangkan posisi yang Anda inginkan tapi bukan berarti Anda boleh menulis apapun yang menurut Anda tidak sempat Anda samapaikan saat interview. Orang yang menginterview Anda juga berurusan dengan banyak pelamar setiap harinya jadi pastikan email tersebut cukup singkat tapi memiliki poin-poin yang dapat mengingatkan mereka pada Anda. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menulis email ucapan terima kasih:

  • Selalu mulai email dengan ucapan ‘Terima Kasih’ terutama pada subjek email sehingga jelas apa isi email tersebur sebenarnya. Jika tanpa subjek email yang jelas, ditakutkan email tersebut justru langsung masuk ke spam atau justru di delete oleh si pemilik email karena dikira email iseng.
  • Jika ada lebih dari satu pewawancara sebaiknya kirim satu email untuk masing-masing pewawancara dan jangan mengirim satu email yang sama kepada mereka semua. Sehingga ucapan terima kasih Anda terdengar lebih tulus karena diucapkan langsung kepada masing-masing pewawancara.
  • Jangan terlalu bertele-tele tapi tetap gunakan kesempatan ini untuk mereview sedikit tentang hal paling berkesan saat interview terutama hal yang bisa memberikan kesan baik tentang Anda.
  • Penting untuk mencari tahu tentang nama, jabatan dan alamat email setiap pewawancara dan jangan sampai salah alamat email.
  • Baca ulang email yang akan Anda kirim secara seksama dan pastikan tidak ada kesalahan sama sekali termasuk typo karena hanya akan mengurangi kesan baik terhadap Anda dan hanya menggunakan bahasa formal jangan disingkat-singkat walaupun ini hanya sebuah email.

Seberapa Pentingnya Email Ucapan Terima Kasih

Satu hal lagi yang harus Anda ingat ketika mengirimkan email ucapan terima kasih adalah jangan pernah menggunakan kesempatan ini untuk mencoba memperbaiki kesalahan yang mungkin Anda lakukan saat proses wawancara. Sebaiknya, jika memang ada kesalahan yang Anda lakukan jangan disebut-sebut sama sekali dengan harapan para pewawancara ternyata lupa dengan hal tersebut tapi tergantikan dengan kesan baik yang Anda berikan lewat email ucapan terima kasih.

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Contoh Surat Lamaran Kerja, Lengkap dengan Struktur dan Teknik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top