Life

Diet Saat Puasa? Yuk Coba Tips Diet Sehat Saat Puasa Ala Ahli Gizi

tips diet saat berpuasa

Diet Saat Puasa? Yuk Coba Tips Diet Sehat Saat Puasa Ala Ahli Gizi – Memasuki pertengahan bulan puasa, bagaimana kondisi puasa kamu? Semoga lancar hingga akhir Ramadhan ya! Nah ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh membutuhkan adaptasi dengan pola makan. 

Contohnya saja ketika kita memang sebenarnya sangat jarang makan di pagi buta, baru makan lagi ketika matahari terbenam. Tentu pola makan ketika puasa perlu diperhatikan. Tak sedikit orang berpuasa yang ingin diet. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang gagal karena terlalu lahap ketika berbuka puasa. 

Nah untuk kamu yang ingin diet saat puasa, jangan khawatir akan gagal. Melalui tips dari dr. Silvia Utomo, M. Sc berikut membantu kamu yang ingin diet saat puasa. Yuk simak informasinya berikut ini. 

1. Memilih Menu Makan Sahur dengan Gizi yang Baik 

Masih ingat dengan empat sehat lima sempurna? Nampaknya rumus itu akan selalu digunakan untuk mengukur tingkat keseimbangan gizi kita. Apalagi di bulan Ramadhan ini, hitungan makan dapat dihitung dengan jari. 

Untuk itulah sangat penting bagi kita memperhatikan asupan gizi ketika sahur dan berbuka. Khusus untuk sahur, makanan sahur berpengaruh besar terhadap energi tubuh sepanjang hari. Nah jika kamu banyak melakukan aktivitas online yang berhubungan dengan kemampuan berpikir otak, pastikan makan makanan bergizi ketika sahur ya! 

Saran dari dr. Silvia kamu harus memastikan menu makan sahur mengandung protein dan asupan gizi yang seimbang. Adapun tidak lupa tablet multivitamin dan prebiotik yang berguna untuk menjaga kesehatan usus. 

2. Jangan Menjadikan Berbuka Puasa sebagai Ajang untuk Balas Dendam 

Sering terjadi di lingkungan kita kalau masanya berbuka adalah masa untuk memakan seluruh hidangan yang tersedia. Parahnya lagi, bisa jadi diri kita terlalu lahap dan tidak ingin berhenti makan sebelum kenyang. 

Hal ini dilatarbelakangi oleh waktu puasa yang kurang lebih 12 jam. Alhasil banyak dari kita yang memutuskan mengambil porsi berbuka cukup banyak, terutama pada makanan manis. Memang disarankan untuk mengonsumsi makanan manis ketika berbuka. 

Baca Juga : Makanan yang Harus Dihindari ketika Berbuka Puasa dan Sahur

Namun, kalau menurut dr. Silvia sendiri, boleh saja asalkan makanan manisnya itu berasal dari kandungan gula alami, gula rendah kalori, dan gula semut. Selain itu, saran dari ahli menekankan agar kita mengurangi konsumsi gorengan atau makanan berminyak. Sebaliknya, sangat disarankan mengonsumsi buah dan sayur yang tinggi serat. 

3. Olahraga 

Siapa yang tak kenal manfaat olahraga? Selain bisa membuat tubuh kita menjadi bugar, olahraga juga dipercaya bisa membantu melakukan diet, termasuk diet saat puasa. Sumber informasi menyebutkan bahwa olahraga dapat mengurangi intensitas sehingga tidak mengalami dehidrasi. 

Adapun kamu dianjurkan untuk berolahraga ketika menjelang berbuka puasa. Atau bisa juga setelah berbuka puasa dengan catatan kamu mengonsumsi makanan dengan gizi yang cukup setelah berbuka. 

Ingat, olahraga yang berlebihan juga tidak baik. Jadi pastikan kamu mengatur porsi olahraga ketika berpuasa ini. Jangan sampai menyiksa diri sendiri ya guys! 

4. Diet Saat Puasa, Kamu Harus Memastikan Asupan Cairan Tercukupi 

Selain menahan lapar dan dahaga, momen puasa terkenal dengan pengaturan asupan cairan dalam tubuh. Kamu pasti sudah sering menyimak tips-tips agar mampu memenuhi 8 gelas sehari meskipun dalam kondisi berpuasa. 

Saran dari dokter terkait hal ini adalah kamu bisa menerapkan metode 2-4-2. Maksudnya dua gelas ketika berbuka puasa, empat gelas di sela-sela waktu malam, sementara dua gelas disanya dikonsumsi sebelum tidur. 

Nah untuk itu, kamu juga wajib memiliki tidur yang berkualitas. Cobalah sejumlah tips tidur berkualitas. Sebab, hal tersebut sangat penting dalam menjaga metabolisme tubuh. 

Nah itulah sejumlah tips diet saat puasa dari dr. Silvia. Kalau kamu memiliki tips lain, bisa ditambahkan di kolom komentar ya! 

To Top