Life

Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Tidak Bau Dan Tahan Lama

Tips Menyimpan Daging Kurban

Hari Raya Idul Adha selalu identik dengan daging kurban, di mana masyarakat mendapat beberapa kilogram daging untuk diolah. Terkait dengan daging kurban, tidak sedikit orang yang ingin menyimpannya lebih dulu di dalam freezer atau kulkas, untuk diolah beberapa hari kemudian. Tetapi, dalam menyimpan daging kurban, ketahui dulu agar daging lebih awet dan tidak berbau walau sudah disimpan di dalam kulkas maupun freezer selama beberapa hari.

1. Jangan Mencucui Daging

Sebelum menyimpannya di kulkas sebaiknya daging jangan dicuci lebih dulu. Sebab proses pencucian bakal menimbulkan bau tak sedap di dalam daging semakin kuat. Selain itu, air juga akan meresap ke dalam serat daging dan akan membuatnya menjadi rusak. Hal ini menyebabkan kualitas daging jadi menurun.

2. Potong Sesuai Jumlah Konsumsi

sebelum memasukkannya ke dalam pendingin, potong-potong daging lebih dulu sesuai ukuran konsumsi dalam satu hari. Tujuannya yaitu untuk memudahkan pencairan daging yang telah membeku. Selain itu, cara ini juga akan menghemat tempat penyimpanan di dalam lemari pendingin.

Lihat Juga: Cara Mengolah Daging Kurban Agar Aman dan Sehat

3. Masukkan Ke Wadah Kedap Udara

Cara menyimpan daging kurban selanjutnya yaitu dengan memasukkannya ke dalam wadah kedap udara sebelum disimpan di dalam kulkas atau freezer. Pastikan, wadah kedap udara yang digunakan aman untuk makanan (food grade).

4. Bekukan Daging Kurban Di Suhu -18 Derajat Celcius

Supaya semakin tahan lama, simpan daging kurban di dalam freezer kulkas dengan suhu -18 derajat Celcius. Di suhu ini daging akan membeku sekaligus bakteri juga akan tertidur. Karena dalam keadaan beku, bakteri yang ada did aging tak akan bereaksi, sehingga daging juga akan awet secara alami.

Lihat Juga: Anti-Maintstream! Ini Ide Olahan Daging Kurban Simple, Mudah Dan Enak

5. Pindahkan Ke Kulkas Yang Bersuhu Lebih Dingin

Apabila ingin mengolah daging yang sebelumnya telah dibekukan, jangan dulu mencairkannya di suhu ruangan. Karena, jika daging telah bersentuhan dengan udara luar, maka bakteri yang ada di sekitarnya akan mulai berinteraksi dengan daging. Jadi pindahkan daging dari freezer ke rak kulkas yang khusus menyimpan daging. Dengan begitu daging yang beku akan mencair dengan sendirinya namun tidak menghilangkan suhu dinginnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top