Life

Tips Naik Pesawat Untuk First Flight Aman dan Nyaman

Tips Naik Pesawat Untuk Anda yang Baru Pertama Mencoba

This post is also available in: English

Apakah Anda pernah bepergian naik pesawat? Kabar kecelakaan jasa penerbangan di Indonesia kembali terjadi pada Sabtu (09/01) kemarin. Ya, penerbangan Sriwijaya Air tujuan Jakarta-Pontianak mengalami kecelakaan dan jatuh pada Pulau Lancang, Kep. Seribu.

Rombongan tersebut membawa 53 orang dewasa, 5 anak-anak dan 1 penumpang bayi. Kejadian ini tentu dapat menimbulkan rasa takut ketika kita ingin naik pesawat. Terutama bagi orang yang baru pertama akan menggunakan jasa penerbangan. Namun, Anda tak perlu khawatir. Simak beberapa tips berikut agar perjalanan Anda lebih siap dan tenang.

Pertama Kali Menggunakan Jasa Penerbangan?

Tentu saja, bagi sebagian orang, perjalanan udara sangat umum, tetapi bagaimana jika ini adalah pengalaman pertama Anda? Pengalaman pertama akan mengingatkan Anda tentang banyak hal, seperti cara memesan tiket, apa yang harus Anda lakukan saat check-in bandara, cara menyimpan barang bawaan, dan lain sebagainya.

Karena ini adalah pengalaman pertama Anda, Anda pasti membutuhkan panduan praktis dan lengkap untuk mempelajari cara naik pesawat untuk pertama kalinya. Untuk tujuan ini, kami mengumpulkan semua informasi penting yang Anda butuhkan pada satu tempat.

Apa Saja yang Harus Disiapkan Sebelum Naik Pesawat?

Persiapan yang Anda buat akan menentukan apakah perjalanan masa depan Anda dapat berjalan dengan lancar. Persiapan termasuk membaca panduan tentang cara naik pesawat untuk pertama kalinya. Dengan cara ini, Anda tidak perlu bingung harus pergi ke terminal mana. Anda tidak perlu menebak berapa banyak jatah bagasi gratis yang diizinkan maskapai, dan sebagainya. Sebelum keberangkatan, harap perhatikan hal-hal berikut:

1. Pemesanan Tiket Lebih Mudah Melalui App

Pemesanan Tiket Lebih Mudah Melalui App
Pemesanan Tiket Lebih Mudah Melalui App

Tiket kertas mudah hilang atau terselip. Jika ini terjadi, Anda akan mendapat masalah sebelum berangkat. Dengan aplikasi, Anda tidak perlu mencetak tiket karena sudah menjadi tiket elektronik yang tersimpan di aplikasi Anda dan hanya akan ditampilkan saat check-in. Selain itu, banyak pula promo menarik yang hanya berlaku untuk pengguna App.

Anda harus mengunduh aplikasi di smartphone versi Android atau iOS terlebih dahulu, kemudian memesan penerbangan aplikasi tersebut.

2. Perhatikan Peraturan Bagasi Sebelum Naik Pesawat

Setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan mengenai jatah bagasi gratis. Ini penting bagi Anda untuk mencegah Anda membayar ekstra untuk barang bawaan yang berat.

Nyatanya, ada cara yang lebih praktis untuk mengetahui jatah bagasi gratis masing-masing maskapai. Di halaman pencarian, pilih salah satu penerbangan yang diinginkan, geser kotak ke kiri hingga informasi “Detail” muncul di paling kanan, lalu klik deskripsi untuk melihat detail penerbangan.

Deskripsi tersebut berisi informasi tentang harga, nomor penerbangan, bandara keberangkatan dan tujuan, dan jatah bagasi gratis.

3. Pastikan Anda Ingat Terminal Keberangkatan Anda

Informasi tentang terminal keberangkatan Anda dapat dilihat di e-tiket yang diterbitkan. Untuk bandara kecil dengan hanya satu terminal take-off dan landing, Anda memang tidak perlu khawatir. Jika Anda harus berangkat dari bandara dengan banyak terminal, situasinya akan berbeda.

Hari Keberangkatan Naik Pesawat Telah Tiba. Apa yang Harus Anda Lakukan?

Hari Keberangkatan Naik Pesawat Telah Tiba. Apa yang Harus Anda Lakukan?
Hari Keberangkatan Naik Pesawat Telah Tiba. Apa yang Harus Anda Lakukan?

Setelah semua persiapan selesai, hari pemberangkatan sudah tiba! Merasa tegang? Tentu saja, tapi yakinlah dan tetap tenang. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan pada hari keberangkatan.

1. Tiba di Bandara Lebih Awal

Untuk menghindari hal-hal yang tidak perlu, seperti keterlambatan check-in di bandara atau ketinggalan penerbangan, sebaiknya Anda tiba satu atau dua jam sebelum jadwal penerbangan.

Agar perjalanan bandara Anda semakin nyaman, tak ada salahnya memesan layanan antar jemput bandara beberapa hari lalu.

2. Siapkan E-tiket dan KTP untuk Pemeriksaan Bandara

Saat check-in di bandara, sistem akan meminta Anda untuk menunjukkan tiket dan ID yang valid, yang mungkin termasuk ID, SIM, atau paspor.

Untuk tiketnya, Anda cukup menunjukkan e-tiket yang tersimpan di App kepada petugas check-in tanpa harus mencetaknya. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menyimpan KTP dan smartphone Anda di tempat yang mudah dijangkau.

3. Hindari Membawa Barang Terlarang

Saat Anda memakai jasa penerbangan untuk pertama kali, Anda perlu mengetahui barang apa saja yang tidak diperbolehkan masuk ke dalam kabin. Namun mungkin masih bisa disimpan di bagasi Anda.

4. Check In Bagasi di Bandara Sebelum Naik Pesawat

Jangan membawa semua barang ke dalam kabin. Ingat, Anda memiliki jatah bagasi berdasarkan kebijakan maskapai yang Anda gunakan. Anda hanya perlu membawa satu atau dua tas duffel ke dalam kabin untuk menyimpan barang-barang penting dan berharga, seperti smartphone, perhiasan, dompet, dan lainnya.

Bagaimana jika berat bagasi Anda melebihi batas yang diperbolehkan? Anda bisa membeli bagasi tambahan dengan harga tertentu sesuai ketentuan masing-masing maskapai.

5. Penting Untuk Mengetahui Tempat Menunggu

Saat Anda check-in bandara, Anda akan mendapatkan boarding pass, yang merupakan “tiket” Anda. Boarding pass berisi informasi tentang nomor penerbangan, nomor kursi, dan nomor gerbang (pintu). Pastikan untuk menunggu pada gerbang yang benar, karena Anda hanya akan bisa masuk melalui gerbang ini nanti.

6. Saat Naik Pesawat, Ikuti Semua Peraturan

Segera setelah boarding, Anda akan diminta untuk mematikan ponsel Anda untuk menghindari gangguan pada sistem navigasi kapal udara. Selain itu, Anda akan diminta untuk mengenakan sabuk pengaman seperti yang diinstruksikan. Satu hal lagi, perhatikan demo keselamatan penerbangan yang diperagakan oleh kru.

Apa yang Harus Anda Lakukan Saat Mendarat di Bandara Tujuan?

Penerbangan Anda berjalan dengan lancar dan telah mendarat di tempat tujuan. Lantas, apa yang harus dilakukan berikutnya?

Jangan Menyalakan Telepon Anda Saat Naik Pesawat

Tidaklah mengherankan jika bertemu penumpang lain yang langsung menghidupkan ponselnya setelah mendarat. Padahal, meski kapal udara sudah mendarat, sinyal ponsel bisa mengganggu komunikasi antara pilot dan pengatur lalu lintas udara bandara. Inilah mengapa awak maskapai selalu meminta penumpang untuk menghidupkan ponselnya begitu mereka tiba di gedung bandara.

Mengambil Barang Bawaan Anda Dari Bagasi

Mengambil Barang Bawaan Anda Dari Bagasi
Mengambil Barang Bawaan Anda Dari Bagasi

Periksa dengan cermat nomor bagasi yang diberikan pada Anda. Nomor ini berupa stiker yang biasanya ditempel di boarding pass Anda. Jangan lupa untuk menghitung jumlah koper atau barang lain yang Anda tinggalkan sebelumnya untuk memastikan tidak ada yang tersisa.

Jika Anda tidak meninggalkan barang-barang Anda di luar saat check-in di bandara, Anda bebas pergi tanpa berhenti untuk mengambil bagasi.

Baca Juga : Takut Naik Pesawat? Atasi Dengan 5 Tips Ini

Ini adalah panduan tentang apa yang perlu Anda perhatikan saat naik pesawat untuk pertama kali. Penting juga untuk tidak panik atau bertanya dengan canggung kepada staf bandara jika Anda tidak mengerti. Selamat jalan!

To Top