Life

Tips Seru Membuat Ramadhan Tetap Produktif Meski Masih Di Rumah Saja

tips Ramadhan tetap produktif

Tips Ramadhan Tetap Produktif – Menyambut bulan Ramadhan kedua di masa pandemi tentu menjadi suasana yang masih sedikit berbeda. Namun, Ramadhan tahun ini sudah lebih baik daripada tahun kemarin. Contohnya saja kalian sudah diperbolehkan sholat tarawih berjamaah bukan? 

Nah soal ibadah mungkin sudah tidak menjadi masalah. Sebab, secara lingkungan kita sudah lebih kondusif dan mendukung. Akan tetapi, tantangan yang sering dihadapi para sobat muslim adalah membuat Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. 

Belajar dan bekerja selama berpuasa pasti menjadi tantangan tersendiri. Selain diharuskan menahan lapar dan dahaga, kita juga mesti menahan emosi dan menjadikan diri lebih berenergi. 

Nah kami punya sejumlah tips seru untuk membuat Ramadhan tetap produktif. Hal ini sangat penting untuk menumbuhkan motivasi kamu dalam beraktivitas selama Ramadhan. Ingat, bulan Ramadhan jangan dijadikan alasan untuk malas ya, yuk simak! 

1. Tuliskan Apa yang Ingin Kamu Capai di Bulan Ramadhan 

Pertama, untuk meningkatkan produktivitas kamu selama Ramadhan, kamu harus tahu goal apa yang ingin kamu capai. Sebaiknya kamu menyusun goal tersebut untuk 30 hari ke depan. Hal tersebut nantinya kamu gunakan sebagai pedoman dalam menjalani Ramadhan. 

Maksudnya dengan menetapkan target tersebut, kamu cenderung akan terpicu untuk berorientasi kepada targetmu. Selanjutnya kamu pun dapat menyusun langkah-langkah untuk mencapai target tersebut. 

Dengan memiliki rencana yang terstruktur, kamu bisa terus fokus dengan apa yang kamu kerjakan. Alhasil kamu pun bersemangat karena ada tujuan yang ingin kamu capai. Intinya berorientasi dengan goal ya! 

2. Tidur Tepat Waktu 

Ramadhan identik dengan bangun pagi untuk sahur. Sebagian besar dari kita merupakan tipe orang yang susah bangun pagi. Alhasil, ketika bulan Ramadhan tiba, adaptasi untuk bangun pagi harus segera dilakukan. 

Nah salah satu cara agar kamu bisa bangun pagi adalah tidur tepat waktu, maksimal pukul 10 malam. Ketika kamu tidur tepat waktu, tubuhmu cenderung sudah siap jika harus bangun lebih awal. 

Dengan begitu akhirnya kamu bisa mengawali hari dengan fresh. Hal ini sangat penting karena berpengaruh pada mood kamu selama seharian lho! Yuk biasakan bangun pagi untuk memulai produktivitasmu. 

3. Mengatur Pola Makan Sahur dan Berbuka 

Adakah hubungan antara nutrisi dengan produktivitas? Jawabannya jelas ada. Seseorang yang produktif selalu didukung dengan asupan gizi yang cukup. Begitu pun sebaliknya, mereka yang dalam kondisi lapar dan belum mendapat asupan gizi, kondisi tubuhnya akan cenderung lemas. 

Alhasil orang tersebut mudah bosan dan lebih sering bermalas-malasan. Tentu saja hal ini perlu dihindari jika kamu memang benar-benar mau menjadi produktif. Caranya pertama kamu harus memenuhi kebutuhan gizimu. Ketika bulan puasa, penuhilah gizi tersebut ketika sahur dan berbuka. 

Hal itu sangat penting dalam menunjang hari-harimu. Terutama ketika sahur, kamu harus memastikan sahur dengan porsi yang cukup. Meskipun harus memenuhi kebutuhan gizi, hal ini tidak berarti berlebihan ya. 

4. Berhenti Makan Sebelum Kenyang 

Prinsip ini pasti sudah pernah kamu dengar. Seperti yang disebutkan pada bagian sebelumnya, kamu harus memiliki cukup nutrisi. Alasannya cukup sederhana, kamu tentu tidak akan menyantap semua hidangan di meja makan bukan? 

Untuk itu, kamu harus mengenal kata “cukup” selama bulan Ramadhan. Nah bagi kamu yang sedang mengonsumsi obat, perhatikan juga takaran dan waktu minumnya. Kalau misal dirasa obat tersebut mengandung rasa kantuk, pastikan kamu minum pada waktu yang tepat. 

Oh ya untuk memenuhi kebutuhan gizi kamu bisa mengombinasikan bahan pangan. Intinya jangan berlebihan ya! Mungkin kamu pernah melihat orang yang kekenyangan akan sulit bergerak. Dari sinilah rasa malas itu muncul. Nah artinya kamu harus memperhatikan materi kelas dengan baik ya! 

5. Biar Nggak Bosan Selama Pandemi, Coba Aktivitas LainYuk! 

Situasi pekerjaan yang berubah-ubah dan tidak menentu membuat para pekerja merasa bosan. Karena hal inilah produktivitas kamu akan tergganggu. Lebih lagi jika kamu merupakan tipe orang yang butuh suasana baru ketika bekerja. 

Nah kalau kamu mau situasi baru, kamu bisa mencoba mencari aktivitas tambahan. Misalnya saja berbincang dengan rekan kerja secara virtual, menonton TV atau video inspiratif dari YouTube. Biasanya hal-hal tersebut bisa menjadi obat rasa bosanmu. 

Satu lagi, agar hidupmu seimbang, jangan coba-coba mengerjakan urusan atau tugas ketika kamu sedang waktunya istirahat. Itu namanya tidak tepat. Manfaatkanlah waktu istirahatmu dengan mengambil rehat sejenak. Kamu bisa berjalan-jalan hingga melakukan hobi kecilmu yang sempat tertunda karena kesibukan. 

6. Jangan Lupa Selalu Jaga Kesehatan 

Sebenarnya poin ini harusnya menjadi bahasan pertama. Namun secara teori, ilmu mengenai manajemen kesehatan tidak sering disampaikan oleh dosen perguruan tinggi. Meskipun demikian, kita harus sadar bahwa masa sekarang masih pandemi. 

Untuk menjaga kesehatan selama pandai-pandainya kita dalam mengatur keseimbangan kegiatan. Sebab, dalam masa berpuasa, tubuh akan beradaptasi dengan internal kamu, yaitu apa yang dimakan ketika sahur. 

Menahan lapar selama dua belas jam lebih pasti menyita cukup banyak energimu. Untuk itu sangat dibutuhkan performa yang prima, yakni dilakukan dengan menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan. 

Nah itulah enam tips seru membuat Ramadhan tetap produktif. Yuk jadikan Ramadhan kamu tahun ini sebagai upaya meningkatkan iman, produktivitas, dan pengembangan skill. Dengan pembentukan habit produktif selama 30 hari tersebut, harapannya kamu bisa terus konsisten meskipun Ramaadhan sudah berakhir. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top