Life

Tradisi Unik Di Belahan Negara Lain Saat Hari Valentine

tradisi valentine di negara laib

This post is also available in: English

Tradisi hari valentine seperti tukar kado, memberi bunga, memberi cokelat, dinner date, dan lainnya mungkin sudah biasa dilakukan saat hari Valentine termasuk di Indonesia. Namun, di beberapa negara lain, hari valentine tidak hanya sekedar memberikan cokelat atau melakukan hal-hal romantis lainnya, tetapi ada kegiatan-kegiatan tertentu yang sudah menjadi tradisi di negara tersebut saat perayaan valentine tiba.

Beberapa tradisi yang ada di negara lain dinilai cukup unik karena berbeda dengan tradisi saat Valentine di Indonesia.

Kira-kira, apa saja tradisi unik yang biasa di lakukan di berbagai negara lain saat Valentine’s Day atau yang dikenal sebagai hari kasih sayang ini? yuk intip ulasannya di bawah ini.

Hari valentine disimbolkan babi (Jerman)

Hari valentine disimbolkan babi (Jerman)
Gantungan kunci berbentuk babi

Biasanya hari Valentine disimbolkan dengan lambang “hati”. Namun di negara Jerman, kalian akan menemukan sebuah nuansa unik saat Valentine. Jika kalian merayakan hari Valentine di negara Jerman, maka akan banyak ditemukan pernak-pernik Valentine yang berhubungan dengan babi.

Babi dipercaya melambangkan keberuntungan dan nafsu di Jerman sehingga saat Valentine tiba, umumnya masyarakat German akan menerima banyak hadiah yang bersimbolkan babi seperti cokelat berbentuk babi, pernak-pernik babi hingga kartu ucapan dengan gambar babi.

Pemberian bunga Anggrek kepada pasangan di Peru

Pemberian bunga Anggrek kepada pasangan di Peru
Bunga anggrek sebagai hadiah Valentine di Peru

Bunga mawar adalah salah satu jenis bunga yang biasa digunakan sebagai hadiah saat merayakan Valentine. Hal itu berbeda dengan bunga yang digunakan sebagai hadiah di sebuah negara di Amerika Selatan bagian barat yaitu Peru.

Bunga anggrek adalah jenis bunga yang digunakan sebagai hadiah valentine untuk pasangannya di negara Peru.

Kepercayaan bahwa bangun lebih pagi di hari Valentine akan bisa melihat jodoh (Italia)

bangun lebih pagi di hari Valentine akan bisa melihat jodoh (Italia)

Saat hari Valentine tiba, tradisi yang dilakukan di negara Italia bisa dibilang sangat unik. Pasalnya, masyarakat Italia percaya bahwa jika para perempuan lajang bangun lebih pagi, maka mereka dapat melihat jodoh mereka.

Ada sebuah kepercayaan bahwa laki-laki pertama yang dilihat oleh seorang perempuan di hari Valentine, maka itulah orang yang akan menikah dengannya dalam waktu setahun.

Tradisi menyimpan daun di bantal bisa bertemu dengan jodoh (Inggris)

Tradisi menyimpan daun di bantal bisa bertemu dengan jodoh (Inggris)
Foto menyimpan daun di bantal di Inggris

Di negara Inggris, ada sebuah tradisi yang biasa dilakukan khususnya untuk para perempuan lajang saat hari Valentine. Tradisi tersebut yaitu menyimpan daun di balik bantal sebelum hari kasih sayang tiba.

Saat malam hari sebelum hari Valentine, para perempuan akan meletakkan lima lembar daun salam di atas bantal mereka, satu di setiap sudut dan satu di bagian tengah bantal.

Masyarakat Inggris khususnya perempuan yang belum menikah percaya jika melakukan hal tersebut, maka mimpi mereka untuk bertemu dan menikah dengan calon suami masa depan akan segera terwujud.

Tradisi parade topeng dan busana unik saat Valentine (Guatemala, Amerika Tengah)

Tradisi parade topeng dan busana unik saat Valentine (Guatemala, Amerika Tengah)
Parade topeng dan busana saat Valentine

Di Guatemala, ada sebuah tradisi unik yang biasa dilakukan saat hari Valentine yaitu mengadakan parade di El Dia del Carino. Masyarakat yang mengikuti parade tersebut berdandan dengan topeng bulu dan busana unik yang terinspirasi dari suku Maya. Katanya, parade tersebut dilakukan sebagai bentuk pengungkapan rasa sayang seseorang kepada orang-orang sekitarnya.

Tradisi lempar buah jeruk (Malaysia)

Tradisi lempar buah jeruk (Malaysia)
Lempar jeruk saat hari valentine di Malaysia

Saat hari Valentine, ada tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat keturunan Tionghoa yang tinggal di Malaysia. Para perempuan keturuna Tionghoa akan menuliskan nomor telepon mereka di sebuah jeruk kemudian melemparkannya ke sungai. Mereka percaya bahwa dengan melakukan hal tersebut, maka akan ada seorang laki-laki yang menemukan jeruk tersebut kemudian menghubunginya.

Tradisi membuat dan minum anggur (Bulgaria)

Tradisi membuat dan minum anggur (Bulgaria)
Pasangan menikmati minuman anggur saat valentine di Bulgaria

Di negara Bulgaria, sebenarnya tanggal 14 Februari itu tidak disebut dengan hari Valentine, namun Hari Santo Trifon Zarezan yang juga dikenal dengan Hari Pembuat Anggur. Jadi, di tanggal tersebut, para pasangan yang ada di negara Bulgaria baik yang muda dan tua pun akan merayakan hari kasih sayang dengan membuat dan menikmati segelas anggur bersama-sama

Tradisi tukar bunga Snowdrops dan kirim surat jenaka saat Valentine (Denmark)

Tradisi tukar bunga Snowdrops dan kirim surat jenaka saat Valentine (Denmark)
Gaekkebrev (surat jenaka) dan bunga snowdrop

Jika di Indonesia lebih banyak menggunakan bunga mawar sebagai hadiah untuk pasangannya, maka di Denmark justru menggunakan bunga putih Snowdrop untuk diberikan kepadanya pasangannya. Tidak hanya itu, pada hari Valentine, para pria Denmark juga mengirimkan Gaekkebrev.

Gaekkebrev adalah sebuah surat yang berisikan puisi jenaka yang ditulis di atas kertas potong berpola kemudian di tandatangani hanya dengan titik-titik tanpa nama. Nantinya, para wanita yang mendapatkan surat tersebut akan menebak siapa si pengirim surat. Jika terbakannya benar, maka wanita tersebut akan mendapatkan telur paskah di tahun yang sama.

Tradisi memberikan dua jenis coklat di hari Valentine (Jepang)

Tradisi memberikan dua jenis coklat di hari Valentine (Jepang)
Cokelat sebagai hadiah valentine di Jepang

Di Jepang, hari Valentine bisa dibilang hari milik perempuan. Pasalnya, di hari kasih sayang tersebut, para perempuan akan membagikan dua jenis cokelat. Yang pertama, Choco Giri untuk dibagikan ke sahabat dan kolega. Kedua, Honmei Choco diberikan kepada kekasih tercintanya.

Tradisi memasang gembok cinta (Paris)

Tradisi memasang gembok cinta (Paris)
Foto pasang gembok dan lempar kunci sebagai tradisi valentine di Paris

Di Paris tepat saat hari Valentine tiba, banyak masyarakat yang datang berkunjung ke Ponts des Arts untuk memasang gembok cinta di jembatan kemudian membuang kuncinya ke sungai Seine.

Hingga saat ini pun, tradisi tersebut masih dilakukan oleh masyarakat negara Paris, bahkan para turis yang berkunjung ke sana pun juga melakukan hal yang sama.

Hari valentine dirayakan tiga kali di setiap tanggal 14 mulai dari bulan Februari sampai April (Korea Selatan)

Hari valentine dirayakan tiga kali di setiap tanggal 14 mulai dari bulan Februari sampai April (Korea Selatan)
Foto Jajangmyeon

Di Korea Selatan, perayaan hari valentine dirayakan mulai dari bulan Februari hingga April di setiap tanggal 14. Di tanggal 14 Februari, para perempuan lebih dulu memberikan cokelat atau kado kepada pasangan mereka. Kemudian para pria akan membalasnya dengan memberikan barang yang disukai pasangannya pada tanggal 14 Maret atau yang dikenal dengan White Day.

Nah sedangkan di tanggal 14 April, giliran pria atau wanita lajang yang merayakan Valentine. Hari valentine bagi para jomblo disebut dengan Black Day.

Biasanya mereka akan merayakannya dengan memakan jajangmyeon, mie yang dicampur dengan pasta kacang hitam untuk meratapi status kesendirian mereka.

Tradisi mengukir sendok kayu untuk diberikan ke pasangannya (Wales)

tradisi valentine mengukir sendok kayu untuk diberikan ke pasangannya (Wales)
Foto sendok kayu yang diukir

Saat Valentine di negara Wales, masyarakat di sana bukan merayakan Saint Valentine, tetapi merayakan Saint Dwynwe atau pelindung para kekasih. Salah satu tradisi unik yang dilakukan sebagai perayaan hari tersebut adalah para laki-laki akan mengukir sendok kayu membentuk berbagai simbol yang memiliki arti berbeda-beda untuk diberikan pada pasangan yang dicintainya.

Beberapa contoh arti dari simbol yang diukir di sendok kayu seperti simbol tapal kuda melambangkan keberuntungan, roda yang melambangkan dukungan, hingga kunci sebagai simbol kunci hati seorang laki-laki.

Tradisi pernikahan massal saat Valentine (Filipina)

tradisi valentine pernikahan massal saat Valentine (Filipina)
Foto pernikahan massal sebagai tradisi valentine di Filipina

Jika negara lain umumnya bertukar kado saat Valentine, di negara Filipina justru berbeda. Para pasangan di Filipina akan langsung membawa hubungan ke jenjang lebih serius yaitu pernikahan. Ratusan pasangan akan mengadakan pesta pernikahan massal di hari Valentine. Biasanya mereka akan berkumpul untuk melaksanakan pernikahan massal di tempat umum seperti mall, lapangan hingga pusat perbelanjaan.

Uniknya, tradisi ini juga didukung oleh pemerintah setempat. Bentuk dukungan dari pemerintah yaitu dengan membayar biaya resepsi pernikahan, karangan bunga hingga kue pernikahan.

Tradisi meletakkan kertas berbentuk hati di lengan baju (Afrika Selatan)

Tradisi meletakkan kertas berbentuk hati di lengan baju (Afrika Selatan)

Di Afrika Selatan, untuk merayakan hari Valentine, para perempuan akan menulis nama pasangannya atau laki-laki yang disukainya di kertas yang berbentuk hati kemudian menempelkannya di lengan pakaian yang dikenakan di hari Valentine. Hal ini dilakukan sebagai sarana untuk mengungkapkan isi hatinya.

Baca Juga: 5 Ide Event Valentine Yang Berkesan

Wah, cukup unik juga ya tradisi-tradisi di beberapa negara di atas saat merayakan hari Valentine. Mungkin, ada salah satu yang bisa kalian jadikan inspirasi untuk merayakan hari Valentine bersama sang kekasih ataupun keluarga tercinta.  

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top