Life

Trik Ampuh Menghadapi Sebuah Hinaan

Trik Tetap Stylish Meski Bangun Kesiangan

Siapa yang tidak jengkel dengan hinaan dan cacian? Setiap orang pasti tidak suka jika dirinya merasa direndahkan atau dilecehkan begitu saja. Sekalipun teman dekat, kita tetap saja akan merasa down jika diremehkan.

Tidak jarang kalau kita menerima hinaan begitu saja dari teman dekat, karena sudah terbiasa dengan bercandaan dengan gaya tersebut. Akan tetapi, jika orang yang belum mengenal kita dengan baik kemudian dengan seenaknya menghina atau meremehkan kita, pastilah kita merasa marah, jengkel lantas membenci orang tersebut. Simpan semua rasa itu, beberapa trik menghadapi hinaan berikut akan lebih mendamaikan hatimu;

• Simpan dan Jadikan Motivasi
Ketika seseorang menghina atau meremehkan kita, lantas jangan berkecil hati. Bukan berarti semua orang memandang bahwa ‘itu’ adalah kekurangan kita. Bisa jadi, orang lain menganggapnya suatu perbedaan yang bisa dibanggakan. Berkecil hati akan semakin membuat kepercayaan diri kita hilang. So, simpan saja semua omongan orang lain yang notabenya sebuah hinaan itu di dalam hati. Kemudian jadikan perkataan mereka menjadi sebuah motivasi untuk lebih maju. Motivasi dari sebuah hinaan akan menguatkan tekad kita untuk membuktikan bahwa kita tidak seburuk apa yang mereka bicarakan.

• Santai, tidak Agresif
Mengontrol emosi memang tidaklah mudah. Akan tetapi, hal tersebut sangatlah penting, di manapun kita berada. Apalagi ketika seseorang meremehkan kita. Bersikap santai, tidak gegabah untuk balik menyerang akan menyimpulkan bahwa kita orang yang pandai mengatur emosi dan memiliki rasa percaya diri tinggi yang tidak mudah untuk digoyahkan. Sebaliknya orang yang agresif yang mengandalkan emosi ataupun fisik untuk menyerang ketika diremehkan orang lain, merupakan mereka lemah dalam pengendalian emosi serta terlalu mengambil hati omongan orang lain yang mungkin belum tentu sesuai dengan keadaan diri kita.

• Cuek, tidak memberi Alasan ataupun Membalas
Sikap cuek merupakan cara paling aman ketika menerima hinaan dari seseorang. Berdiam diri tanpa memberi alasan ataupun membalas akan membuat orang lain semakin penasaran terhadap kita. Mungkin juga, mereka akan berpikir ulang dengan perkataan yang telah mereka lontarkan. Sikap cuek bukan berarti kita acuh begitu saja. Kita tetap menyaring apa yang orang lain katakana dari sudut pandang yang berbeda. Kita perlu mengambil hal-hal penting yang berguna untuk memperbaiki diri kita.

• Selipkan Humor
Dengan humor, kita bisa mengurangi sensitifitas pada diri kita sendiri maupun orang lain. Apalagi ketika seseorang meremehkan kita, tanggapi saja dengan sedikit humor. Trik ini akan membuat kita merasa tidak direndahkan, membuat kita lebih percaya diri, meminimalisir anggapan orang bahwa kita terlalu mudah untuk dihina, dan dengan humor kita akan tangguh untuk menghadapi sebuah hinaan yang sebenarnya tidak penting.

Sedikit trik di atas bisa kalian coba ketika kalian dihina atau diremehkan orang lain. Diri kamu sendirilah yang akan menangguhkan hal tersebut. Jangan mudah berkecil hati, jaga kualitas percaya diri untuk tetap semangat berkarya dan menjadi seorang yang lebih baik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top