Life

Trik Menghasilkan Foto Yang Baik Bagi Yang Awam Ilmu Fotografi

Saat ini sudah semakin banyak orang yang menggemari fotografi sehingga klub fotografi makin menjamur sejalan dengan bertambahnya peminat. Hal ini tentunya dipicu oleh banyak hal. Bisa jadi karena sudah semakin banyak informasi mengenai fotografi yang mudah didapatkan dari internet, kamera yang semakin canggih dan cenderung relatif lebih mudah dioperasikan, dimana bahkan kamera ponsel pun saat ini sudah banyak yang dapat menghasilkan gambar yang bagus. Atau bisa jadi karena daya tarik aplikasi yang mengedepankan hasil foto yang dipamerkan, seperti misalnya Instagram, Steller, atau blog pribadi.

Namun tidak semua orang yang menginginkan foto hasil jepretannya- termasuk foto selfie- layak dipamerkan, ingin secara serius mempelajari tekhnik fotografi. Yang mereka perlukan adalah sense of art dari obyek yang akan mereka ambil disertai beberapa trik sederhana namun efektif yang memungkinkan agar hasi foto mereka lebih maksimal. Soal sense of art akan kami serahkan pada Anda, sedangkan untuk  triknya, berikut ini adalah beberapa trik sederhana agar hasil foto Anda tampak bagus

CAHAYA

Yang Anda perlukan untuk menghasilkan foto yang baik adalah cahaya. Carilah sumber cahaya yang pas sehingga dapat meng-ekspos obyek foto Anda. Sumber cahaya yang baik bisa kita ambil dari mana saja, dengan memanfaatkan cahaya matahari, cahaya lampu, atau dari lampu flash kamera kita. Apabila sudah memperoleh sumber cahaya tersebut, maka yang kita perlukan kemudian hanyalah  menentukan angle atau posisi yang tepat untuk memotret.

PEMILIHAN BUSANA

Apabila obyek utama dari foto Anda adalah diri Anda sendiri (selfie) atau orang lain, maka yang diperlukan adalah pemilihan busana yang tepat. Percaya atau tidak, baju yang dipergunakan mempengaruhi perhatian orang yang melihatnya. Jika baju yang dikenakan terlalu ‘ramai’ maka konsentrasi orang akan tertuju pada baju yang dikenakan dan bukan pada orang yang memakainya. Sebaiknya pilih baju yang membuat orang menatap namun tidak berlebihan sehingga orang akan lebih tertarik pada orang yang memakainya.

FILTER FOTO YANG TEPAT

Anda dapat bermain dengan beberapa aplikasi filter foto seperti BeautyPlus, Cymera, Snapseed atau yang lainnya  sehingga dapat menemukan hasil foto yang sesuai dengan keinginan. Atau jika Anda lebih kreatif maka Anda dapat bermain-main dengan cahaya dan sinar yang ada di sekitar tempat pengambilan gambar. Misalnya, biarkan obyek foto Anda berdiri atau ditempatkan tepat di depan dimana arah sinar matahari muncul untuk menghasilkan efek berkobar. Efek ini juga akan menghasilkan foto yang berkesan vintage.

AGAR TAMPAK MENARIK DI FOTO

Lemaskan otot terutama otot wajah jika Anda ingin foto diri Anda lebih terlihat menarik. Jika Anda berdiri di bawah sinar, maka hasil foto akan lebih menarik lagi karena akan mempertegas fitur atau ciri diri Anda. Untuk ekspresi, perhatikan foto-foto lama Anda, jika ada satu ekspresi dirasakan paling pas untuk Anda misalnya ekspresi senyuman lebar, maka gunakan ekspresi ini pada hampir di semua foto Anda.

MENGAMBIL GAMBAR DARI ARAH SEJAJAR BAHU

Ini adalah trik pengambilan foto selfie yang umum, yaitu arahkan kamera sejajar dengan bahu dan sorongkan sisi bahu yang tidak memegang kamera ke arah depan. Ini akan membuat hasil foto selfie Anda lebih bagus.

MENGIKUTI KOMPOSISI RULE OF THIRD

Rule Of Third dalam fotografi dapat diartikan merupakan panduan untuk mendapatkan foto yang lebih pas komposisinya jika ditempatkan dalam sebuah frame. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan semacam garis bantu dua garis horizontal dan vertikal sehingga seolah membagi foto menjadi sembilan bagian sehingga membantu kita dalam mengatur dalam pengambilan gambar. Aturan ini tentu saja tidak baku, namun jika membuat hasil foto menjadi lebih menarik maka tidak ada salahnya jika kita coba.

MANFAATKAN OBYEK SEKITAR ANDA

Obyek di sekitar kita dapat kita manfaatkan untuk membuat foto kita lebih cantik dan menarik. Misalnya saja saat berada di tengah keramaian orang, Anda selfie di depan kerumunan tersebut, atau saat Anda melakukan perjalanan liburan maka Anda dapat memanfaatkan pemandangan atau landmark sebuah kota untuk latar belakang foto. Cara ini membuat orang lebih lama memandangi fot Anda.

POSE TERBAIK

Mengambil foto dimana kita menatap langsung ke kamera saat ini tampak agak membosankan. Untuk menyiasatinya, coba mencondongkan kepala kita ke kiri atau kanan untuk mendapatkan hasil yang lebih berbeda. Atau jika kita dapat meminta tolong orang lain untuk mengambil gambar kita, maka kita dapat meminta orang lain untuk mengambil gambar kita dari arah samping wajah kita  atau bahkan dari posisi belakang untuk lebih memberikan kesan berseni dan juga kesan bahwa kita adalah bagian dari lingkungan di sekitar  namun tetap istimewa.

BERKREASI

Biarpun selfie, Anda dapat mencari ide-ide unik agar foto kita tidak sama dengan yang lain. Misalnya saja, kita selfie namun mata kita tidak menatap ke kamera, atau selfie sambil melakukan kegiatan atau aktifitas yang fun, atau bisa juga selfie di tempat yang tidak biasa. Namun tentu saja sekreatif apapun kita jangan sampai melupakan faktor keamanan diri sendiri dan selalu waspada pada lingkungan sekitar.

Demikian adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan foto yang menarik. Jangan lupa untuk menjaga posisi kamera agar selalu stabil sehingga gambar yang dihasilkan tajam dan fokus.

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top