Life

Trik Pembuatan Nama Blog

Trik Pembuatan Nama Blog

Memiliki sebuah blog pribadi untuk berbagi cerita dan pengalaman memang menyenangkan. Namun yang lebih menarik lagi adalah bahwa sebuah blog dapat kita sulap menjadi materi bisnis yang menjanjikan sehingga kegiatan blogging dapat kita arahkan untuk menjadi sebuah aktifitas yang dapat menghasilkan. Sebelum Anda mulai memutuskan untuk menjadikan kegiatan ini sebagai bisnis, yang paling penting adalah  Anda pikirkan terlebih dahulu apa kiranya nama yang tepat dan sesuai bagi blog kita tersebut.

Yang paling esensial dalam nama sebuah blog adalah bahwa nama tersebut harus dapat merepresentasikan jenis usaha kita, pesan atau konten dari blog dan juga style dari tulisan di blog kita. Nama blog juga harus menarik perhatian target audience dari blog kita nantinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu untuk menentukan nama sebuah blog :

Siapkan Tesaurus

Dengan menyiapkan Tesaurus yang baik merupakan cara yang efektif untuk kegiatan ini. Tesaurus membantu kita untuk menemukan sejumlah istilah dan nama yang unik.

Cek Nama Blog Kompetitor

Ini mungkin sebuah saran yang standar, namun pada kenyataannya, dengan mengetahui nama-nama blog kompetitor justru bisa memancing inspirasi akan sebuah nama yang tepat untuk blog kita

Kombinasi Kata

Manfaatkan situs yang dapat menciptakan kombinasi kata-kata yang kemudian menciptakan sebuah nama blog, seperti wordoid.com. Ketiklah kata-kata atau nama yang ada dalam pikiran kita, maka dari situ akan tercipta sebuah nama blog. Situs ini juga dapat memberikan informasi bahwa sebuah nama sudah pernah digunakan sebelumnya atau tidak.

Mencari Inspirasi Dari Buku

Terdapat buku di luar sana yang jumlahnya tidak terhitung, dimana kata-kata yang tercantum di dalamnya dapat Anda jadikan inspirasi untuk nama sebuah blog. Temukanlah sebuah nama yang manis dan menginspirasi dari halaman-halaman buku yang Anda baca.

Manfaatkan Bahasa Asing

Anda akan memasuki pasar yang penuh persaingan, karenanya diperlukan sesuatu yang unik agar Anda akan terlihat menonjol diantara yang lain. Temukan nama blog Anda dalam Bahasa asing di dunia. Untuk keperluan ini, Anda dapat memanfaatkan google translate. Ketik sebuah kata yang Anda pilih dan coba mencari artinya dalam berbagi bahasa di dunia. Dari sini bisa jadi Anda dapat menemukan nama yang menarik dan unik untuk blog Anda.

Bermainlah Dengan Kata

Tatkala kita menemukan kata yang paling sesuai dengan yang kita mau, seringkali kita menemui kekecawaan karena nama tersebut telah terlebih dahulu digunakan orang lain. Jika Anda tetap ingin mempergunakan nama yang Anda pilih, maka siasati dengan fonem, huruf, awalan, akhiran yang pengucapannya senada dengan kata yang Anda maksud, tetapi menjadi lebih unik. Misalnya kata ‘beautiful’ menjadi ‘beautiphul’. Untuk ini Anda juga dapat memanfaatkan bantuan dari situs seperti Panabee.

Beri Sentuhan Humor

Tidak ada yang dapat mengalahkan sebuah nama blog yang dapat membuat membaca tersenyum atau bahkan tertawa. Memberikan sentuhan humor yang mampu meningkatkan kadar endorphin pembaca. Bisa jadi nama yang diberi sentuhan humor tidak terlalu cocok untuk sebuah blog professional, namun jika blog Anda memang dipersiapkan untuk konten yang jenaka dan segar, hal ini patut Anda coba.

Manfaatkan Aliterasi

Aliterasi adalah terjadinya persamaan bunyi atau huruf yang sama pada suatu kalimat. Majas ini bukan hanya dapat digunakan pada puisi saja, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk pembuatan nama blog. Dengan aliterasi, nama blog Anda bukan hanya indah tetapi juga terbaca puitis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top