Life

Viral Ujian Praktik SIM C di Indonesia Lebih Sulit Dibanding Taiwan, Ini Tipsnya Biar Lulus

Viral Ujian Praktik SIM C di Indonesia Lebih Sulit Dibanding Taiwan, Ini Tipsnya Biar Lulus

Media sosial ramai dengan perbandingan praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C di Indonesia dan Taiwan. Warganet menilai ujian praktik SIM C di Indonesia lebih sulit. Dalam video yang beredar terlihat dua kolase video memperlihatkan materi ujian praktik SIM C. terlihat trek ujian SIM di RI ada lintasan zig-zag dan bentuk angka 8.

Sedangkan, dalam postingan lain di media sosial menampilkan ujian praktik di Taiwan. Di video tersebut, pengendara yang jadi peserta uji praktik terlihat hanya melintasi jalanan lurus dan sedikit berputar.

Menanggapi hal ini, Korlantas menekankan pihaknya mengikuti aturan yang berlaku. Perkap No 9 Tahun 2012 terkait SIM. Dalam peraturan tersebut, peserta uji praktik SIM C harus melintasi rintangan yakni trek zig-zag sampai jalur angka ‘8’.

“Ini regulasinya, kita ikutin sesuai peraturan yang ada di regulasi,” kata Kasubdit SIM Korlantas Polri Kombes Djati Utomo, seperti dikutip dari detikcom, Senin (13/12/2021).

Lihat Juga: Yang Perlu Diketahui Soal Penggolongan SIM C

“Kita memiliki SIM tandanya kita juga kompeten mengemudi. Untuk mendapatka kompetensi harus latihan serta diuji. Pada akhirnya pemilik SIM jadi lebih tersaring, betul-betul orang yang kompeten mengendarai kendaraan bermotor,” sambungnya.

Tips Agar Lulus Ujian Praktik SIM

Founder dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) sekaligus Praktisi keselamatan berkendara Jusri Pulubuhu menuturkan, pemohon SIM harus meluangkan lebih banyak waktu.

“Coba luangkan waktu, datang (ke SATPAS tempat ujian SIM), pelajari tesnya. Jadi siapkan dua hari lah. Hari pertama pelajari, hari kedua ikut tes,” kata Jusri, seperti mengutip detikcom, Senin (13/12/2021).

“Kedatangan pertama dia haru mengobservasi dari tes yang diuji. Termasuk jika praktik pelajari dimensinya, jika tes tertulis dia tanya-tanya orang yang ikut itu apa saja yang diuj, caro bocoran. Jangan ujung-ujung datang,” sambungnya.

Untuk ujian praktik SIM yang berupa ujian tertulis pelajari dari berbagai sumber. Sekarang ini, banyak sumber yang menyediakan contoh-contoh soal ujian tertulis SIM.

Lihat Juga: Kini Perpanjang SIM Makin Mudah Dengan Aplikasi Online

Sedangkan untuk ujian praktik, Jusri memberikan saran perlu mempelajarinya secara langsung di lokasi pengujian. Sebab, sebelum mengikuti ujian, pemohon SIM harus melakukan observasi untuk mengetahui rintangan yang diuji.

“Pembalap saja, ingin balapan itu berapa hari sudah di sirkuit, observasi dahulu, baru latihan. Valentine dan Hamilton pun tidak berani masuk (sirkuit) Sentul langsung mengebut. Dia datang, dia observasi seluruhnya,” terang Jusri.

“Karenanya jika di luar negeri, sekolah-sekolah mengemudi itu telah menerapkan pelajaran dasar dahulu, kemudian ada materi pra-uji. Jadi begitu mereka datang sudah mengetahui soalnya semua,” imbuhnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top