Life

WFH Lebih Nyaman Dengan Aneka Tanaman Hias Ini

WFH Lebih Nyaman Dengan Tanaman Hias Ini

WFH atau work from home adalah upaya yang berhubungan dengan kebijakan pemerintah perihal pandemi Covid-19 yang semakin hari semakin parah. Pemerintah memberikan kebijakan baru untuk membatasi setiap kegiatan yang mengharuskan untuk berkontak langsung dengan orang lain.

Untuk orang-orang kantor atau para pekerja pendidik, istilah WFH bukan lagi istilah baru. Istilah itu muncul bersamaan dengan kebijakan pemerintah untuk mengurangi angka penularan Covid-19.

WFH Lebih Produktif  Dengan Tanaman Ini

WFH atau Work From Home adalah sebuah kegiatan saat Anda melakukan pekerjaan dari rumah tanpa perlu melakukannya atau bepergian ke luar. Program pemerintah ini berlaku setelah Presiden Joko Widodo dalam salah satu jumpa pers nya mengatakan bahwa mulai tanggal 15 Mei 2020, seluruh pekerjaan kantor atau urusan pendidikan harus dari rumah. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus lebih banyak.

Seiring berjalannya waktu banyak orang yang akhirnya mengeluh karena bekerja dari rumah membuat kesan tidak nyaman dan membosankan. Namun, tahukah Anda bahwa Anda bisa mengubah ruangan atau rumah Anda menjadi lebih sejuk dan nyaman sehingga pelaksanaan WFH dapat Anda kerjakan dengan baik?

Baca Juga : Jenis Tanaman Hias Bunga Yang Cantik Menawan

Salah satu faktor pendukung agar ruangan terlihat sejuk dan nyaman adalah dengan menambahkan tanaman hias yang cocok. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa menjadi pilihan untuk Anda.

1. Rubber Plant, Penghias Ruangan yang Indah

Rubber Plant atau Tanaman Karet merupakan tanaman yang berasal dari negara India. Tanaman ini mampu memberikan kelembaban pada ruangan tempat WFH. Semakin banyak daun maka produksi oksigennya akan semakin banyak. Tanaman ini juga dapat menghilangkan dan mengurangi karbon monoksida, trikloroetilen dan bahan kimia lainnya yang ada dalam ruangan.

Untuk merawatnya, Anda hanya perlu meletakkannya pada sisi ruangan yang Anda rasa terkena banyak sinar matahari. Jangan lupa untuk memberikannya air saat tanahnya sudah mengering agar ia tetap lembab.

2. Weeping Fig, Cocok Untuk Menemani WFH

Weeping Fig Tanaman hias
Weeping Fig, Cocok Untuk Menemani WFH

Masyarakat sering menyebutnya sebagai pohon beringin merupakan pohon cemara yang memiliki daun lebar. Pohon ini biasanya biasa Anda temukan pada iklim tropis atau subtropis, namun biasanya orang-orang sering menanamnya sebagai tanaman hias dalam rumah atau kantor. Pohon ini memiliki toleransi yang lumayan baik untuk kondisi ruangan yang tidak terlalu banyak menghasilkan cahaya matahari\

Weeping Fig merupakan salah satu tanaman yang populer, tanaman ini mampu meningkatkan kualitas udara sejuk dalam ruangan. Ia juga dapat membuang racun-racun berbahaya dalam ruangan seperti formaldehida, trikloroetilen dan benzena.

Untuk merawatnya Anda cukup menyirami tanaman ini secara teratur apalagi waktu musim panas yang suhunya akan lebih panas dari biasanya. Tempatkan tanaman ini dalam ruangan dengan cahaya sedang saja untuk bisa menyerap sinar matahari secara sempurna

3. Mini Palem, Hiasan Unik Kekinian

Palem merupakan tanaman yang sebenarnya berasal dari daratan Amerika Tropika. Palem merupakan tanaman yang memiliki stoma kecil yang berguna untuk menyerap karbondioksida dan kemudian memproduksi oksigen. Semakin besar permukaan daunnya, akan semakin banyak oksigen yang akan diproduksinya.

Pohon ini tidak hanya sebagai pohon hias, pohon palem juga dapat membuat semacam hutan hujan dalam ruangan yang berukuran kecil sehingga dapat membuat rumah Anda terasa lebih sejuk ketika suhu atau cuaca panas.

4. Lidah Mertua, Tanaman Kecil yang Kuat

Lidah Mertua, Tanaman hias Kecil yang Kuat
Lidah Mertua, Tanaman Kecil yang Kuat

Tanaman ini dalam bahasa ilmiahnya bernama Sansevieria merupakan tanaman hias yang memiliki tingkat kepopuleran yang tinggi. Kepopuleran mereka karena tanaman ini dapat membuat rumah tempat Anda melakukan WFH menjadi lebih rindang.

Bahkan tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang tidak banyak air serta cahaya matahari. Umumnya lidah mertua memiliki tekstur daun yang keras, tegak dengan ujung yang meruncing.

Selain menjadi tanaman hias, rupanya daunnya bisa untuk menyuburkan rambut, mengobati penyakit seperti penyakit gula, wasir bahkan hingga kanker ganas. Tumbuhan ini biasanya bermanfaat untuk menghilangkan bau bau yang tidak sedap pada perabotan rumah yang ada di ruangan tersebut.

5. Lidah Buaya, Tumbuhan Multiguna

Lidah buaya sudah menjadi tanaman yang paling umum Anda dengar. Selain manfaatnya terhadap pengobatan untuk mengatasi masalah seperti terkena gigitan serangga ataupun luka bakar pada kulit. Rupanya tanaman ini juga mempunyai manfaat untuk memberikan kelembaban pada ruangan saat WFH.

Dalam daunnya ia memiliki kadar air yang tinggi pada setiap daunnya. Kandungan air itu dapat dilepaskan menjadi uap air dingin untuk menjadi pelembab udara di ruangan tersebut. Tak sampai disitu, lidah buaya juga disinyalir dapat membantu menghilangkan benzena dan formaldehida pada udara.

Untuk perawatannya Anda hanya perlu menaruhnya pada sisi ruangan yang memiliki sinar matahari yang lumayan banyak. Anda juga dapat menyirami tanaman ini secara berkala pada bulan bulan dengan cuaca panas atau musim panas.

6. Golden Pothos, Bisa Meningkatkan Mood Saat WFH

Tanaman ini sering disebut sebagai Epipremnum aureum yang terkenal memiliki daun berbentuk hati yang cukup rimbun. Tanaman ini berasal dari daerah Polinesia Perancis. Ia terkenal karena menjadi salah satu tanaman yang dapat melembabkan udara secara ideal.

Para ilmuwan dan ahli mengatakan bahwa tanaman ini telah teruji mampu menghilangkan polusi udara yang ada di dalam ruangan seperti formaldehida, xylene, benzena dan karbon monoksida.

Ia memiliki toleransi tinggi terhadap ruangan yang memiliki cahaya redup atau kondisi air yang sedikit. Akan tetapi meskipun begitu, ia juga memiliki daun yang dianggap beracun apalagi jika ada disekitar lingkungan tropis yang invasif.

7. Lili Paris, Si Cantik yang Bikin Suasana Hangat

Lili Paris tanaman hias
Lili Paris, Si Cantik yang Bikin Suasana Hangat

Tanaman ini memiliki nama lain yaitu spider plant. Tanaman ini diketahui merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan mudahnya. Ia juga memiliki fungsi untuk menyejukan lingkungan sekitarnya. Tak hanya itu, ia juga dapat menyerap seluruh racun yang ada di dalam ruangan saat WFH.

Baca Juga : 7 Tanaman Hias Daun Yang Tahun Ini Banyak Digandrungi

Tanaman ini dapat tumbuh pada ruangan yang memiliki cahaya semi-teduh dan merawatnya dinilai mudah karena hanya perlu campuran pot yang dikeringkan dan penyiraman teratur terlebih ketika cuaca panas.

Tanaman tanaman di atas tak hanya membuat ruangan Anda terlihat indah, namun juga dapat digunakan untuk membuat kesejukan dalam ruangan. 

To Top