Life

Yuk Lihat Kepribadian Seseorang Melalui Genre Musik Favoritnya!!

Yuk Lihat Kepribadian Seseorang Melalui Genre Musik Favoritnya!!

Musik melekat untuk semua usia. Anak-anak hingga orang dewasa pun bisa merasakan kenikmatan musik favorit sesuai dengan genre masing-masing. Musik adalah suatu satu cabang seni yang menggunakan olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo sebagai sarana mengekspresikan perasaan atau emosi penciptanya. Pada umumnya musik dikenal sebagai sarana hiburan. Akan tetapi dibalik sebagai sarana hiburan, musik juga memiliki fungsi; mengiringi tarian, menjelaskan suatu perlambangan, pengiring upacara adat, ungkapan emosi hingga fungsi ekonomi yang bersifat diperdagangkan.

Hampir setiap orang mendengarkan musik setiap harinya. Sesuai dengan perkembangan budaya banyak sekali genre musik yang bermunculan. Terbukti, bahwa musik mampu mencairkan suasana, bahkan memiliki musik favorit yang sama akan mempererat hubungan para penggemarnya. Namun, benarkah bahwa genre musik merupakan cerminan kepribadian seseorang?

Menurut penelitian Professor Adrian Nort dari Heriot Watt University, Edinburgh Inggris, dia melakukan penelitian Ilmiah tentang hubungan selera musik dan kepribadian seseorang dengan melibatkan ribuan orang diseleuruh dunia. Penelitian tersebut membandingkan antara penggemar musik klasik dan musik metal, menurutnya adanya kemiripan antara kedua penggemar musik tersebut salah satunya yang paling mengejutkan adalah adanya kesamaan antara penggemar keduanya yang cenderung dan sama-sama kreatif, tenang tapi tidak outgoing.

Apa musik favoritmu? Bagaimana kepribadianmu menurut musik yang kamu sukai? Simak ulasannya sebagai berikut;

Musik Pop
Musik Pop merupakan musik yang paling banyak penggemarnya. Selain booming melalui media televisi, musik pop juga menyebar luas lewat radio. Jadi musik genre ini diterima oleh banyak kalangan. Biasanya seseorang yang menyukai musik pop memiliki daya kreatif tinggi, suka bekerja keras, cenderung konvensional, jujur dan terbuka.

• Musik Jazz
Termasuk dalam golongan ini adalah juga para penyuka musik blues atau soul music. Pecinta musik jazz tergolong pribadi yang nyentrik, berpikiran cerdas, tenang dan mempunyai harga diri tinggi.

• Musik Klasik
Pencinta musik klasik cenderung dikatakan sebagai pribadi yang tertutup, namun memiliki ketenangan yang tinggi saat menghadapi gejolak akan dirinya maupun lingkungan sekitar. Pencinta musik klasik juga memiliki kreatifitas dan mampu menjaga dirinya dengan baik.

• Musik Metal dan Rock
Penggemar musik ini memiliki ambisi yang kuat dalam mengejar impian. Biasanya orang yang menyukai musik ini memiliki sikap yang keras kepala dan susah diatur namun tegas dalam bertindak. Dan penampilan penggemar musik metal dan rock terlihat garang.

• Musik Rap dan Hip Hop
Musik ini merupakan musik yang umumnya digarap oleh keturunan Afro-Amerika. Mereka memiliki penampilan yang wah, bling-bling yang bisa menarik perhatian orang banyak. Penggemar musik ini memiliki pribadi yang ramah dan santun.

• Musik Indie
Para pemusik indie biasanya ingin menampilkan karya yang berbeda, karya dengan gayanya sendiri dan tidak terpengaruh oleh selera pasar. Penikmat musik ini tidak suka dengan pekerjaan yang terlalu menghamburkan tenaga, kurang peka, cenderung memiliki rasa cemas dan rendah diri akan tetapi, mereka memiliki kreatifitas dan kecerdasan.

• Musik Country
Musik Country memiliki lirik lagu yang bercerita tentang kesedihan patah hati. Penikmat
musik ini memiliki emosi yang stabil, pekerja keras dan outgoing.

• Musik Reggae
Penggemar musik reggae merupakan pribadi yang nyantai dan sangat nyentrik. Santai dalam artian ketika menjalani kehidupannya sehari-hari ataupun ketika sedang menghadapi masalah.

Beberapa uraian di atas merupakan sekelumit pandangan mengenai kepribadian seseorang menurut genre musik yang mereka sukai. Akan tetapi kembali kepada pribadi masing-masing, dan tidak selalu harus berpedoman dengan hal di atas. Karena dirimu sendirilah yang membentuk kepribadianmu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top