News

1 Juni Jadi Hari Libur Nasional, Ini Kata Sekjen MPR

1 Juni yang merupakan Hari Lahir Pancasila yang direncanakan menjadi Hari Libur Nasional. Ma’ruf Cahyono selaku Sekretaris Jenderal MPR mengatakan, belum ada edaran resmi dari terkait untuk keputusan bahwa tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari libur Nasional.

“Belum ada edaran resmi 1 Juni merupakan libur nasional, saya baru baca-baca saja beritanya ada di mana-mana. Tapi yang sudah pasti dan jelas 1 Juni itu merupakan peringatan Pidato Bung Karno, nanti itu akan dilaksanakan puncak acaranya pada Rabu” ujar Ma’ruf (30/5).

Ma’ruf menambahkan, “Kami ingin napak tilas tentang sejarah Bung Karno dan sekaligus memperingati pidato Bung Karno yang telah meletakan landasan untuk memperkokoh bangsa Indonesia yaitu Pancasila.”

Menurut Ma’aruf sangatlah banyak termasuk sebagai stimulus peristiwa sejarah agar masyarakat terus mengingat dan merefleksikan kembali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

“Bulan Bung Karno, 1 Juni ini menjadi satu momentum untuk melaksanakan karya nyata yang selaras dengan nilai yang kita telah sepakati bersama.” Ujarnya.

Puncak peringatan Hari Lahir Pancasila yang juga merupakan peringatan Pidato Bung Karno tahun ini akan diselenggarakan pada Rabu, 1 Juni di sekitar Gedung Merdeka, Bandung. Rencananya acara akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo yang melakukan napak tilas ke penjara Banceuy tempat Soekarno pernah dipenjara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top