News

10 Maret, Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN

9 Maret, Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Bambang Susantono menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) pada Kamis (10/3/2022). Menurut sumber, Presiden Jokowi sudah menyetujui Bambang Susanto yang memimpin IKN Nusantara nanti.

"Iya, besok (pelantikan)," kata sumber tersebut, Rabu (9/3/2022).

Sejauh ini, belum diketahui secara detail waktu pelantikan tersebut. Bambang Susantono sendiri adalah mantan Wakil Menteri Perhubungan era Kabinet Indonesia Bersatu II (2010-2014). Ia juga pernah mengisi kursi jabatan Deputi Menko Perekonomian Bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah periode 2007-2010.

Namanya mulai santer disebut sebagai calon Kepala Otorita IKN, terlebih ia juga orang nonpartai dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Jokowi pernah menyebut bahwa Kepala Otorita IKN nantinya bukanlah kader partai politik. Dia juga mengungkapkan bahwa kepala otorita tersebut memiliki latar belakang arsitek.

"Mungkin minggu ini (ditentukan), minggu depan sudah kita lantik. Nonpartai," ucap Jokowi di NasDem Tower, Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Lihat Juga: Kepala Otorita IKN Boleh Dirangkap Menteri, Efektif Tidak?

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga pernah mengatakan bahwa ibu kota negara Nusantara bakal selevel dengan provinsi yang mempunyai kekhususan. Kepala otorita yang memimpinnya akan setara dengan menteri. Kepala otorita juga diberi banyak kewenangan guna memimpin serta mensukseskan pembangunan IKN.

Jokowi Lantik Bambang Susantono, Dimana Kantor Kepala Otorita IKN?

Otorita IKN Nusantara akan bermarkas sementara di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan Jakarta selama pembangunan ibu kota baru berlangsung.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong menuturkan pemerintah bakal membentuk Sekretariat IKN. Kantor tersebut bakal ditempati oleh perwakilan kementerian maupun lembaga yang menangani pembangunan IKN.

"Ada Sekretariat IKN, lintas kementerian yang sedang disiapkan Bappenas. Di Balikpapan dan juga ada di Jakarta karena masih transisi," jelasnya melalui keterangan tertulis, Selasa (8/3/2022).

Lihat Juga: PKS Soroti Proyek IKN: Bahaya Kalau Dikebut!

Menurut perkiraan Wandi, Kepala Otorita IKN akan menempati kantor sementara dalam satu hingga dua tahun pendirian ibu kota baru. Mereka akan memiliki markas resmi usai pemindahan ibu kota negara dilangsungkan.

Ia juga menyampaikan bahwa Otorita IKN Nusantara tak akan beroperasi penuh di awal pembentukan. Hal tersebut dikarenakan perekrutan pegawai yang dilakukan bertahap.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top