News

10 Menit Di Luar Angkasa, Jeff Bezos Makin Yakin Wujudkan Wisata Ke Luar Antariksa

Wisata Luar Angkasa Jeff Bezos

Orang terkaya di bumi Jeff Bezos berhasil mengudara ke luar angkasa selama 10 menit 10 detik. Bezos meluncur sekitar 66,5 mil (107 km) di gurun Texas menggunakan roket New Shepard dari Blue Origin pada, Selasa (20/7/2021).

Penerbangan suborbital itu menjadi momen bersejarah karena mengantarkan manusia menuju era baru wisata luar angkasa. Dalam penerbangannya itu, Jeff Bezos mengajak 3 penumpang lainnya sebelum kembali di Bumi.

Ia bersama dengan saudara laki-lakinya Mark Bezos, seorang pensiunan pilot berusia 82 tahun bernama Wally Funk dan yang termuda seorang pemuda 18 tahun bernama Oliver Daemen. Oliver Daemen sendiri merupakan anak seorang pengusaha yang dibayarkan oleh ayahnya itu untuk menjadi penumpang berbayar pertama dari Blue Origin.

Dalam penerbangan ke luar angkasa itu, Jeff Bezos dan ketiga awak lainnya juga sempat merasakan sekitar 3 menit melayang pada gravitasi nol. Bezos mengungkapkan mereka sempat bermain-main dengan melemparkan permen ke udara dan menangkapnya kembali menggunakan mulut. Pria 57 tahun ini mengaku melayang pada gravitasi nol terasa sangat berbeda dari yang ia bayangkan.

“Zero-G tentu saja tidak sama dari yang saya pikirkan. Namun bergerak di kondisi begitu terasa alami, tak seperti yang saya perkirakan,” ujar Bezos.

Lihat Juga: Astronot Cina Berhasil Mendarat Diluar Angkasa, Menjadi Negara Ketiga Dunia Setelah

Selain itu, ia juga berharap Blue Origin dapat menjadi pondasi bagi generasi selanjutnya di masa depan untuk mewujudkan idenya terkait pemindahan industri berat dan merusak lingkungan ke luar angkasa. Ia juga menyadari bahwa mimpinya itu mungkin membutuhkan waktu beberapa dekade untuk terwujud.

“Jadi kita dapat menjaga planet yang layaknya permata ini seperti adanya, bukan merusaknya, yang sayangnya mungkin  bakal kita lakukan,” kata Bezos.

Didirikan pada tahun 2000 lalu, Jeff Bezos mengatakan Blue Origin merupakan penerbangan luar angkasa berawak pertama. Ini juga merupakan upaya untuk mengembangkan armada pesawat luar angkasa yang bisa digunakan lagi.

Blue Origin juga berencana untuk melakukan dua penerbangan lain tahun ini. Bezos juga mengatakan permintaan untuk melakukan penerbangan ke luar angkasa sangatlah tinggi. Diperkirakan membutuhkan biaya US$ 100 juta sebagai harga tiket sekali mengudara.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top