News

23 TKW diRekrut Menjadi PSK di Malaysia

Sebanyak 23 TKW Indonesia yang sebelumnya ingin bekerja sebagai pegawai restoran, namun kenyataan tidak berpihak pada para TKW sesudah berada di Malaysia. TKW Indonesia dipekerjakan menjadi Pekerja Seks Komersil ‘PSK’.

Para TKW Indonesia selama di Malaysia dalam satu hari diwajibkan melayani 9 konsumen pria hidung belang.

Kombes Umar Surya Fana selaku Kasubdit III, Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskim Polri mengatakan bahwa dalam proses rekrutmen 23 TKW canti tersebut melalui media sosial.

“Korban direkrut melalui media sosial, seperti wechat, bee talk, BBM, WA. Bahkan mereka juga kirim link, perekrutan dicari pelayan restoran di Malaysia,” ujar Umar (1/8).

Salah satu korban dari Jawa Barat mengaku dirinya dibuatkan passport dengan bantuan dari oknum Imigrasi DKI Jakarta.

Para TKW selanjutnya ditampung di apartemen mewah di Kelapa Gading, Jakarta Utara selama 2 Minggu kemudian mereka diberangkatkan ke Malaysia.

Umar menambahkan bahwa para TKW diminta sejumlah uang Rp. 10-15 Juta dengan dalih untuk biaya keberangkatan. Di Malaysia mereka dipekerjakan sebagai PSK, dan mereka baru di gaji setelah dua bulan bekerja.

Atas kasus ini. pihaknya mengamankan tiga orang tersangka, tersangka dikenai Tindak Pidana Perdagangan Orang ‘TPPO,

‎18 korban telah diidentifikasi oleh pihak terkait dan dalam proses pemulangan ke tanah air, empat orang lainnya masih dalam pencarian korban.

Ketiga tersangka dikenai dengan undang-undang Tindak Pidana Perdagangan Orang Pasal 4 UU RI No.21 tahun 2007 dan Pasal 102 ayat 1 huruf A UU No 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja di Luar Negeri, dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top