News

3 Parpol Disebut Ingin Gabung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, Siapa Saja?

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebut ada tiga partai yang saat ini sedang menjalin komunikasi untuk bergabung dengan koalisi PKB dan Gerindra. Kedua partai ini diketahui membentuk koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Ia mengatakan ketiga partai tersebut adalah Demokrat, Golkar dan PKS. Namun, ia belum bisa memastikan apakah keinginan tiga partai itu disampaikan secara serius.

“Sejauh yang saya dengar ada Demokrat, dengarnya ada Golkar, ada PKS tapi ini semua masih komunikasi ya, mungkin sambil di guyonan,” ujar Daniel kepada awak media di kompleks parlemen, Selasa (16/8/2022).

PKS dan Demokrat memang belum memastikan berkoalisi dengan partai politik (parpol) lain meski terus melakukan komunikasi politik. Sementara Golkar diketahui sudah mendeklarasikan diri dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PAN dan PPP.

Daniel pun menekankan bahwa koalisi Kebangkitan Indonesia Raya masih membuka kesempatan bagi parpol lain yang ingin bergabung.

Ia juga membantah terkait isu yang menyebut koalisi PKB dan Gerindra setengah hati. Menurutnya, kabar miring mengenai koalisi kedua partai hanya dihembuskan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Lihat Juga: Prabowo Subianto Siap Nyapres di 2024, Gerindra dan PKB Daftar ke KPU Hari Ini

“Enggak, dalam prosesnya nggak pernah ada persoalan, jadi mungkin itu disinformasi yang disebarkan pihak lain,” kata dia.

PKB dan Gerindra sendiri sudah resmi mendeklarasikan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Mereka mengumumkan pembentukan koalisi ini saat penutupan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Gerindra di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (13/8/2022).

PKB Sebut Ada yang Ingin Jegal Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya

Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Ahmad Syamsurijal mengklaim ada pihak yang ingin menjegal partainya berkoalisi dengan Gerindra. Menurutnya, tokoh tersebut berasal dari kalangan parpol dna non-parpol.

“Ini bisa dari parpol dan luar parpol. Kami tak menuduh seseorang,”  ucap Cucun di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Meskipun begitu, Cucun tak menyebut secara gamblang siapa pihak yang menjegal koalisi PKB dan Gerindra.

Menurut dia, hal semacam itu lumrah dalam dunia politik. Ia yakin Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar telah terbiasa menghadapi hal seperti itu.

“Kalau misalnya kami sudah lebih dahulu berkoalisi dengan Gerindra dan Pak Prabowo dan Pak Muhaimin akan menyatu, pasti ada pihak-pihak yang menginginkan ini tidak terjadi,” jelasnya.

Lihat Juga: Cak Imin Sebut Ada Pengganggu Koalisi, Ini Kata Gerindra

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga mengungkap banyak pihak yang berupaya menghambat koalisinya dengan Gerindra.

“PKB sebelum jalan ke sini banyak yang mengganggu dan mengharapkan kita tidak jadi berangkat ke sini (koalisi),” tutur Cak Imin saat deklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya di Sentul, Bogor, Sabtu (13/8/2022).

Namun, Cak Imin mengaku tetap optimis untuk menjalin koalisi dengan Gerindra. Ia mengklaim PKB dan Gerindra mempunyai tujuan yang sama yakni memajukan Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top