News

5 Aksi Kontroversi Arnold Putra, Desainer yang Namanya Terseret Kasus Perdagangan Organ

5 Aksi Kontroversi Arnold Putra

Nama Arnold Putra sedang menjadi topik hangat di tengah masyarakat setelah namanya terseret dalam perkara perdagangan organ manusia.

Dilansir dari Newsweek, polisi Federal Brazil melaporkan adanya paket tangan manusia dan tiga plasenta yang diduga dikirim dari Universitas Brazil untuk desainer di Singapura.

Paket tersebut diduga ditujukan untuk desainer sekaligus influencer asal Indonesia, Arnold Putra.

Terbongkarnya kasus ini berawal ketika polisi menggerebek laboratorium di Amazon State University, Selasa (22/2/2022). Dari hasil penggerebekan tersebut, polisi menemukan organ-organ manusia yang diawetkan oleh seorang profesor anatomi.

Lihat Juga: 4 Desainer Pria Terkenal di Dunia

Berdasarkan laporan Vice World News, polisi mengklaim, laboratorium tersebut telah ‘melakukan ekstraksi cairan tubuh’. Ini adalah bagian proses plastinasi yang merupakan metode mengganti cairan dan lemak tubuh dengan bahan lain, seperti silikon.

Metode ini dipercaya dapat mengawetkan bagian tubuh. Sosok Arnold Putra sendiri memang kerap menuai kontroversi. Bahkan, akun media social Twitter bernama @superiorgab pernah membuat thread khusus tentang perancang busana itu pada Maret 2020. Berikut lima aksi kontroversial yang pernah dilakukan Arnold Putra.

Memberi Barang Palsu

Desainer stu ini pernah memberi sebuah jam tangan palsu untuk kepala suku Yagua yang merupakan suku asli di Kolombia dan timur laut Peru.

Lihat Juga: Ini Ciri Barang Branded Asli yang Mesti Kamu Tahu

“Arnold Putra adalah lambang kejahatan, ia memberikan barang palsu dengan imbalan sisa manusia dan barang berharga dari budaya mereka,” tulis akun Twitter tersebut.

Lagi-lagi, Arnold memberikan barang palsu. Kali ini ia memberikan jam tangan yang diduga palsu ke beberapa perempuan di Himba, yaitu suku asli di Namibia.

Arnold Putra Melanggar HAM

Arnold diduga melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) dan hukum internasional. Pasalnya, dari foto yang ditampilkan, dia diketahui menggunakan tulang dari penderita osteoporosis untuk dijadikan bahan tas.

Bukannya merasa bersalah, sang perancang busana malah menjadikannya sebagai mode.

Lihat Juga: 10 Merek Tas Wanita Paling Populer

Duduk di Tumpukan Mumi

Arnold pernah memposting foto ketika dirinya berada di Pangala, Toraja Utara. Mirisnya, dia duduk di atas tumpukan mumi.

“Tidak menghormati mumi Indonesia selama ritual tahunan (mengintip jam tangan palsu),” kata @superiorgab.

Tak menghormati Agama Hindu

Aksi kontroversial Arnold Putra lainnya adalah saat ia mengunjungi negara India. Dia dinilai tak menghormati agama Hindu sebab berfoto sambil memegang buku setan.

Selain itu, dirinya juga disebut menyebut bagian tenggara India sebagai ‘kuil setan’.

Itulah kontroversi perancang busana Arnold Putra yang Namanya kini dikaitkan dengan kasus perdagangan organ manusia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top