News

5 Fakta Cokelat Kinder yang Ditarik dari Peredaran karena Diduga Terkontaminasi Salmonella

5 Fakta Cokelat Kinder yang Ditarik dari Peredaran karena Diduga Terkontaminasi Salmonella

Kudapan cokelat Kinder mendadak jadi perbincangan. Pasalnya, diduga produk tersebut mengandung bakteri Salmonella. Kinder sendiri adalah merek cokelat yang diproduksi oleh perusahaan asal Italia, Ferrero. Di Indonesia, produk ini dikenal dengan nama Kinder Joy.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI sendiri sudah menghentikan peredaran produk tersebut untuk sementara. Berikut lima fakta soal penarikan cokelat Kinder yang telah dirangkum oleh LoperOnline.com.

Berawal dari Inggris

Heboh bakteri Salmonella dalam produk ini bermula dari Inggris. Pekan lalu, Ferrero sudah menarik perederan produknya ini dari Inggris akibat heboh kabar Salmonella.

"Ferrero bekerja sama dengan Badan Standar Makanan (FSA) Inggris dan Otoritas Keamanan Pangan Irlandia terkait sejumlah kasus Salmonella yang dilaporkan," tulis pernyataan resmi perusahaan.

Penemuan Kasus Infeksi Salmonella Akibat Cokelat Kinder

Dalam peringatannya, Badan Standar Makanan Inggris (FSA) mengatakan bahwa telur cokelat Kinder Surprise ditemukan berkaitan dengan beberapa kasus infeksi Salmonella di negaranya.

Sekitar 60 orang di Inggris yang sebagian besar anak-anak terinfeksi bakter tersebut. Sebagian besar kasus berkaitan dengan konsumsi cokelat itu. Badan Kesehatan Uni Eropa juga menemukan lebih dari 100 kasus infeksi Salmonella yang terkait denga konsumsi produk tersebut.

Ditarik dari Beberapa Negara

Akibat temuan itu, beberapa negara pun menarik peredaran cokelat Kinder. Singapore Food Agency (SFA) menarik produk itu dari peredaran pada Rabu pekan lalu. Selain Singapura dan Inggris Amerikandan Kanada juga menariknya dari pasaran.

Lihat Juga: Telur Cokelat Kinder Surprise Terkontaminasi Salmonella, Waspadai Gejalanya!

Diproduksi di Belgia

Beberapa produk cokelat Kinder yang ditemukan mengandung Salmonella diproduksi di Belgia. Pada Jumat lalu, otoritas kesehatan Belgia meminta Ferrero untuk menghentikan produksi cokelatnya di pabrik yang berada di Belgia. Beberapa produk yang diproduksi di pabrik itu adalah Kinder Surprise, Kinder Surprise Maxi, Kinder Mini Eggs dan Kinder Schoko-Bons.

Produk di Indonesia Berbeda

Produk cokelat Kinder yang beredar di Indonesia berbeda dengan produk yang tersedia di pasar Inggris atau beberapa negara Eropa lainnya, yang seluruhnya diproduksi di pabrik Ferrero Belgia,

Dalam keterangan BPOM disebutkan bahwa produk Kinder yang ada di Indonesia dibuat oleh pabrik Ferrero yang terletak di India dengan nama Kinder Joy, Kinder Joy for Girls dan Kinder Joy for Boys.

Meskipun berbeda, BPOM tetap menghentikan sementara peredaran produk tersebut. hal ini dilakukan seiring dengan proses pengujian secara acak terhadap sample cokelat Kinder di seluruh daerah Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top