News

5 Hal Tentang Seragam Baru TNI AD Buatan Jenderal Andika Perkasa

Seragam Baru TNI AD

Seragam Baru TNI Angkatan Darat (TNI AD) sudah diperkenalkan ke publik dalam kegiatan Rapat Pimpinan TNI AD 2022 di Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD), Jakarta, pada Rabu (2/3/2022). KSAD Jenderal Dudung Abdurachman menuturkan, seragam baru TNI AD mempunyai corak khas.

Corak itu disebut sebagai “loreng TNI AD”. Selain Dudung, sejumlah perwira tinggi berpangkat letnan jenderal juga menggunakan seragam baru tersebut, seperti Koordinator Staf Ahli KSAD Letjen Afini Boer dan Wakil KSAD Letjen Agus Subiyanto.

5 Fakta Seragam Baru TNI AD

Diciptakan Jenderal Andika Perkasa

Dudung menyebut bahwa seragam baru tersebut adalah ide Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa ketika masih menjadi KSAD. Bukan saja seragam, brevet pada seragam tersebut juga merupakan gagasan Panglima TNI.

“Seragam baru sebetulnya diciptakan Pak Andika Perkasa waktu KSAD. Kemudian ada evaluasi dari para asisten, ada penambahan penambahan warna sedikit, brevetnya juga ini sudah dibuat oleh Pak Andika,” kata Dudung.

Buatan Lokal

Dudung mengatakan bahwa seragam baru TNI AD itu adalah buatan Indonesia.

“Ini loreng Angkatan Darat. Buatan Indonesia-lah, nggak mungkin (luar negeri)” ujarnya.

Seragam Loreng Pertama TNI AD

Seragam baru itu diketahui adalah seragam loreng pertama TNI AD. Sebab, seragam loreng yang sebelumnya dipakai TNI AD adalah seragam loreng khas Mabes TNI.

Lihat Juga: Profil Andika Perkasa yang Hari Ini Resmi Jadi Panglima TNI

Memiliki Corak Khas

Untuk membedakannya dari seragam sebelumnya, seragam baru ini memiliki loreng dengan perpaduan warna coklat, krem dan hijau. Sekilas, seragam ini tampak mirip dengan seragam Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Meski begitu, Dudung menuturkan bahwa corak loreng seragam ini akan jadi cirri khas TNI AD. Sebelumnya, seragam TNI AD mempunyai corak loreng hijau, coklat dan hitam sesuai warna geografis Indonesia.

Seragam Ke-5 TNI AD Sejak 1945

Seragam TNI AD mengalami beberapa kali berubahan sejak awal kemerdekaan 1945. TNI AD yang awalnya bernama Tentara Keamanan Rakyat (TKR) memiliki seragam  dengan corak campuran peninggalan Angkatan Bersenjata Hindia-Belanda (KNIL) dan Pembela Tanah Air (Peta) berwarna hijau lumut.

Lalu, saat Perang Dunia II, seragam TNI AD berganti corak menjadi loreng macan tutul. Satuan Angkatan Darat yang khas dengan corak ini yaitu Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang saat ini dikenal sebagai Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Bertepatan dengan Hari ABRI yang kini jadi TNI pada 1964, Kopassus mengenalkan seragam baru bercorak warna merah.

Itulah lima hal tentang seragam baru TNI AD, semoga bermanfaat.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top