News

5 Kontroversi Sanna Marin, PM Finlandia yang Kini Jadi Pusat Perhatian Publik

5 Kontroversi Sanna Marin

Perdana Menteri (PM) Finlandia Sanna Marin belakangan ini jadi pusat perhatian publik. Sosoknya menuai sorotan usai video pesta liarnya tersebar. Belum reda skandalnya itu, reputasinya kembali terguncang saat foto tidak senonoh dirinya yang dipotret di kamar mandi kediaman resmi PM tersebar.

Marin pun mengakui kesenangannya berpesta. Tetapi, dia merasa tidak ada yang salah dengan menghabiskan waktu liburnya bersama teman-temannya, seperti kebanyakan orang seumurannya. Meski demikian, kontroversi dirinya bukan saja soal pesta, tapi juga penampilan hingga tunjangannya yang terlalu tinggi.

5 Kontroversi PM Finlandia Sanna Marin

1. Pemotretan dengan Majalah Trendi

Pada Oktober 2020 lalu, Marin melakukan wawancara dengan majalah Trendi terkait karirnya. Dalam fotonya, dia tampil menggunakan blazer tanpa sehelai benang pun di baliknya. Kontroversi pun muncul saat sejumlah kritikus menudingnya berselera rendah dan mencoreng jabatannya.

2. Tunjangan Tempat Tinggal

Kediaman resmi PM Finlandia (Kesaranta) biasanya hanya digunakan sebagai representasi. Kebanyakan PM sebelumnya tidak menempati rumah tersebut. Tetapi Sanna Marin dan keluarganya tinggal di sana sejak awal dirinya menjabat.

Lihat Juga: Daftar Skandal PM Inggris Boris Johnson yang Didesak Mundur dari Jabatannya

Kontroversi mencuat ketika media Finlandia melaporkan pada 25 Mei 2021 bahwa Marin beserta keluarganya menghabiskan 300 euro per bulan untuk makan menggunakan dana publik. Dana publik tersebut adalah bagian dari tunjangan tempat tinggal bebas pajak untuk PM di Kesaranta.

Ternyata, jumlah yang dibelanjakan sebesar 850 euro (Rp12,5 juta), lebih banyak dari laporan sebelumnya. Marin beserta keluarganya menghabiskan sekitar 14.363,20 euro (Rp212 juta) untuk katering sarapan dan makan malam. Ini berlangsung mulai Januari 2020-Mei 2021.

Padahal, sebelumnya tunjangan tersebut digunakan hanya pada waktu-waktu tertentu. Seperti saat PM Finlandia dan tamunya bermalam di Kesaranta.

Akibat kontroversi itu, publik berspekulasi bahwa pernikahan Marin yang digelar di Kesaranta juga menggunakan uang rakyat. Namun, perempuan 36 tahun ini menegaskan bahwa seluruh biaya pernikahannya menggunakan dana pribadi.

3. Mangkir dari Karantina COVID-19

Awal Desember 2021 lalu, Sanna Marin pergi ke sebuah kelab malam di Helsinki. Padahal, di hari yang sama ia melakukan kontak dengan Menteri Luar Negeri Finlandia yang setelah di tes dinyatakan positif COVID-19.

Lihat Juga: Naftali Bennett, Perdana Menteri Baru Israel Pembenci Palestina

Malam harinya, dua pesan teks dikirim ke ponsel kantor yang berisi himbauan agar isolasi mandiri. Namun, Marin mengaku tidak membaca pesan tersebut karena tidak membawa ponselnya itu. Dia membela diri dengan berdalih telah melakukan vaksinasi lengkap.

4. Video Pestanya Bocor

Rekaman video Sanna Marin tengah berpesta tersebar ke publik pada Rabu (17/8/2022). Dia terlihat berjoget dan bernyanyi bersama lima orang lainnya di acara yang diduga digelar di sebuah rumah pribadi. Pada satu momen, ia tampak berlutut dengan tangan di belakang kepala sambil berjoget dan bernyanyi.

Menurut laporan media setempat, salah satu tamu di pesta tersebut terdengar berteriak ‘jauhojengi’. Istilah ini berarti ‘geng tepung’ dalam Bahasa Finlandia yang juga merupakan bahasa gaul yang berarti ‘kokain’. Marin pun akhirnya dituduh memakai narkoba.

Namun, dia membantah dengan menunjukkan tes negatif narkoba pada Senin (22/8/2022). Ia juga mengatakan apa yang dilakukannya itu tidak melanggar hukum.

5. Foto Tidak Pantas di Kesaranta

Belum reda skandal pestanya, foto lainnya kembali bocor. Foto tersebut memperlihatkan dua influencer perempuan terkenal sedang berciuman di kamar mandi Kesaranta. Mereka tampak bertelanjang dada dengan hanya menutupi bagian tersebut dengan sebuah kertas bertuliskan ‘Finlandia’. Kedua wanita itu merupakan bintang televisi Sabina Sarkka dan penyair Natalia Kallio.

Lihat Juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak Saat Berpidato, Pelaku Langsung Diringkus

Sanna Marin kemudian meminta maaf pada publik pada Selasa (23/8/2022). Dia mengakui foto tersebut tidak pantas dan menegaskan tidak ada kejadian luar biasa dalam pesta tersebut.

Meski terlibat dalam sejumlah skandal, tidak sedikit prestasi yang diraih oleh Marin. Namanya tercatat sebagai salah satu ‘100 Women’ BBC pada tahun 2020. Di tahun yang sama, Forbes memilihnya sebagai salah satu dari 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia. Dia menjadi Pemimpin Muda Global di Forum Ekonomi Dunia. Surat kabar asal Jerman ‘Bild’ juga Sanna Marin sebagai ‘politisi terkeren di dunia’.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top