News

7 Fraksi Tolak Hadiri Rapat Interpelasi Formula E, Ketua DPRD DKI: M Taufik Pelopor Parlemen Jalanan

7 Fraksi Tolak Hadiri Rapat Interpelasi Formula E, Ketua DPRD DKI: M Taufik Pelopor Parlemen Jalanan

Prasetio Edi Marsudi, Ketua DPRD DKI Jakarta menyindri Wakil Ketua DPRD Fraksi Gerindra, M Taufik. Parestio menyefut M Taufik adalah pelopor parlemen jalanan ke fraksi lainnya yang menolak untuk hadir di rapat paripurna interpelasi Formula E.

“Tetapi saya juga bingung sih kenapa mereka memberikan pelajaran. Sahabat saya M Taufik itu memberi masukan pada junior-juniornya menggunakan parlemen jalanan,” ucap Prasetio setelah paripurna interpelasi di DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat pada, Selasa (28/9/2021).

Politikus dari PDIP itu menyebut M Taufik beserta 7 fraksi menggelar pertemuan di luar kantor DPRD untuk menolak paripurna interpelasi Formula E. Hal itulah yang disebut Prasetio sebagai parlemen jalanan. Ia lalu membandingkan dengan rapat paripurna hari, Selasa (28/9/2021) yang terpaksa ditunda sebab tidak mencapai kuorum.

“Kita tunda, kita beri contoh pada rekan-rekan tujuh fraksi yang lain kita mencoba saling menghargai. Atau yang menerima tandatangan (dan) tak terima (ditunda). Tetapi tempat, medianya, yaitu DPRD bukan tempat medianya di restoran,” tuturnya.

Ia menganggap seharusnya perbedaan pendapat antarfraksi disampaikan ke forum resmi. Ia harap tujuh fraksi dapat hadir di rapat interpelasi Formula E sesuai waktu undangan berikutnya.

“Di sinilah tempatnya, mari kita berdiskusi, mari kita debat. Jangan kita main di luar, ada waktunya, ada jadwalnya, semua harus hadir, kan semuanya terjadwal,” paparnya.

“Semoga teman-teman yang masih belum sependapat dapat sependapat. Apa sih takutnya interpelasi? Kenapa sih? Hanya tanya kok, kan temuan BPK yang kita teruskan sebagai hak anggota Dewan,” imbuhnya.

Lihat Juga: 33 Anggota DPRD DKI Jakarta Teken Surat Interpelasi Anies Baswedan

Seperti diketahui, rapat interpelasi Formula E, yang seharusnya digelar hari ini, terpaksa ditunda. Penundaan tersebut dikarenakan rapat paripurna, Senin (29/9/2021) tak memenuhi syarat kuorum atau jumlah minimum yang harus dihadiri dalam rapat anggota Dewan.

Prasetio memutuskan menunda rapat usai mendengarkan pendapat Fraksi PDIP dan PSI selaku pengusul interpelasi Formula E.

“Sebelum kami memutuskan, kami sudahi (sebab) di dalam forum ini juga tak kuorum 50+1,” ujar Prasetio, Selasa (28/9/2021).

Rapat pun diakhirnya dengan tak adanya pengambilan keputusan. Ia menunda rapat tersebut hingga Badan Musyawarah menjadwalkan kembali rapat paripurna interpelasi Formula E. Sedikit informasi, saat ini anggota DPRD DKI Jakarta sebanyak 105 orang. Untuk memenuhi kuorum, sedikitnya rapat harus dihadiri oleh 50+1 atau 54 anggota.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top