News

Ada Benda Mencurigakan Di Depan GPIB Effatha, Tim Gegana Meluncur

Ada Benda Mencurigakan Di Depan GPIB Effatha, Tim Gegana Meluncur

Polisi memastikan informasi terkait adanya benda mencurigakan di depan GPIB Effatha di Jalan Melawai, Jakarta Selatan. Masih belum diketahui apa sebenarnya benda mencurigakan tersebut.

“Saya cek dahulu. Saya pun baru mendapat info,” tutur Kapolres Metro Jaksel Kombes Aziz Andriansyah ketika dimintai konfirmasi, Jumat (2/4/2021).

AKBP Suprianto, Kapolsek Kebayoran Baru, juga menyampaikan pihaknya tengah mengecek informasi tersebut.

“Kita sedang cek dulu,” ujarnya.

Menurut pantauan, sekitar pukul 19.40 WIB, benda tersebut terletak di halte yang berada di depan Gereja GPIB Effatha Jalan Melawai, Jakarta Selatan. Benda yang dicurigai tersebut terlihat seperti buku dan poster. Sejumlah aparat kepolisian juga berada di polisi, sementara warga dan awak media diminta menjauh.

Terlihat Kombes Aziz, Kapolres Metro Jakarta Selatan dan Kabag Ops Polres Jakarta Selatan AKBP Dedy Supriadi berada di lokasi. Selain itu, mobil inafis juga sudah berada di sekitar GPIB Effatha dan saat ini lau lintas menuju arah gereja dialihkan.

Polisi juga memasang garis pembatas di dekat lokasi benda mencurigakan tersebut, sebanyak dua garis pembatas telah dipasang. Garis pengaman berwarna merah dengan tulisan ‘Danger’ dipasang di area luar. Sedangkan garis polisi kuning dipasang di dekat halte tempat benda tersebut berada.

Melasir dari laman TribunJakarta.com, benda yang terlihat seperti buku itu bertuliskan Teror Intelijen Memberangus Gerakan Islam pada bagian covernya. Seorang petugas keamanan gereja, Yonson menuturkan, benda tersebut ditemukan sekitar pukul 18.30 WIB.

“Waktu melintas saya melihat majalahnya sudah ada di halte,” kata Yonson kepada wartawan di GPIB Effatha, Jumat (2/4/2021).

Setelah itu, pihak gereja langsung menghubungi kepolisan, warga maupun pejalan kaki juga tidak berani mendekat ke lokasi. Kemudian sekitar pukul 19.15 WIB, 3 mobil Satpol PP memasuki area GPIB Efftha dan disusul anggota kepolisian dari Polres Jakarta Selatan.

Lihat Juga: Terduga Teroris Di Condet Dan Bekasi Digerebek Densus 88

Kemudian, sekira pukul 20.40 WIB, polisi telah melepas garis pengaman. Dansat Brimob Polda Metro Jaya, Kombes Gatot Mangkurat, menyatakan tidak ditemukan rangkaian bom pada penda tersebut. Tim Gegana juga telah membawa benda yang dicurigai tersebut.

“Kami tadi melakukan observasi singkat, dilakukan observasi singkat secara elektrik, ternyata tak dijumpai rangkaian bom,” ucap Kombes Gatot, di depan GPIB Effatha, Jumat (2/4/2021).

Ia menuturkan benda itu telah dibawa tim Gegana untuk diperikasa lebih lanjut, ia  juga mengaku tetap khawatir benda itu adalah letter bom.

“Tetapi demikian seperti disampaikan tadi, kita masih curiga, dikhawatirkan nanti bentuk letter bom karenanya kita bakal membawanya ke markas Gegana,” terangnya.

Ia tak menjelaskan lebih lanjut berapa lama waktu untuk memeriksa benda itu, namun ia mengatakan tidak ditemui unsur logam di benda mencurigakan yang ditemukan di depan GPIB Effatha itu.

To Top