News

Ada Ledakan Di Depan Gereja Katedral Makassar, Di Duga Bom Bunuh Diri

Ada Ledakan Di Depan Gereja Katedral Makassar, Di Duga Bom Bunuh Diri

Pukul 19.28 Wita terjadi sebuah ledakan di depan Gereja Katedral Makassar, dan mengakibatkan beberapa korban. Menurut dugaan polisi, ledakan di depan gereja yang berada di Kota Makassar pada Minggu (28/3/2021) berasal dari bom bunuh diri.  

“Betul, sementara dugaan bom bunuh diri,” kata Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Merdisyam dilansir dari detikcom, Minggu (28/3/2021).

Merdisyam mengaku saat ini ia sudah berada di lokasi kejadian untuk melakukan oleh TKP.

“Sekarang ini yang kita tahu pelakunya satu orang dan beberapa jemaat, tiga atau empat sedang kita datakan kita bawa ke RS,” tambahnya.

Dari rekaman video di lokasi, terlihat detik-detik sebelum ledakan yang terjadi pukul 10.28 Wita, Minggu (28/3/2021). Tampak dua mobil terparkir di depan gereja yang berada di Jalan Kajaolido itu.

Terlihat sekitar empat orang berjalan di trotoar, lalu ada satu unit mobil berwarna putih melintas dan satu detik kemudian ledakan terjadi yang masih belum diketahui dari mana sumbernya. Setelah ledakan itu, asap putih langsung membumbung tinggi.

Di sekitar lokasi juga tampak ada kobaran api akibat ledakan, selain itu potongan tubuh manusia juga masih ada di sekitar lokasi kejadian. Saat ledakan tersebut, sejumlah jemaat sedang beribadah di Gereja Katedral Makassar. Sejumlah korban luka terlihat dievakuasi dan dilarikan ke rumah sakit.

Menurut seorang saksi bernama Nazaruddin mengatakan suara ledakan tersebut terdengar besar sekali.

“Kita sementara menyapu di dalam, langsung ada ledakan, kita langsung kaget, besar sekali suara ledakannya,” kata Nazaruddin melansir dari laman detikcom, Minggu (28/3/2021).

Lihat Juga: Terduga Teroris ‘Kitabah Gonggong Rebus’ Di Batam Merencanakan Serang Singapore

Walau belum diketahui sumber ledakan tersebut, namun Nazaruddin mengatakan beberapa orang di lokasi berteriak ledakan tersebut adalah ‘bom’.

“Lalu orang teriak ‘bom’, kemudian kita langsung keluar,” sambungnya.

Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Merdisyam menyebut, saat ledakan di depan Gereja Katedral Makassar terjadi, di dalam gereja sedang digelar misa.

“Sedang ada kegiatan misa,” terang Merdisyam.

Seperti diketahui, hari ini adalah Minggu Palma. Yaitu hari peringatan bagi umat Katolik yang menandai awal Pekan Suci menjelang kebangkitan Yesus Kristus.

To Top