News

Ada Tokoh Parpol ‘Tembak’ Gatot Nurmantyo untuk 2024, Siapa?

Ada Tokoh Parpol ‘Tembak’ Gatot Nurmantyo untuk 2024, Siapa?

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo ‘mendadak’ mengaku ‘ditempak’ tokoh partai politik (parpol) untuk maju di Pilpres 2024. Pertanyaannya, siapa tokoh parpol yang dimaksud?

Gatot tidak menjelaskan siapa tokoh parpol yang dimaksud. Bahkan, dia diminta untuk tidak membocorkan identitas tokoh tersebut ke publik. Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyebut pernyataan mantan Panglima TNI itu masih menjadi misteri.

“Ini yang menjadi misteri parpol apa yang nembak Gatot maju Pilpres 2024. Hampir semua parpol sudah teridentifikasi punya jagoan masing-masing. Bahkan parpol non-pemerintah seperti PKS diidentikkan dengan Anies, Demokrat usung AHY, termasuk PAN sempat mau usung Soetrisno Bachir atau diisukan dengan RK,” kata Adi, Jumat (11/6/2021).

Adi mengaku kesulitan menebak tokoh parpol yang ‘menembak’ Gatot untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. Terlebih, kata dia, elektabilitas Gatot di sejumlah survei hilang.

“Menebak parpol yang nembak Gatot itu gelap gulita. Sulit melacaknya secara logika. Apalagi (nama) Gatot mulai hilang dalam dalam bursa pencapresan 2024, di survei pun nyaris tak muncul,” tegasnya.

Hanya Tuhan dan Gatot Nurmantyo yang Tahu

Adi mengatakan saat ini ‘pamor’ Gatot Nurmantyo masih kalah dengan sejumlah tokoh lainnya, seperti Prabowo Subianto dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Oleh karenanya, pengamat politik itu menyebut ‘gelap gulita’ jika diminta untuk menebak tokoh parpol yang menembak Gatot.

“Hampir 3 tahun (pemerintahan) Jokowi (di perode kedua), Gatot nyaris hilang dari hingar binger pencapresan 2024. Dari kalangan (militer) kalah pamor dari Prabowo, AHY, Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto) dan KSAD (Jenderal Andika Perkasa). Dari kalangan tokoh yang identik dengan Islam pun masih didominasi Anies. Jadi, rumit dan gelap gulita menebak parpol yang jagokan Gatot,” ungkap Adi.

Adi bahkan menyebut hanya Gatot dan Tuhan yang mengetahui siapa sosok tokoh parpol itu. Sulit bagi pengamat politik itu menebak tokoh parpol ‘penembak’ Gatot lantaran sudah banyak yang menjagokan tokoh-tokoh lainnya.

“Hanya Gatot dan Tuhan yang tahu. Kalau menggunakan logika biasa sulit menebak parpol yang nembak Gatot. Karena, hampir semua slot penuh dengan tokoh lain,” imbuhnya.

Gatot Ngaku Ditembak Tokoh Parpol untuk 2024

Sebelumnya, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengaku dirinya sudah ‘ditembak’ oleh tokoh parpol untuk maju di Pilpres 2024. Namun, Gatot menegaskan dirinya saat ini enggan memikirkan Pilpres 2024.

“Ya, udah ditembak. Saya sampaikan, mari kita jangan berpikir ini dulu. (Siapa yang menembak) ya yang punya pistol-lah, hahaha,” ucap Gatot.

Gatot mengaku tidak menolak dan menerima ‘tembakan’ itu dalam konteks saat ini. Dia menegaskan tokoh parpol yang menembaknya tidak indin dipublikasikan ke khalayak umum.

“Minta supaya jangan diinformasikan kepada siapa pun juga. Jadi saya bilang, saya bukan mengatakan tidak, mari kita sama-sama lihat situasinya-lah. Belum tentu 2024, ini kan elektabilitas saya kan sebagai oposisi katanya kan,” terang dia.

Gatot kemudian menjelaskan dirinya sebenarnya tidak meletakkan diri sebagai oposisi mengingat pernah menjadi salah satu pejabat di pemerintahan Jokowi. Dia mengaku hanya menyampaikan fakta-fakta yang tidak terbantahkan menurut versinya.

“Pribadi saya, tidak mungkin saya sebagai mantan pejabat di pemerintahan ini, kemudian saya melakukan …….. oposisi. Saya tidak pernah mengatkan ‘Presiden turun’. Tapi saya memberikan fakta-fakta. Ya memang menyakitkan kadang-kadang, tetapi tidak terbantahkan gitu, dengan tim saya yang profesor-profesor itu,” papar dia.

To Top