News

Agum Gumelar soal Wiranto Ditusuk: Kuncinya di Intelijen

Agum Gumelar soal Wiranto Ditusuk: Kuncinya di Intelijen

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar menilai peristiwa yang menimpa Menkopolhukam Wiranto tidak dapat disimpulkan adanya kecolongan Badan Intelijen Negara (BIN) dalam menjaga keamanan pejabat tinggi. Namun, dia sebut peristiwa itu bisa menjadi catatan untuk memperkuat badan intelijen.

“Oh bukan begitu (kecolongan), tapi kita harus bekerja lebih keras, menghadapi ancaman seperti ini kuncinya intelijen, intelijen bisa menjadi dasar bagi kita untuk mencegah teror itu terjadi,” kata Agum di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019).

Agum merasa prihatin atas peristiwa yang menimpa Wiranto karena terjadi di luar dugaan dan termasuk bagian daripada terorisme. Dia yakin aksi keterangan tidak semata-mata dilakukan dua pelaku yakni SA alias Abu Rara dan isterinya, RA. Untuk itu dia minta Polisi usut tuntas jaringan terorisme pelaku.

“Ya pastinya begitu (perketat keamanan), yang kedua juga masalahnya kita menghadapi teror ya, teror itu berada di tempat yang gelap, kita berada di tempat yang terang, mereka tahu kita, kita tak tahu mereka, teror itu bisa terjadi kapan saja di mana saja dengan cara apa saja terhadap siapa saja,” papar Agum.

Kembali ditegaskan oleh Agum bahwa kuncinya terletak pada badan intelijen agar aksi teror serupa tidak kembali terulang. Para pelaku yang sudah terdeteksi harus segera ditindak tegas.

“Nah menghadapi ancaman seperti ini, kuncinya terletak pada sejauh mana kita mampu memberdayakan intelijen kita, jadi intelijen yang kita dapat itu sudah bisa dijadikan dasar untuk mengambil langkah tegas mencegah teror itu terjadi, saya rasa ini peringatan bagi kita semua,” tandas Agum.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top