News

Ahok Cabut Gugatan Banding Vonis 2 Tahun Penjara, Ini Komentar PN Jakut

Ahok Cabut Gugatan Banding Vonis 2 Tahun Penjara

Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok selaku Gubernur DKI Jakarta nonaktif, tiba-tiba mengurungkan niatnya untuk melakukan banding atas vonis 2 tahun kurungan penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Humas Pengadilan ‎Negeri Jakarta Utara, Hasoloan Sianturi mengatakan, pihaknya tidak mengetahui alasan Ahok mencabut gugatan yang telah diajukan. Pasalnya lewat kuasa hukum dan juga pihak keluarga tidak memberikan alasan pencabutan gugatan tersebut.

“Banding sudah dicabut. Pengadilan Jakarta Utara ‎tidak mengetahui alasan pencabutannya,” ujar Hasoloan saat dihubungi, Senin (22/5).

Walaupun demikian, Hasoloan mengaku masih ada satu banding lagi yang diterima Pengadilan Jakarta Utara. Banding tersebut diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum. Mareka mengajukan banding mempertanyakan mengapa vonis yang diterima Ahok lebih besar dibandingkan dengan tuntutan yang dilakukan jaksa.

“Jadi perkara banding berproses karena JPU juga mengajukan banding,” katanya.

Sebelumnya, kuasa hukum yang juga adik kandung Ahok, Fifi Letty Indra mengatakan pihak keluarga telah memutuskan mencabut banding terhadap vonis 2 tahun penjara kasus penodaan agama.

Namun demikian Fifi enggan memberikan alasannya mencabut banding tersebut. Pasalnya pihak kuasa hukum dan keluarga akan menggelar konfrensi pers Selasa (23/5).

Sekadar informasi Majelis Hakim Pengadilan Jakarta Utara menjatuhkan vonis ke Ahok dengan kurungan penjara 2 tahun. Mantan politikus Partai Gerindra itu terbukti telah melakukan penodaan agama dengan mengutip Surah Al Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu.

Vonis ini diketahui lebih besar dari tuntutan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum yakni dengan 1 tahun penjara dengan massa percobaan 2 tahun.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top