News

Miris..!! Ini Akibat Adanya Reklamasi Teluk Jakarta

Sejak proyek Reklamasi Teluk Jakarta dilaksanakan, keadaannya semakin saja mengkhawatirkan. Tentu saja akibat Reklamasi Teluk Jakarta tersebut ditandai dengan adanya kematian ikan yang terus menerus di Kawasan tersebut. ujar Ketua Bidang Hukum dan Pembelaan Nelayan DPP KNTI Marthin Hadiwinata.

Marthin menambahkan (5/4). Ikan dan sumber daya laut lainnya yang merupakan sumber mata pencarian bagi kehidupan masyarakat pesisir, seperti nelayan-nelayan di Muara Angke.

“Pemrov DKI Jakarta justru menjual kehidupan masyarakat pesisir kepada perusahaan-perusahaan pengembang melalui proyak reklamasi, Bukan justru memulihkan kondisi Teluk Jakarta.” cetus dia.

Ketua Kelompok Nelayan Rampus Jaya Muara Angke, Castam, berkata, bahwa mayoritas penduduk yang berada di Muara Angke sejak awal sudah menyatakan penolakan terhadap Raperda Reklamasi yang tengah dibahas DPRD DKI Jakarta. Karena, Raperda tersebut dibuat hanya untuk menguntungkan para perusahaan pengembang.

“Kami para nelayan-nelayan kecil justru dirugikan atas Reklamasi Teluk Jakarta,” cetusnya.

Selain itu juga berikut Akibat buruk dari dampak Reklamasi ;

  1. membuat air laut menjadi pasang. tentunya akan menambah banjir rob, berarti akan membunuh pepohonan yang tidak mampu beradaptasi dengan air asin.
  2. sumur-sumur penduduk di sekitar pantai yang tadinya payau akan menjadi asin. Ketiga, tumbuh dan berkembangnya bakteri e-coli. Yang bisa menyebabkan sakit perut, diare, desentri dll.
  3. Hal tersebut tentu saja akan membuat wilayah sekitar menjadi bau. Namun akan hilang dan muncul tergantung dari pasang surut air laut.
  4. habitat dan kualitas tanah berubah, sehingga jenis tanaman tertentu tidak dapat tumbuh, temasuk mangrove.

Masih ingin dilanjutkan proses Reklamasi?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top