News

Akibat Kerumunan, Marinir Hingga Paskhas Diterjunkan Jaga Tanah Abang

Akibat Kerumunan, Marinir Hingga Paskhas Diterjunkan Jaga Tanah Abang

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran serta Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman mendatangi Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kunjungan tersebut dilakukan setelah adanya kerumunan di Pasar Abang pada Sabtu kemarin dan hari ini (2/5/202).

Anies menuturkan, untuk mencegah kerumunan kembali terjadi, sebanyak 2.500 personel keamanan diterjunkan untuk menjaga tanah abang. Para personel keamanan tersebut berasal dari TNI, Polri, dan Satpol PP DKI Jakarta.

“Menerjunkan sekitar 2.500 anggota, terdiri dari unsur polisi, ada Brimob, serta Sabhara. TNI ada dari Kodam, AL Marinir, AU Paskhas, dan juga Satpol PP. Seluruhnya kira-kira 2.500 personel untuk menjaga ketertiban mematuhi protokol kesehatan”, kata Anies, Minggu (2/5/2021).

Lihat Juga: Anis Baswedan : Tingkat Kepatuhan Masyarakat Sepekan Terakhir Menurun

Anies menegaskan pengendalian tersebut meliputi wilayah kawasan Pasar Tanah Abang. Sementara itu, Paskhas dan Marinir disiagakan untuk menjaga ketertiban dan antrean masuk stasiun.

“Jadi sore hari ini pun pengendalian bakal dilakukan di sekitar pasar ataupun di daerah sekitar stasiun. Nanti bakal bertugas di sana Marinir dan Paskhas untuk mengendalikan supaya antrean masuk ke dalam stasiun dapat mengikuti prokes,” tutur Anies Baswedan.

Anies mengungkapkan, berdasarkan data sementara, hari ini ada sekitar 100 ribu orang mengunjungi Pasar Tanah Abang. Sedangkan pada Sabtu (1/5/2021) sekitar 80 ribu orang memadati pasar ini.

“Jadi berbeda dengan hari lainnya, hari Sabtu kemarin terjadi peningkatan pengunjung. Jika pada hari sebelumnya sekitar 35 ribu, kemarin naik sekitar 87 ribu. Dan hari ini data sementara sekitar 100 ribu orang,” terang Anies.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta ini membuat kebijakan dengan menerapkan dua sesi penutupan jam operasional Pasar Tanah Abang. Sesi pertama dilakukan pukul 16.00 WIB dan yang kedua 17.00 WIB.

“Jadi mulai sore hari ini pasar bakal ditutup dengan dibagi. Ada yang tutup jam 4, dan ada yang jam 5 supaya menghindari keluar bersamaan, lalu menuju ke titik yang hampir sama,” kata Anies saat Jumpa Pers di Pasar Tanah Abang, Minggu (2/5/2021).

Lihat Juga: Kala Anies Baswedan Diibaratkan Seperti Gerrard

Anies melanjutkan, dari sekitar 80 ribu pengunjung kemarin sekitar setengahnya menggunakan kereta api.

“Jadi sore hari ini pun pengendalian dilakukan di sekitar pasar dan juga stasiun. Nanti petugas bakal mengatur supaya antrean masuk stasiun mengikuti protokol kesehatan,” tutup Anies Baswedan.

To Top