News

Akibat Luapan Kali Bekasi 5.000 Rumah Terendam Banjir

Akibat luapan Kali Bekasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi, Jawa Barat, Mencatat 5.000 ribu rumah di lima kecamatan terendam banjir (21/4).

Ahmad Dimyati, selaku Ketua Koordinator Satuan Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi mengatakan, “Evakuasi warga dilakukan pada dua titik permukiman yang mengalami genangan tertinggi demi keselamatan.”

Perumahan di Kecamatan Jatiasih yang terletak di bantaran Kali Bekasi dipastikan terkena dampak banjir. Tidak hanya pada kecamatan Jatiasih,Banjir yang juga menggenangi daerah Kecamatan Bekasi Selatan, Bekasi Timur, Bekasi Utara, dan Juga Rawalumbu.

Banjir terparah pada perumahan Pondok GedePermai yang tergenang dengan ketinggian mulai dari tiga sampai empat meter. Banjir tersebut disebabkan akibat Tanggul pada Kali Bekasi jebol.

Setidaknya kurang lebih 800 kepala keluarga terkena dampak banjir dan telah dievakuasi ke lokasi yang aman.

Di Lokasi sekitar, sebanyak 500 kepala keluarga juga terkena dampak banjir, seperti Perumahan Dosen IKIP, Perumahan Bumi Nasio, Perumahan Villa Jatirasa.

Ahmad Dimyati menambahkan, “Sisanya menyebar di perumahan Kemang Ifi Graha, Perumahan Depnaker, Perumahan Pondok Mitra Lestari, Perumahan Kemang Pratama, dll.”

Luasnya cakupan terjadinya banjir tersebut bukan dikarenakan ketidaksiapan dalam melakukan langkah-langkah antisipasi , warga dan petugas yang diposisikan di hulu kali Bekasi tetap dilakukan.

Ahmad menegaskan, bahwa ia sudah mendapatkan info peningkatan debit air, tetap tidak bisa mengantisipasi dampaknya dikarenakan debit air meningkat terlalu tinggi. Peristiwa tersebut merupakan luapan Kali Bekasi yang terparah pada tahun 2016 ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top